SukaSuka

15 Gambar Contoh Gantikan Pot Tanaman dengan Kreasi Bambu Berbentuk Unik

Absen dulu yuk yang punya hobi memelihara tanaman hias. Tahukah kamu, kalau penanaman tanaman hias di rumah gak selalu harus menggunakan wadah pot yang biasanya banyak dipakai lho, ada alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan dengan berbagai kelebihan.

Bambu, jenis tumbuhan satu ini punya bagian batang yang memang unik dan bisa dimanfaatkan buat banyak hal. Bagi para pengrajin kesenian, bambu bisa diolah atau dijadikan berbagai macam perabot rumah tangga yang nyatanya cukup awet dalam waktu lama juga, di antaranya kursi bambu yang biasanya disandingkan dengan rotan, lemari, partisi, bahkan sampai dipan kasur.

Pengolahan bambu untuk membuat beberapa barang di atas mungkin sedikit rumit, dan butuh dilakukan oleh mereka yang ahli atau udah terbiasa. Tapi, kalau kamu punya ketertarikan tersendiri sama bagian tanaman satu ini, ada hal lebih mudah yang bisa kamu buat sendiri guna mempercantik area taman dan ragam tanaman hias yang dimiliki. Ya, seperti yang udah disebutkan di awal tadi, yakni pengganti pot tanaman dengan bambu.

Keberadaannya pun bisa dengan mudah ditempatkan di mana saja, gak cuma area luar ruangan seperti taman, tapi juga di sudut-sudut tertentu dalam rumah. Daripada penasaran, langsung cek aja ya deretan inpirasi berikut.

1. Bambu gantung untuk tanaman mini

bambu gantung sukulen

Salah satu kreasi pot bambu yang bisa ditempatkan dalam rumah, karena tanaman hias yang ditanam merupakan jenis sukulen yang perawatannya mudah dan tak membutuhkan banyak air, bisa dijamin kalau perawatan saat pemberian air yang terbilang sedikit tidak akan mengotori area dalam rumah.

2. Pot bambu dinding

bambu spider plant

Mengikuti tampilan bambu yang punya bentuk memanjang ke atas atau vertikal, ide penempatannya bisa dilakukan dengan menempelkan pada area dinding rumah. Kesan alam akan semakin terasa, ditambah penanaman tanaman hias yang tepat seperti lili paris yang bisa membersihkan udara secara alami, kombinasi yang pas!

3. Air terjun mini

bingkai tanaman dinding

Belum punya lahan yang cukup untuk pemasangan air terjun buatan di area taman rumah? Yang satu ini bisa jadi solusi, aliran air dengan memanfaatkan bambu bertingkat juga tak kalah bagus, suara gemericik air yang kecil tapi menenangkan bisa jadi penghilang stress alami di rumah, jangan lupa sertakan beberapa tanaman kecil sebagai hiasan, ya.

4. Bingkai tanaman dinding

bingkai tanaman dinding

Ide lain selain menjadikan bambu sebagai media tanam pengganti pot, keberadaan pot yang sudah ada bisa dipercantik lagi dengan bingkai buatan yang menjadi latar dari rangkaian tanaman hias di rumah, bentuknya unik dan dijamin menarik perhatian.

5. Rangka hiasan dinding

dekorasi dinding bambu

Bukan cuma sekedar dijadikan bingkai hiasan seperti sebelumnya, kali ini rangkaian yang dibuat di dinding juga menjadi pot untuk menanam tanaman hias mini sekaligus. Dengan menyertakan tanaman hias dengan warna bunga yang cantik, hiasan pot dan tanaman ini cocok ditempatkan di area ruang tamu sekalipun.

6. Pot bambu meja

pot bambu berlevel

Dibuat dengan pola melingkar di sepanjang tumpuan bambu utama, alternatif pot bambu satu ini juga cocok digunakan untuk menanam tanaman sukulen yang ukurannya kecil. Dengan tampilan yang estetik, rangkaian tanaman hias ini cocok ditempatkan di meja ruang kerja, ruang keluarga, bahkan ruang tamu.

