CakepCakep SukaSuka CantikCantik

14 Inspirasi Penataan Ruang Cuci di Belakang Rumah Dekat Kamar Mandi, Ada Jemuran dan Tempat Setrikanya

Bagi keluarga modern, ruang cuci bukanlah sesuatu yang asing lagi. Seperti namanya, ruang cuci merupakan area khusus yang digunakan untuk mencuci pakaian. Ruang cuci bisa dibangun dengan berbagai desain dan ukuran. 

Untuk membantumu menemukan ide terbaik, di bawah ini sudah kami sediakan beberapa inspirasi penataan ruang cuci baju keren yang bisa Kamu tiru. Ingin tahu? Yuk langsung cek ulasan berikut.

Tempat Cuci plus Tempat Wudhu

penataan ruang cuci 1

Desain di atas memperlihatkan penataan simpel dari ruang cuci yang merangkap menjadi ruang wudhu, di mana mesin cucinya bersebelahan dengan area pancuran. Ini merupakan penataan yang efisien untuk umat muslim sekalian.

Mengadaptasi gaya skandinavia, ruang cuci ini menggunakan keramik lantai bermotif kayu untuk menghadirkan kesan natural. 

Ia diiringi oleh  dinding serba putih dan tanaman hijau di dalam keranjang bambu untuk tampila estetis yang menyegarkan.

Ruang Cuci di Loteng

penataan ruang cuci 2

Manfaatkan loteng rumah agar lebih multifungsi dengan menyulapnya menjadi ruang cuci baju. Bila space-nya terbilang lega, sandingkan tempat cuci dengan kamar mandi untuk kenyamanan yang lebih. Pasang rak dinding untuk menampung deterjen di samping mesin cuci.

Ruang cuci ini didesain khusus memiliki lantai cekung dengan lubang buangan di satu titik untuk mempermudah para ibu membuang air kotor dari mesin cuci. 

Area yang cekung ini juga bisa digunakan sebagai tempat menjemur pakaian sesaat setelah keluar dari mesin cuci. Dengan begini, Kamu tak perlu susah-payah kesana-kemari.

Ruang Cuci Adem di Samping Taman

penataan ruang cuci 3

Aktivitas mencuci terkadang bisa begitu membosankan. Nah, mungkin beda lagi ceritanya kalau ruang cucimu berdampingan langsung dengan taman.

Seperti halnya desain berikut, sang pemilik yang suka tanaman tidak segan-segan meletakkan mesin cucinya tepat di samping taman. 

Selain udaranya  segar, mood pun jadi membaik karena disuguhi pemandangan alami tanaman hijau kesayangan.

Penataan Cerdik Mesin Cuci Samping Dapur

penataan ruang cuci 4

Butuh ruang cuci tapi nggak punya banyak lahan? Tenang. Mari praktekkan penataan yang satu ini. Sang pemilik punya permasalahan yang sama denganmu, tapi dia sigap mengatasinya dengan memanfaatkan area kosong di depan kamar mandi sebagai tempat mesin cuci.

Areanya fit sekaligus efektif untuk membuang air kotor. Selain itu, pergerakan juga lebih efisien karena berdekatan dengan dapur.

Di Teras Belakang? Nggak Masalah!

penataan ruang cuci 5

Aktivitas di luar ruangan agaknya serasa lebih menyenangkan. Selain karena faktor udara luar yang segar, kita pun disuguhi pemandangan yang bukan itu-itu saja. Kita jadi terbebas deh dari perasaan sumpek akibat berlama-lama di dalam ruangan.

Bukan hanya rak jemuran saja, desain di atas juga menyediakan papan setrikaan supaya para ibu bisa langsung menyetrika baju kering setelah mengambilnya dari rak jemuran.

Ruang Cuci Bergaya Floral

penataan ruang cuci 6

Berikut adalah desain lain dari ruang cuci baju sekaligus taman. Bila yang tadi tanaman hiasnya berkumpul manis di satu tempat. Yang berikut menunjukkan sisi floral yang lebih liar dengan melakukan penataan secara sporadis.

Ada tanaman di mana-mana; di belakang mesin cuci, di samping mesin cuci, di depan mesin cuci, di samping jalan masuk, di dinding ruangan, bahkan di karpetnya juga! (walau cuma gambar) Mau coba?

Ruang Cuci Gaya Rustic yang Agak Creepy

penataan ruang cuci 7

Gimana nggak creepy? Udah dindingnya seakan nggak terurus, motif lantainya jadul, ruangannya juga bikin claustrophobic lagi. Eits, tapi tentu saja ini cuma kostumisasi keren buat Kamu yang cinta gaya-gaya vintage-rustic seperti ini.

