11 Makanan & Minuman Terbaik Untuk Dikonsumsi Saat Sakit

Ketika sedang gak enak badan dan kondisi tubuh kurang fit, Selera makan kita turun drastis, bahkan tidak nafsu makan sama sekali. Tingkat metabolisme turun, yang membuat badan terasa gak karuan. Padahal seharusnya ketika sakit, tubuh juga harus diberi asupan makanan bergizi untuk mempercepat kesembuhan.

Seseorang bisa sakit karena berbagai alasan dan itu bisa terjadi kapan saja. Tubuh dalam kondisi tidak fit jika suhu terlalu dingin atau jika bakteri dan virus menyerang tubuh, yang dapat menyebabkan pilek dan flu. Makan makanan tertentu dapat memicu hormon rasa nyaman dan menyembuhkan dari penyakit. Makanan-makanan ini juga akan memberikan energi pada tubuh. Makanan ini juga dapat membantu tubuh saat melawan penyakit yang menyerang.

Seperti dikutip dari Boldsky, inilah beberapa makanan yang dapat membantu memulihkan badan saat sakit dan dapat membantu mempercepat penyembuhan.

1. Sup ayam

Photo by Jason Goh on Pixabay

Sejak dulu sup ayam dipercaya sangat baik untuk penyembuhan sakit flu dan demam. Ini adalah sumber vitamin, mineral, protein, dan kalori yang sangat baik, yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar saat sedang sakit. Sup ayam juga kaya akan elektrolit dan cairan yang akan membantu melembabkan tubuh. Ayam mengandung cysteine, asam amino yang membantu mencairkan lendir di paru-paru sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sup ayam juga membantu melegakan saluran pernafasan, mencegah dehidrasi dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

2. Bawang putih

Photo by Maison Boutarin on Pixabay

Bawang putih telah digunakan sebagai ramuan obat selama berabad-abad. Bawang putih mengandung sifat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang dapat menyembuhkan penyakit. Dapat melawan bakteri, virus dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Tambahkan bawang putih ke dalam sup kaldu ayam untuk menambah khasiatnya.

3. Teh panas

Photo by Myriam on Pixabay

Teh panas bisa menyamankan tenggorokan yang sakit dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Teh panas juga bisa mengobati gejala pilek dan flu. Teh bertindak sebagai dekongestan alami yang membantu membersihkan lendir yang disebabkan oleh sinus. Teh juga mengandung polifenol, antioksidan yang dapat melawan penyakit. Jika punya, minumlah teh hitam, karena berkhasiat mengurangi pertumbuhan bakteri di tenggorokan.

4. Kaldu

Photo by Hans Braxmeier on Pixabay

Hampir serupa dengan sup ayam, hanya saja biasanya kaldu lebih terasa kental. Kaldu mengandung kalori, vitamin dan mineral. Seperti magnesium, folat, kalsium dan fosfor. Meminum kaldu tulang saat sakit bisa memulihkan badan lebih cepat.

5. Madu

Photo by Steve Buissinne on Pixabay

Madu mengandung senyawa antibakteri dan antimikroba. Ini membuat madu menjadi obat yang sangat baik untuk penyakit. Ketika mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, minumlah satu sendok makan madu setiap hari.

6. Makanan yang pedas

Photo by Sharon Ang on Pixabay

Makanan pedas semacam cabai memiliki capsaicin yang diketahui dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal di tubuh. Saat melahap makanan pedas, biasanya mata dan hidung akan berair. Itu karena efek decongestan yang meredakan pembengkakan maupun rasa sakit.

7. Pisang

Photo by Steve Buissinne on Pixabay

Pisang adalah makanan yang sangat bagus untuk dimakan ketika sedang sakit. Pisang merupakan sumber kalori dan nutrisi yang baik dan juga dapat membantu meredakan mual dan diare. Pisang kaya akan potassium yang bisa menstabilkan pencernaan setelah muntah atau diare. Buah ini mudah dicerna, membantu menurunkan temperatur tubuh dan menggantikan elektrolit yang hilang karena diare atau muntah-muntah.

8. Oatmeal

Photo by Български on Pixabay

Oatmeal mengandung kalori, vitamin, dan mineral. Oatmeal merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan pada sistem pencernaan dan meningkatkan kontrol gula darah. Secara keseluruhan, hal ini membantu menyembuhkan penyakit.

9. Yogurt

Photo by Aline Ponce on Pixabay

Yogurt adalah makanan terbaik untuk dimakan ketika sakit. Yogurt mengandug 150 kalori dan 8 gram protein. Yogurt sangat kaya kalsium dan menjadi makanan probiotik, itu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih jarang sakit dan menjadi mempercepat pemulihan badan yang kurang fit.

10. Buah-buahan

Photo by Silvia on Pixabay

Buah-buahan seperti stroberi, cranberry, blueberry, buah delima dan blackberry seharusnya dikonsumsi saat sakit. Karena buah-buahan ini mengandung senyawa bermanfaat yang disebut anthocyanin yang dapat meredakan sakit. Anthocyanin ini memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus dan kekebalan tubuh yang kuat.

Bonus

Susu Telur Madu Jahe atau sering disebut STMJ, disamping sangat baik untuk kesehatan, ini juga sangat bermanfaat untuk menambah keperkasaan lelaki.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu memulihkan tubuh saat sedang sakit. Kalau dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan share agar orang lain juga mendapatkan manfaatnya.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

15 Ide THR Anak Anti Mainstream Untuk Souvenir Lebaran

Tak Perlu Berteriak, Lakukan 7 Tips Ini Agar Anak Memperhatikan Perkataanmu