7. Partisi rak bambu

pot bambu dalam ruangan

Inspirasi lain bagi kamu yang ingin menyertakan pot tanaman bambu dalam rumah. Dengan bentuknya yang memanjang dan bisa ditata secara melebar, rangkaian media tanam bambu ini bisa jadi partisi antar ruang di rumah yang akan memberi kesan alami dan sejuk berkat tanaman hijau yang ada.

8. Rak pot dinding

pot bambu dekorasi dinding

Pembentukan untuk menempatkan tanaman hias yang kamu miliki sama seperti membuat rak tanaman bambu di inspirasi sebelumnya, tapi penempatan bambu panjang ini bisa diletakkan di area dinding rumah seperti teras. Dengan ragam tanaman hias dengan warna berbeda, tamu yang berkunjung ke rumah pasti akan dibuat kagum dengan tampilannya.

9. Pot bambu gantung

pot bambu dinding

Persis seperti pot tanaman yang biasanya digantung di sekitar area teras rumah, bedanya kali ini memiliki kesan lebih alami karena pot yang digunakan diganti dengan kreasi bambu.

10. Pot meja

pot bambu meja

Cocok untuk ditempatkan di meja santai yang berada di luar ruangan, pembuatannya memerlukan satu ruas bambu yang dibelah menjadi dua bagian, cekungan yang terdapat di sisi dalam bambu bisa diisi dengan tanah untuk menanam tanaman hias yang dimiliki. Agar bisa berdiri dengan tegak, jangan lupa untuk membuat dudukan atau penyangga di bagian bawahnya.

11. Wadah pot mini

pot bambu mini

Model kreasi bambu satu ini bisa dimanfaatkan kalau pot tanaman mini yang dimiliki terlalu sederhana, tinggal mempercantik dengan potongan bambu yang ada agar tampilannya lebih bagus. Model seperti ini bisa dibuat dalam jumlah banyak kemudian dirangkai di sisi rumah tertentu.

12. Pot tanaman rambat

pot bambu tanaman rambat

Tanaman rambat jadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari, karena bentuknya yang unik dan bisa menciptakan kesan sejuk tersendiri. Dengan penggunaan sisi bambu yang sederhana, keberadaan tanaman hias rambat akan semakin tepat dan pas di setiap sudut rumahmu.

13. Media tanaman hidroponik

rak bambu taman

Bagi kamu yang mungkin memiliki lahan tanaman hidroponik di rumah, media tanam berupa bambu juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti gambar di atas, pembuatannya bisa dilakukan dengan merangkai tingkatan dari setiap jenis tanaman tertentu, tidak hanya bermanfaat dari hasil kebun hidroponik, keberadaannya yang indah juga bisa menjadi nilai tambah sebagai dekorasi.

14. Kreasi taman

rak pot bambu

Bentuk kreasi bambu ini sama seperti kreasi bambu yang sebelumnya dijadikan partisi rumah, bedanya kali ini ditempatkan untuk area luar ruangan seperti taman. Dengan penanaman tanaman hias penuh warna, sudut taman dengan dekorasi kreasi ini bisa sekaligus jadi spot foto cantik yang kamu miliki sendiri di rumah.

15. Media tanam anti-mainstream

rangkaian pot bambu

Tentunya, dengan bentuk yang unik dan berbeda seperti pot atau media tanam pada umumnya, kamu tidak hanya memiliki tanaman hias yang cantik, namun juga tampilannya yang menarik karena pot yang estetik dan memiliki nuansa alam lewat penggunaan bambu ini.

Itu dia macam-macam kreasi pengganti pot yang bisa dibuat dengan memanfaatkan bagian batang bambu, inspirasi mana yang mau langsung kamu coba buat di rumah?

Loading…

0

Pendapat Anda?