Untuk urusan dinding, pilih saja wallpaper kertas motif rustic. Dan untuk lantainya, tinggal pilih keramik bermotif jadul sesuai selera. 

Kemudian tatalah mesin cuci, rak detergent, dan rak jemuran sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan yamg diinginkan.

Meriah & Colorful

penataan ruang cuci 8

Mari tunjukkan kreativitasmu melalui penataan ruang cuci meriah yang penuh warna. Sang pemilik mengusung tema ‘back to nature’ dengan memasang tanaman rambat sebagai dekorasi utamanya.

Ini dipadukan dengan hiasan gantung kayu estetis yang tidak kalah manis untuk visual ruangan. Mau lebih colorful? Pilih varian detergent yang berbeda-beda supaya tampilan ruangan makin berwarna..

Laundry Room Manis Keluarga Muslim

penataan ruang cuci 9

Ruang cuci yang manis ini menyuguhkan desain simpel meletakkan mesin cuci di depan kamar mandi. Makin spesial lagi, areanya dicat total memakai warna biru langit yang cerah.

Pada dinding yang polosnya, bisa Kamu tambahi dengan gantungan dinding atau tulisan berbunyi “Laundry Room” seperti gambar di atas. Hiasi juga pintu kamar mandi memakai wallpaper tempel sesuai selera.

Oh ya, bagi pembaca muslim, boleh nih menempel stiker bertuliskan doa masuk kamar mandi untuk dekorasinya; pun bisa jadi pengingat kalau lupa, ya kan?

Fit & Minimalis

penataan ruang cuci 10

Menggunakan sedikit lahan, ruang cuci berikut menyediakan tempat cuci sekaligus tempat air mengalir di sebelahmya. 

Dokerasinya dijaga agar tetap simpel  memakai sedikit gantunan dinding serta hiasan ivy yang segar lagi alami. Warna karpet yang senada dengan lantai sengaja dipilih untuk menghasilkan visual lembut.

Ruang Cuci Serba Jingga

penataan ruang cuci 11

Tidak suka yang biasa-biasa saja, ide berikut cocok buat Kamu yang haus akan ide anti mainstream. Ruang cuci yang cantik ini memperlihatkan visual unik dari elemen yang serba jingga. 

Tidak hanya lantainya, tapi kotak-kotak penyimpanan serta bingkai hiasan gantung pun serba jingga. Bahkan tanaman imitasi dan potnya sekalipun. Nah, menarik, kan? 

Ruang Cuci Imut Tema Hello Kitty

penataan ruang cuci 12

Ada yang suka Hello Kitty? Ini kesempatan bagus untuk memperkenalkan anak kepada aktivitas mencuci menggunakan karakter kucing yang imut ini sebagai pemantiknya. 

Layaknya ruang cuci pada gambar berikut, pilih keset dengan motif sejenis supaya makin klop. Pintu kamar mandinya juga sengaja dipilih warna pink serta ditempeli steaker Hello Kitty di bagian luarnya.

Ide Unik Taman Bambu Mini

penataan ruang cuci 13

Desain keren selanjutnya mempertontonkan lahan tanah kecil di sudut ruangan yang ditanami bambu-bambu kerdil. Ini merupakan ide baru & segar dalam mengeksekusi gaya floral alami di dalam ruang cuci. 

Bila Kamu perhatikan, ternyata di bawah rak jemuran terdapat lahan berbatu yang di tengahnya ada rerumputan hijau. Ini merupakan ide yang keren buat Kamu yang ingin menjemur pakaian di dalam rumah.

Dekorasi Pintu Kamar Mandi yang Estetis

penataan ruang cuci 14

Mesin cuci di depan kamar mandi berikut dilengkapi oleh rak gantung mini, papan hiasan imut, serta tanaman hias segar di sampingnya. Namun, yang membuat ruang cuci di atas menarik adalah hiasan pintu kamar mandi.

Bukan cuma gambar tanaman yang keren, tapi tulisan kaligrafi berbunyi “Bathroom” dkk. berhasil membangkitkan nuansa friendly dan personal di ruang cuci.

Oke deh, sampai di sini bahasan kita mengenai penataan ruang cuci kece versi kami. Mana favoritmu? Semoga artikel kali ini bisa memberikan cukup inspirasi bagi pembaca sekalian. 

Jika mau tahu lebih banyak tentang desain interior rumah, kunjungi terus website Temonggo yang dijamim selalu menyediakan ulasan bermanfaat sekaligus up-to-date hanya untuk kalian semua. Have a nice day and see ya!

Loading…

0

Pendapat Anda?