11 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Anak yang nakal disebabkan karena orang tuanya tidak peduli, benarkah?. Itu tidak sepenuhnya benar. Ada orang tua yang perhatian tapi juga tetap saja anak jadi nakal. Ternyata ada beberapa kesalahan yang dilakukan dalam mengasuh anak. Terkadang sikap kita pada anak lebih keras daripada kata-kata. Sikap, pandangan, tujuan, dan perspektif seorang anak sangat bergantung pada apa yang dia pelajari dari orang tuanya. Pada artikel ini, kita akan melihat 11 kebiasaan buruk orang tua dalam mengasuh anak.

1.  Anak Mengganggu Terus Menerus

Photo by Alberto Casetta on Unsplash

Jika anak Anda sengaja mengganggu terus menerus, itu karena Anda jarang mengajaknya bermain. Dia sedang cari perhatian karena Anda lebih sibuk memperhatikan pekerjaan.

2. Anak Sering Bohong

Photo by Janko Ferlič on Unsplash

Jika anak sering berbohong, itu karena Anda selalu memarahinya waktu melakukan kesalahan. Daripada jujur kena marah, dia lebih baik bohong untuk menghindari kemarahan orang tua.

3. Anak Cengeng dan Penakut

Photo by Dawid Sobolewski on Unsplash

Jika anak cengeng dan penakut, itu karena Anda terlalu banyak menasehati tanpa memberikan dorongan dan semangat. Orang tua harus bisa membedakan antara kata “jangan takut” dengan “Ayo kamu pasti bisa”.

4. Anak Tidak Membela diri

Photo by Jelleke Vanooteghem on Unsplash
Photo by Jelleke Vanooteghem on Unsplash

Jika anak tidak membela diri, itu karena sejak dini Anda terlalu mengaturnya di depan umum. Orang tua seharusnya tidak melakukannya, bahkan di depan saudara kandung, teman atau sepupunya.

5. Anak Mengambil Barang yang Bukan Miliknya

Photo by Tina Floersch on Unsplash
Photo by Tina Floersch on Unsplash

Jika Anda membelikan banyak mainan untuk anak, tapi dia masih mengambil barang-barang yang bukan miliknya, itu karena Anda tidak membiarkan mereka memilih barang yang diinginkan.

6.  Anak Terlalu Penakut

Photo by Dmitry Ratushny on Unsplash
Photo by Dmitry Ratushny on Unsplash

Jika anak terlalu penakut, itu karena Anda terlalu sering membantu mereka. Jangan terlalu sering membantu menyingkirkan setiap rintangan yang mereka hadapi. Latih mereka untuk menghadapi rintangan yang ada.

7. Anak Sering Dengki dan Pendendam

Photo by ANDRIK LANGFIELD PETRIDES on Unsplash
Photo by ANDRIK LANGFIELD PETRIDES on Unsplash

Jika anak sering dengki dan pendendam, bisa jadi karena Anda terlalu sering membandingkanya dengan orang lain. Siapapun tidak mau dibanding-bandingkan dengan orang lain, misal kakak dibandingkan dengan adik atau sebaliknya, apalagi membandingkan dengan orang yang tidak ada hubungan darah sama sekali.

8. Anak Cepat Marah

Photo by Emma Simpson on Unsplash
Photo by Emma Simpson on Unsplash

Marah memang sifat yang wajar, tapi menjadi tidak wajar kalau sedikit-sedikit marah. Jika anak Anda cepat marah, bisa jadi itu karena Anda jarang memuji mereka. Mereka hanya mendapat hardikan saat nakal tapi tidak dipuji saa berbuat kebaikan. Seimbangkan antara memarahi dan memuji anak.

9. Anak Tidak Menghormati Orang Lain

Photo by Robert Collins on Unsplash
Photo by Robert Collins on Unsplash

Jika anak Anda tidak menghormati perasaan orang lain, bisa jadi karena Anda selalu memerintahkan kepadanya tanpa memberi alasan yang jelas. Jelaskan alasan Anda jika memerintahkan anak melakukan sesuatu. Orang tua yang otoriter akan membawa dampak yang negatif pada perasaan anak.

10. Anak Kurang Terbuka

Photo by Chinh Le Duc on Unsplash
Photo by Chinh Le Duc on Unsplash

Jika anak Anda kurang terbuka, bisa jadi karena Anda terlalu membesar-besarkan hal kecil. Masalah sepele yang dibesar-besarkan akan menyebabkan anak bersikap tertutup.

11. Anak Berperilaku Kasar

Photo by Patrick Fore on Unsplash

Jika anak berperilaku kasar, hal itu dipelajari dari orang tua atau orang lain yang tinggal bersama mereka, atau bisa juga dari hal-hal yang dilihat dari TV.

Bagaimana pendapatmu

29 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Comments

comments

17 Ide Kerajinan Tangan Membuat Hewan dari Daun

Melihat Karakter Seseorang Berdasarkan Warna Favoritnya