15 Gambar Ide Penyimpanan untuk Menyusun Bumbu Dapur yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Dapur jadi salah satu bagian paling penting di rumah yang tak boleh luput perhatiannya dari dekorasi dan penataan tiap-tiap peralatan secara baik. Terutama bagi para wanita atau ibu rumah tangga, setiap komponen yang ada di dapur bahkan perlu mendapat bagian atau sudut penyimpanan sendiri demi memudahkan kegiatan utama berupa memasak yang biasanya terjadi di ruangan ini.

Bicara soal memasak yang sudah jadi kegiatan sehari-hari dan penting demi menjamin keberlangsungan penghuni rumah, kegiatan satu ini sudah pasti tidak luput dari salah satu komponen penting dan juga utama yang sama sekali tidak bisa dihilangkan, apalagi kalau bukan bumbu dapur.

Di sisi lain, Indonesia juga patut berbangga sebagai negara penghasil berbagai jenis rempah yang jadi komponen penting dalam pengolahan santapan bahkan di berbagai wilayah. Nyatanya, di setiap dapur pasti ada lebih dari minimal 5 jenis bumbu dan rempah yang tidak pernah absen kehadirannya, tentu banyak juga yang memiliki belasan bahkan sampai puluhan jenis bumbu dapur di rumah demi terbuat santapan rumah yang kaya akan cita rasa.

Yang jadi perhatian selanjutnya adalah bagaimana cara yang tepat untuk mengatur penyimpanan dari sekian banyak bumbu dan rempah di dapur agar tetap terlihat rapih, terutama bumbu dapur yang awal mulanya berada dalam bentuk kemasan. Ide dan penyimpanan yang tertata jelas dibutuhkan supaya keberadaannya lebih mudah saat ingin dijangkau ketika perlu digunakan.

Sebagai solusi, kali ini ada deretan ide yang mungkin bisa jadi jawaban bagi kamu yang memang sedang membutuhkan inspirasi untuk membuat penyimpanan bumbu dapur, yuk langsung cek!

1. Rak dinding dan toples estetik

dekorasi rak dinding

Bukan cuma sebatas penyimpanan di botol sederhana yang memenuhi dapur, toples mini dengan tampilan yang estetik bisa dipilih sebagai penyimpanan untuk berbagai macam jenis bumbu dapur dan rempah, sedangkan untuk penyusunannya bisa terapkan ambalan atau rak minimalis pada salah satu sudut dinding dapur.

2. Botol minimalis gantung

botol bumbu mini gantung

Penempatan bumbu dapur pada botol-botol kecil yang memang banyak digunakan juga tidak ada salahnya, ide penataannya bisa dilakukan persis seperti pada gambar di atas, dengan sususan yang miring sehingga tampilan dan keberadaannya bisa sekaligus menjadi penghias dapur yang unik.

3. Rak belakang pintu

rak balik pintu

Punya ruangan kecil khusus untuk menyimpan berbagai macam kebutuhan rumah? Bagian belakang pintu dari ruangan tersebut juga bisa dimanfaatkan secara maksimal lho untuk menjadi area penyimpanan tambahan bagi bumbu dapur, sisi baik lainnya penyimpanan satu ini bisa membuat beragam macam bumbu tersembunyi dengan baik agar dapur terlihat lebih rapih.

4. Belakang pintu lemari

balik lemari penyimpanan

Tidak punya ruangan khusus sebagai area penyimpanan tapi tetap ingin menempatkan rak bumbu di balik pintu? Jangan khawatir, ide ini bisa juga kamu terapkan di bagian belakang pintu lemari atau kabinet yang ada di dapur, tampilannya bahkan tak kalah rapih karena tersembunyi.

5. Laci bumbu

laci bumbu

Kalau model penyimpanan satu ini bisa diterapkan untuk kamu yang memiliki kitchen set atau mungkin baru ingin mau memasang kitchen set di rumah, tentunya fungsi setiap bagian laci atau lemari pada kitchen set bisa diminta sesuai keinginan pada pihak jasa yang membuat, bagian lacinya bukan cuma bisa dipakai untuk menyimpan perabotan rumah aja kok!

6. Rak dinding kayu

rak dinding

Kalau ambalan atau rak dinding sebelumnya punya tampilan yang minimalis atau sederhana, kamu pencinta dekorasi dengan nuansa kayu juga bisa loh menerapkan konsep ini sebagai tempat untuk menyimpan bumbu dapur, bahkan sampai bagian tutup botol dari bumbu-bumbu dapur juga bisa dipilih yang bermodelkan kayu supaya lebih totalitas.

