10 Ide Hukuman Cerdas & Kreatif Untuk Mendisiplinkan Anak-Anak yang Bandel dan Nakal

Setiap orang pasti berharap mempunyai anak-anak yang selalu menuruti semua apa yang dikatakan orang tua. Tapi anak tetaplah anak, mereka kadang agak sedikit bandel. 1 min


-3
9.2k shares, -3 points

Menjadi orang tua adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, meski kadang harus sedikit emosi saat menertibkan anak-anak yang sedikit membandel. Setiap orang tua pasti ingin sekali anak-anaknya tertib, mengikuti setiap apa yang diinginkan, dan tidak berperilaku nakal.

Saat menertibkan anak yang membandel, terkadang orang tua sambil emosi, yang itu justru akan berdampak buruk bagi kesehatan mental anak kedepannya. Orang tua harus memastikan bahwa tindakan yang dilakukan untuk menghukum anak-anak yang bandel itu tidak terlalu keras, bahkan harus bersifat mendidik.

Hukuman tidak harus selalu keras, atau sesuatu yang membuat anak Anda merasa bersalah. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba beberapa ide hukuman menarik yang akan membantu anak Anda memahami pentingnya apa yang Anda coba ajarkan kepada mereka. Penasaran? Baca terus beberapa ide hukuman kreatif untuk si kecil Anda yang nakal.

  1. 1 Mengalihkan waktu bermain


    • Minta anak Anda untuk melakukan hal-hal kreatif selama waktu senggang mereka, tidak boleh bermain untuk beberapa saat akan menjadi hukuman yang efektif untuk mereka
    • Tetapkan hukuman seperti membuat karangan bunga yang cantik untuk pintu kamar mereka, membersihkan rak buku, menyapu kamar, atau menulis kata "Maaf bu, saya tidak akan nakal lagi" satu halaman penuh.
  2. 2 Membeli sesuatu di luar rumah


    • Jika anak Anda melakukan sebuah kesalahan di rumah, biarkan mereka pergi sebentar, kasih waktu istirahat untuk mendinginkan suasan.
    • Minta anak Anda untuk membelikan sesuatu di toko yang agak jauh dari rumah dengan berjalan kaki. Ini bisa menggantikan daripada Anda menyurahnya untuk lari di halaman.
    • Jika Anda punya hewan peliharaan, suruh anak untuk mengajaknya berlari di luar sebagai hukuman.
  3. 3 Tidur lebih awal


    • Terkadang Anda dapat menyesuaikan waktu tidur anak Anda dengan cara menilai perilaku anak-anak di hari itu. Entah itu tidur siang atau malam.
    • Jika anak Anda nakal dan Anda ingin menghukum mereka, majukan waktu tidur mereka setengah hingga satu jam atau sesuaikan dengan kondisi.
    • Saat mereka berperilaku baik, beri mereka lebih banyak waktu bermain. Tapi saat mereka nakal atau berbuat salah, kurangi waktu main mereka dengan menyuruh tidur lebih awal.
    • Sebagian orang tua ada yang menceritakan dongeng sebelum tidur, atau memberikan waktu untuk bermain gadget beberapa menit sebelum tidur. Saat mereka nakal, suruh langsung tidur, tidak ada dongeng ataupun gadget sebagai hukuman.
  4. 4 Menyajikan makan malam


    • Jika anak Anda tidak sampai di meja makan tepat waktu, meskipun berulang kali telah memanggil dan mengingatkan, jadikan mereka 'pelayan'.
    • Pastikan anak Anda sudah mencuci tangan sebelum menyajikan dan pastikan makanannya tidak terlalu panas, karena bisa jadi akan menyebabkan kecelakaan, seperti tumpah ke tangan atau lainnya.
  5. 5 Mengerjakan PR berulang-ulang


    • Jika nilai pelajaran anak-anak Anda di sekolah tidak terlalu baik, pastikan mereka mendapatkan pelatihan yang cukup di rumah, buka malah menghukum atau memarahi mereka.
    • Anda bisa menggandakan atau memfotokopi tugas beberapa lembar, buat mereka duduk di rumah dan kerjakan salinan tugas tadi berulang kali. Tapi Anda sebagai orang tua harus mendampingi, bukan malah ditinggal main Hp atau yang lainnya.
    • Dan Juga, pastikan anak-anak Anda mempunyai waktu ekstra untuk meningkatkan tulisan tangan mereka. Semakin baik tulisan anak, menandakan mereka semakin perhatian dengan pelajaran.
  6. 6 Memegang lidah


    • Jika anak Anda menggunakan kata yang kotor atau kasar, suruh dia memegang lidahnya. Memegang dalam arti yang sebenarnya.
    • Minta mereka untuk menjulurkan lidah dan memegang dengan jari-jari mereka selama beberapa menit sambil diberi nasehat.
  7. 7 Membersihkan / membereskan sesuatu


    • Setiap anak Anda meninggalkan ruangan dalam keadaan kacau atau lupa untuk merapikannya, suruh mereka bertanggung jawab untuk membersihkan ruangan tersebut.
    • Pilihan lainnya bisa menjemur baju, mencuci piring, mengatur meja makan, menyirami tanaman dan lainnya, sesuaikan pekerjaan tersebut dengan usia mereka.
  8. 8 Zona damai


    • Jika anak-anak Anda sering bertengkar dengan kakak atau adiknya, minta mereka untuk membuat zona damai di dalam rumah. Di zona tersebut tidak boleh ada pertengkaran.
    • Cari gambar-gambar hewan atau buah-buahan, atau benda lainnya. Suruh mereka untuk memotong dan menempelkan di dinding. Aturannya adalah bahwa mereka tidak boleh bertengkar di ruangan yang tertempel gambar-gambar tersebut.
  9. 9 Tetapkan batas waktu


    • Jika anak-anak Anda tidak mendengarkan, atau sering menunda-nunda waktu untuk menyelesaikan sesuatu yang Anda perintahkan, beri batas waktu.
    • Jangan memberi mereka batas waktu menggunakan jam, tapi aturlah timer dan beri tahu mereka bahwa jika timer itu sudah berdering, dan perintah Anda belum dilakukan, Anda akan menghapus beberapa keistimewaan yang sudah diberikan. Misal tidak boleh main gadget atau hal lainnya yang Anda anggap istimewa bagi anak-anak.
  10. 10 Pilih hukuman sendiri


    • Minta anak-anak Anda untuk menulis beberapa pilihan hukuman pada kertas kecil-kecil. Lalu linting dan masukkan ke dalam toples.
    • Setiap kali Anda perlu menghukum, minta mereka untuk mengambil gulungan kertas tersebut dan melakukan apa pun yang tertulis di dalamnya.

Perlu Anda ingat, gunakan ide hukuman-hukuman ini untuk mendisiplinkan anak-anak Anda dengan bijak. Bukan dengan cara mempermalukan mereka, tetapi bantu mereka agar tumbuh dengan baik.

Moms, beri tahu kami pendapat Anda tentang ide-ide ini dan jika Anda memiliki beberapa tips atau trik, bagikan juga di komentar ya....!


Like it? Share with your friends!

-3
9.2k shares, -3 points

What's Your Reaction?

hate hate
61
hate
confused confused
27
confused
fail fail
87
fail
fun fun
81
fun
geeky geeky
70
geeky
love love
62
love
lol lol
53
lol
omg omg
28
omg
win win
91
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission