SukaSuka

13 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Menjadi Lebih Rapi dan Indah

Ruang tamu yang sempit biasanya tidak jauh-jauh dari istilah sumpek. Bagi Kamu yang peduli estetika rumah, hal semacam ini tentunya menjadi momok yang sangat ingin dihindari, bukan?

Terkadang ruang tamu yang ukurannya kecil menjadi kendala dalam menghadirkan desain ruangan yang diinginkan. Mau pakai ini, eh kurang luas. Mau pakai itu, eh malah awkward.

Nah, untuk mengatasi kegusaran tersebut, kami telah menyajikan beberapa tips menata ruang tamu sempit supaya menjadi rapi dan indah. Apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut.

Meja Kopi Ramping Minimalis

ruang tamu 1

Ruang tamu yang sempit membuat kita mau-tidak mau memilih perabotan yang ukurannya ‘sempit’ pula. Tapi untungnya, perabotan berdesain minimalis kini sudah bermunculan di mana-mana.

Ukuran ramping bergaya modis? Mudah dicari. Misalnya saja seperti meja kopi panjang yang ramping ini. Modelnya sederhana tapi wujudnya cantik dan manis. Ruang tamu yang sempit pun bukan masalah lagi, deh.

Kursi Box Serba Guna

ruang tamu 2

Kapasitas sofa dirasa masih kurang? Kursi box bisa jadi pilihan tepat untuk ditempatkan di ruang tamu yang berukuran kecil. Sama seperti namanya, bentuknya sungguh menyerupai box.  

Sebuah kursi box yang bagus bisa menahan beban hingga 100kg. Bagian atasnya bisa dibuka-tutup dan dalamnya dapat Kamu gunakan untuk menyimpan sejumlah barang. Praktis dan multifungsi, bukan?

Cermin Ruang Tamu

ruang tamu 3

Cermin adalah barang yang menarik ketika diletakkan di ruang tamu. Selain memberikan kesempatan para tamu untuk membenahi diri, cermin juga ternyata mampu menghasilkan ilusi optik yang mengesankan.

Ini terjadi karena sifat alami cermin yang memantulkan bayangan. Saat Kamu menatap cermin, ruangan seolah-olah tampak lebih luas karena adanya bayangan benda-benda yang terefleksi dari cermin tersebut. Untuk efek yang maksimal, pilih cerman yang lebar.

Interior Serba Putih

ruang tamu 4

Entah Kamu sudah tahu apa belum, tapi dinding warna putih memberikan nuansa kelegaan di dalam ruangan. Hal in tentunya bisa Kamu manfaatkan untuk membuat ruang tamu terasa lebih lapang.

Trik lain yang perlu Kamu ingat adalah menghindari penggunaan lis plafon. Pasti tau, kan? Penghubung antara plafon dan dinding yang biasanya terbuat dari gypsum itu.

Ruang tamu yang sempit akan terlihat makin sempit bila Kamu memasang lis plafon yang tebal, sehingga paling tidak, pilih lis plafon ukuran tipis dan dicat menyerupai warna dinding.

Monokrom Warna Kalem

ruang tamu 5

Interior & perabotan yang berwarna senada macam ini akan terasa saling nge-blend dengan mulus hingga konsep ‘sempit’ pun terkesampingkan dengan sendirinya dari ruangan.

Mulai dari couch, taplak meja, hingga gorden; setiap elemennya saling kooperatif. Kami sarankan untuk memilih warna-warna yang kalem supaya hasil yang diperoleh juga ‘kalem’.

Minimalis & Estetis

ruang tamu 6

Gaya kekinian yang lagi booming bisa jadi inspirasi bagus untuk ruang tamu milikmu itu. Desain minimalis sendiri mengutamakan fungsi-fungsi esensial serta bentuk-bentuk yang sederhana.

Hal tersebut tampaknya cukup selaras dan solutif untuk mengatasi problema ruangan sempit. Kamu bisa memulainya dengan memilih couch dan meja ter-comfy untuk dipakai.

Lalu hindari hiasan-hiasan yang berlebihan. Pilih gantungan dinding berdesain simple sebagai statement-nya. Tambahkan beberapa tanaman hias untuk menyegarkan mata dan udara.

Karpet Bundar

ruang tamu 7

Bila karpet segiempat menyuguhkan nuansa stabilitas dan fullness, karpet bundar memberikan nuansa lapang yang disebabkan oleh fakta bahwa ia memiliki pinggiran yang melengkung.

Ini tentunya tidak terlepas dari permainan alam bawah sadar di mana persegi dan bundar cukup berlawanan dalam hal efek psikologi. Bila Kamu tertarik, coba saja memakai karpet berbentuk lingkaran macam ini.

Meja Oktagonal Gaya Futuristik

ruang tamu 8

Ukurannya tidak seberapa, tapi modelnya…  patut diacungi jempol. Desain kreatif yang anti-mainstream ini memperlihatkan alas meja berbentuk segi delapan dengan kaki layaknya kerangka besi.

Jika dilihat lebih seksama, bentuknya sedikit menyerupai siluet berlian. Tampilannya makin kuat dengan warna keemasan yang dia punya. Sungguh menawan dan cantik.

Dinding Dua Warna

ruang tamu 9

Walau sempit, ruang tamu milikmu tidak boleh monoton. Untuk menciptakan pemandangan yang menyegarkan di ruang tamu, Kamu bisa mengaplikasikan teknik dinding dua warna berikut.

Entah wujudnya linear atau diagonal, pastikan Kamu memilih dua warna cocok untuk dipasangkan. Kamu bisa mengecat salah satu dinding, atau bahkan seluruh dinding ruang tamu sekaligus.

Meja Kopi Minimalis Bundar

ruang tamu 10

Meja manis ini memiliki tiga kaki kayu jenjang serta permukaan putih berbentuk lingkaran kecil. Meja tersebut akan sangat serasi saat dipasangkan dengan sofa berukuran sedang seperti gambar berikut. Letakkan dua meja sekaligus bila dirasa kurang cukup.

Sofa Bentuk L

ruang tamu 11

Sofa bentuk L punya kelebihan yang tidak bisa Kamu abaikan. Karena bentuknya yang menyiku, sofa ini secara otomatis mengisi area sudut yang biasanya diabaikan orang.

Hal tersebut menjadikan setiap lahan di ruang tamu yang sempit dapat berfungsi secara optimal. Kapasitasnya relatif besar dan penempatannya cukup fleksibel. 

Tema Hitam Putih

ruang tamu 12

Desain hitam & putih di dalam ruang tamu menawarkan bermacam manfaatnya. Kombinasi kedua warna ini mampu menyuguhkan nuansa modern dan elegan yang memikat.

Karena kedua warna konstras satu sama lain, desain ini memberimu kesempatan untuk menonjolkan elemen spesifik serta dekorasi-dekorasi spesial di dalam ruang tamu dengan mudah.

Ruang Tamu Go Green

ruang tamu 15

Setelah pilihan perabotanmu sudah terkunci, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mempertimbangkan elemen artistik.

Selera orang terhadap seni tentunya berbeda-beda. Namun ada satu hal yang sangat kami anjurkan kepada kalian. Apakah itu? Tanaman hias.

Tidak hanya menyegarkan mata yang memandang, tanaman hias juga mampu memberikan kesegaran alami pada udara di sekelilingnya. Ia akan membantumu menikmati waktu relaksasi yang go-green.

Baiklah, itu saja tips yang bisa kami berikan mengenai cara menata ruang tamu yang sempit. Semoga artikel kali bermanfaat & menghibur bagi pembaca sekalian.

Bila kalian ingin tahu lebih banyak seputar desain rumah dan sejenisnya, jangan sungkan untuk terus mengunjungi website Temonggo yang selalu menyajikan artikel terupdate hanya untuk kalian. See ya!

Loading…

0

Pendapat Anda?