7. Rak putar dalam lemari

rak lingkar putar

Penyimpanan susunan botol bumbu dalam lemari mungkin akan memberi sedikit kesulitan kalau ingin mengambil botol yang posisinya ada di bagian dalam, apalagi kalau sewaktu-waktu lupa menempatkan botol bumbu yang dimau ada di bagian dalam yang label namanya tak terlihat. Model rak putar satu ini bisa jadi solusi yang tepat, tanpa perlu memeriksa satu per satu, kamu hanya perlu memutar rak tersebut sampai menemukan bumbu dengan label nama yang dimau.

8. Rak serbaguna

kotak gantung

Bukan hanya untuk menyimpan bumbu, rak yang kamu buat di dinding bisa juga sekaligus menjadi bagian gantungan untuk beberapa peralatan memasak dapur, bahkan kalau di lihat dari gambar di atas bisa juga menjadi penyimpanan untuk botol bumbu dapur lainnya yang berukuran lebih besar.

9. Kotak penyimpanan

kotak penyimpanan

Kamu bisa juga menggunakan kotak panjang seperti gambar di atas untuk memisahkan beberapa jenis bumbu yang sejenis, selain terhindar dari penyusunannya yang terpisah, cara ini juga bisa membantu kamu lebih mudah dalam menjangkau jenis bumbu serupa yang ingin dipakai ketika memasak.

10. Rak meja universal

rak meja

Sekarang kita tinggallkan penyimpanan dalam lemari, ide kali ini khusus bagi kamu yang mungkin belum memiliki kitchen set di rumah dan masih sebatas menempatkan bumbu dapur di area terbuka seperti meja dapur, tidak ada salahnya kok selama penyusunannya dilakukan dengan rapih.

Kenapa disebut universal? Karena dengan rak meja seperti gambar di atas, bukan cuma satu ukuran penyimpanan bumbu saja yang bisa tertampung, tapi juga untuk menyimpan jenis bumbu lainnya dengan ukuran yang lebih beragam, bahkan bisa juga untuk menyimpan beberapa peralatan makan.

11. Susunan toples bumbu

rangkaian toples bumbu

Ingin menata tanpa rak atau wadah penyatu toples dan bumbu dapur? Tak ada salahnya, tampilan bumbu-bumbu dapur bisa kamu buat menarik sendiri dengan menyusun toples bumbu dapur seperti gambar di atas. Supaya lebih aman, penempatannya nanti bisa dilakukan di sudut meja yang berdekatan dengan dinding.

12. Rak unik minimalis

rak persegi

Model rak atau penyimpanan yang satu ini lebih praktis lagi, tanpa perlu ruang yang lebar untuk menyusun bumbu dapur, kamu cuma perlu menempatkan kotak rak dengan model di atas pada sedikit bagian di meja dapur, praktis dan tidak memakan banyak tempat.

13. Rak stainless sudut

rak sudut bumbu botol

Kalau yang satu ini sebenarnya lumayan umum dan banyak digunakan, tapi tidak ada salahnya juga dipilih, dengan penyimpanan yang lebih luas, kamu bisa menyimpan tidak hanya bumbu tapi juga komponen memasak lain yang ukurannya lebih besar seperti botol minyak, dan masih banyak lagi.

14. Kotak bumbu minimalis

rak mini praktis

Ide penyimpanan bumbu minimalis lainnya yang dijamin lebih praktis dan tidak akan membutuhkan ruang terlalu besar di dapur, bentuknya yang simetris dijamin bakal cocok ditempatkan di sudut dapur manapun. Selain itu kotak penyimpanan tiap-tiap bumbu yang ada juga sudah memiliki bagian khusus yang memudahkan ketika bumbu ingin digunakan.

15. Rak meja estetik

rak kayu estetik

Penyimpanan rak bumbu di bagian meja bukan berarti cuma tersedia dalam bentuk yang sederhana dan minim tampilan yang bagus ya, buktinya rak yang ada pada gambar di atas. Kamu tetap bisa kok mendapatkan rak mini di meja untuk menyusun bumbu dapur yang tetap punya nilai estetik sekaligus tidak membutuhkan terlalu banyak ruang di dapur.

Itu dia beberapa inspirasi dan ide penyimpanan bumbu dapur mulai dari rak dinding, rak meja, sampai penyimpanan di bagian tersembunyi, kira-kira ide mana nih yang bakal dipakai di dapur rumah kamu?

Loading…

0

Pendapat Anda?