10 Cara Mengasuh Anak Agar Tumbuh Menjadi Anak yang Baik dan Punya Etika

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku anak hingga dewasa. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memperlakukan si kecil dengan berbagai tata sopan santun sejak dini. meskipun demikian, pengasuhan yang Anda terapkan jangan sampai membuat anak merasa tidak nyaman dan cenderung terpaksa.

Pola asuh yang baik dapat membuat hubungan orang tua dengan si kecil semakin erat. Tidak hanya sekedar membuat perilaku anak berubah menjadi lebih sopan dan beretika. Anak juga akan menganggap orang tua sebagai tempat pertama, saat dirinya menghadapi masalah baik dari lingkungan maupun teman tanpa ragu.

Terkadang, pengasuhan yang salah dapat membuat anak cenderung menghindar, melawan dan tidak peduli dengan orang yang lebih tua. Anda dapat menuntun si anak dengan cara tidak memarahinya, lantaran usianya masih belajar memahami perilaku orang yang ada di sekitarnya.

Bagaimana Cara Mengasuh Anak Menjadi Baik?

Di dalam mendidik anak, Anda perlu mengetahui umur si kecil karena setiap pertumbuhannya memiliki perbedaan perlakuan. Selain itu, Anda perlu sabar ketika menghadapi buah hati di saat dirinya mulai bandel. Berikut beberapa tips cara mengasuh anak agar tumbuh menjadi baik dan memiliki kepribadian beretika:

1. Biarkan Anak Terjatuh Agar Tidak Takut Mencoba

boy 1889679 640

Anda perlu memberikan ruang kepada anak-anak untuk berkreativitas guna memahami lingkungan sekitarnya. Apabila Anda terlalu mengatur si anak untuk melakukan hal-hal tertentu. Hal tersebut dapat membuat daya pikir dan nalarnya menjadi terhambat.

Maka lebih baik Anda membiarkan anak menentukan pilihannya untuk mencoba hal baru. Meskipun demikian, Anda tetap harus memberikan pengawasan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada si kecil.

Mencoba hal baru dapat membuat Anak semakin memahami apa yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan. Selain itu, Anda dapat memberikan sedikit penjelasan dengan ulasan sederhana untuk anak.

 2. Mengajak Anak untuk Berbuat Baik Lebih Banyak

children 817365 1280

Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk selalu berbuat baik dan peduli dengan orang lain. Anda dapat mengajak si anak untuk meminta maaf jika bersalah, mengajarkan sholat sebagai tuntunan dan mengaji.

Kebiasaan positif yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat pribadi anak menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, anak juga dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan buruk.

3. Berikan Teladan Baik di Hadapan Anak

people 2585733 1280 1

Sebagai orang tua Anda perlu memberikan contoh baik kepada anak. Hal tersebut penting lantaran anak lebih dapat meyerap dan mempraktikan apa yang dirinya lihat daripada hanya sekedar ucapan.

Anak membutuhkan bukti nyata perbuatan baik dari orang-orang yang ada di sekitarnya, misal ada pengemis lewat di depan rumah, Anda dapat memberikan uang receh secukupnya. Hal tersebut dapat membuat si kecil memahami arti berbagi, meskipun terdapat banyak contoh lainnya.

Apabila Anda menginginkan si anak untuk tubuh menjadi pribadi yang baik dan beretika, maka sebaiknya Anda memberikan teladan yang biak, tidak sekedar menyuruh.

 4. Biasakan untuk Menyapa

couple 5730274 1280

Cara mengasuh anak agar tumbuh menjadi pribadi baik dan beretika yakni, biasakan anak untuk menyapa. Anda perlu membiasakan menyapa orang lain pada anak saat bertemu di jalan maupun di manapun berada.

Kebiasaan menyapa dapat menumbuhkan sikap hormat kepada orang lain. Tidak hanya itu, kultur demikian dapat membuat anak cenderung lebih ramah dan memiliki banyak rekan baik di lingkungan sekitar rumah, sekolah maupun saat bekerja.

5. Luangkan Waktu untuk Mengobrol Bersama Keluarga

family 1237701 640

Meskipun Anda terbilang sibuk lantaran harus bekerja maupun mengurus keperluan rumah tangga. Sebaiknya, Anda juga perlu memiliki waktu bersama keluarga baik di meja makan maupun bersantai di ruang keluarga.

Momen tersebut dapat meningkatkan hubungan keluarga semakin dekat. Tidak hanya itu, Anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak-anak, baik sikap maupun kebutuhan kasih sayang.  Saat-saat seperti itu bisa menjadi kesempatan Anda untuk memberikan petuah kepada anak-anak.

6. Jangan Terlalu Memanjakan Anak dengan Berbagai Fasilitas

people 2564425 640

Meskipun Anda berkeinginan anak tidak memiliki kekurangan apapun terkait fasilitas. Usahakan untuk tidak terlalu memanjakannya secara berlebihan. Hal tersebut dapat menumbuhkan rasa sombong terhadap orang lain dan terus berlanjut saat dirinya dewasa.

Anda dapat memberikan fasilitas sewajarnya. Fasilitas terlalu berlebihan dapat menumbuhkan si anak mudah mengeluh, manja dan malas.

7.  Ajarkan Cara Interaksi yang Santun dengan Orang Lain

meeting 1245776 1280

Salah satu cara mengasuh anak agar tumbuh menjadi orang yang baik ialah jangan lupa mengajarkan cara berinteraksi secara santun dengan orang lain. Anda dapat memberikan contoh teladan dengan menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda. Hal itu bisa Anda biasakan di lingkungan terdekat anak.

8. Biasakan untuk Berbagi

hands 5618238 640

Anda dapat memberikan pengajaran kepada anak untuk saling berbagi kepada orang lain. Tidak hanya berbagi makanan maupun uang, Anda dapat mengajarkannya untuk berbagi kebahagiaan kepada orang lain baik keluarga, saudara, tetangga, teman maupun orang lain. Hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran sosial anak saat umurnya sudah beranjak dewasa.

9. Rutinkan untuk Berdo’a Sebelum Melakukan Sesuatu dan Sesudahnya

girl 1894125 1280

Hal baik yang dapat Anda biasakan kepada anak yakni memulai maupun menyudahi segala tindakan dengan berdoa. Anda dapat mengajarkan  doa harian. Bacaan tersebut tidak hanya dihafal saja, namun juga mulai dipraktekkan setiap harinya. Anda juga perlu mengingatkan si kecil untuk berdoa.

 10. Ajak Berkunjung dengan Keluarga yang Lebih Tua

for reading 813666 1280

Anda dapat mulai mengenalkan anak kepada kerabat maupun orang yang lebih tua dengan berkunjung. Hal ini dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi tetap kuat. Tidak hanya itu, sang anak dapat mengenali keluarga besarnya.

Itulah 10 cara mengasuh anak agar tumbuh menjadi pribadi baik dan beretika. Anda perlu sabar dan konsisten untuk menerapkan kebiasaan di atas agar si kecil dapat merekam kebiasaan hingga dewasa kelak. Selamat mencoba Mom!

Loading…

0

Pendapat Anda?