SukaSuka JelekJelek

15 Gambar Inspirasi Sulap Balkon Jadi Pojok Santai

Balkon, bagian yang biasanya dimiliki oleh pemilik rumah dengan model bangunan tingkat, baik balkon yang terdapat di bagian sisi ruang keluarga, atau balkon yang sering juga ditemui pada kamar utama.

Area rumah satu ini biasanya dibuat dengan tujuan tertentu, di antaranya menyimpan beberapa barang, terkadang dimanfaatkan untuk berjemur bagi pemilik rumah di pagi hari sebagai area yang lebih leluasa terkena sinar matahari pagi.

Tapi, yang paling populer belakangan ini bersamaan dengan hobi mengoleksi tanaman bagi sebagian orang, balkon juga umumnya dijadikan sudut untuk menempatkan berbagai koleksi tanaman sehingga menjadi sudut yang asri dan paling favorit di rumah.

Di lain sisi, masih banyak pemilik rumah dengan area satu ini yang sampai sekarang belum bisa memanfaatkan bagian balkon secara maksimal, entah karena keterbatasan lahan balkon yang biasanya minim sehingga butuh konsep tertentu, atau belum ditemukannya ide dan perabotan yang tepat buat menyulap area rumah satu ini menjadi pojok favorit.

Jangan sampai balkon di rumah kamu punya tampilan yang terlalu sederhana, yuk intip inspirasi mendekor balkon yang bisa dicontek supaya balkon rumahmu gak kalah menawan. Oh iya, ide ini juga bermanfaat bagi penghuni apartemen yang biasanya sudah pasti punya area balkon walau minim.

1. Konsep dinding kayu

dinding kayu dan tanaman

Desain kayu yang identik dengan warna cokelat bisa memberikan kesan hangat pada balkon rumah walau sifatnya ada di setengah luar ruangan, supaya menambah kesan asri jangan lupa sertakan tanaman rambat dinding yang jenisnya tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

2. Hammock untuk bersantai

hammock balkon

Punya area balkon yang sedikit lebih lapang? Pemasangan hammock atau tempat tidur gantung bisa jadi pilihan, dengan tetap menyertakan beberapa tanaman penyejuk udara, terbayang kan bagaimana nikmatnya bersantai saat sore hari yang tenang di sudut balkon ini?

3. Sudut bercengkrama

kesan feminin

Konsep satu ini bisa dicoba bagi pemilik balkon berlahan minim terutama yang tinggal di apartemen, tumbuhan rambat bisa ditanam pada area pagar agar memberi kesan alami. Dengan set kursi dan meja untuk dua orang, sudut ini bisa jadi spot favorit bagi setiap pasangan buat menghabiskan waktu sambil berbincang soal aktivitas sepanjang hari, apalagi kalau sambil menikmati langit senja.

4. Ruang alternatif

meja makan

Bagi mereka yang tinggal di apartemen, ketersediaan ruang yang dimiliki biasanya memang terbatas, salah satunya ruang makan. Siapa sangka kalau balkon ternyata bisa dijadikan pilihan sebagai ruang makan alternatif, dengan pemilihan furniture yang disesuaikan dengan luas ruang, kamu bisa menikmati santapan setiap harinya sambil menikmati pemandangan dan udara segar dari balkon.

5. Balkon minimalis

minimalis nyaman

Balkon dengan besar ruang di atas adalah luas balkon yang paling umum dimiliki oleh pemilik rumah atau penghuni apartemen, memang minim tapi bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan. Dengan dekorasi yang sesuai, sudut balkon ini bisa menjadi sudut santai yang sangat nyaman.

6. Konsep monokrom

monokrom maskulin

Salah satu konsep desain ruangan yang digandrungi banyak orang ini nyatanya juga bisa diterapkan pada area balkon. Dengan berbagai dekorasi warna senada, kamu bisa memiliki balkon dengan kesan maskulin yang nyaman.

7. Konsep bersih dan terbuka

nuansa putih

Pencinta warna netral dan cerah layaknya putih, inspirasi satu ini wajib dipertimbangkan. Tidak terlalu banyak furniture atau dekorasi yang dipakai, tapi tampilannya membuat siapa pun yang melihat jadi tergoda buat bersantai ria, apalagi sambil ditemani sinar matahari yang cerah.

8. Sudut koleksi tanaman

rak pot dinding

Punya hobi memelihara tanaman? Ide satu ini tepat dijadikan inspirasi. Dibanding menempatkan tanaman pada area lantai, dengan membuat rak dinding seperti gambar di atas maka area balkon bisa menjadi lebih luas, pemeliharaan tanaman pun menjadi lebih rapih dan terorganisir dengan baik.

9. Estetik di malam hari

rangkai pencahayaan

Dengan dekorasi penerangan menggunakan lampu tumblr atau lilin aromaterapi yang sekaligus bisa menjadi penerang, desain satu ini bisa bikin balkonmu jadi sudut ternyaman buat menghabiskan waktu di pergantian langit sore ke malam hari. Beban lelah beraktivitas seharian bisa dilepas dengan bebas di sudut ini.

10. Balkon semi outdoor

semi outdoor

Balkon umumnya memang terdapat di setengah luar ruangan yang terbuka, yang jadi kendala adalah saat turun hujan atau cuaca yang mungkin terlalu panas. Tapi dengan konsep satu ini, balkon rumah kamu dijamin aman dari cuaca apapun, bisa menikmati pemandangan langit kapan pun tanpa perlu khawatir, konsep satu ini bisa juga diterapkan bersamaan dengan inspirasi sebelumnya ya.

11. Konsep feminin

sofa letter L

Desain balkon satu ini khusus bagi kamu pemilik rumah atau apartemen yang mungkin ingin mendesain dengan konsep feminin. Kesan mewah juga bisa sekaligus didapat dengan menyertakan sejumlah tanaman berbunga cerah dan sofa dengan bantal bermotif.

12. Sofa semi kasur

sofa semi kasur

Mau bersantai di balkon tapi areanya tidak memungkinkan buat memasang hammock seperti inspirasi sebelumnya? Referensi satu ini bisa jadi pilihan, dengan menyertakan sofa berbentuk semi kasur, kamu sudah bisa memiliki balkon yang nyaman untuk dipakai bersantai.

13. Balkon dengan meja serbaguna

sudut bercengkrama

Dengan pemilihan furniture yang tepat, balkon minimalis sekalipun bisa memuat lebih dari satu furniture untuk sekedar bersantai atau meja khusus untuk melakukan aktivitas lainnya. Bisa dipakai untuk makan bersama, bahkan aktivitas bekerja yang terkadang membutuhkan suasana baru nan segar.

14. Konsep earth-tone

Selain monokrom dan netral putih, konsep desain lain yang tak kalah populer yaitu earth tone juga bisa diterapkan untuk area balkon sekalipun. Didukung dengan dekorasi meja, kursi, dan hiasan berwarna kombinasi coklat dan krem, ditambah dengan cahaya dari lampion yang berguna di malam hari, balkon idaman yang estetik bisa kamu miliki.

15. Sejuk nan asri

tanaman asri

Bukan hanya sebagai penghias atau diletakkan sebagai koleksi, dengan jenis tanaman rambat yang bisa tumbuh dengan mudah di bagian dinding dan atap balkon, kamu bisa memiliki balkon yang dijamin sejuk dan pas untuk dijadikan sudut refreshing.

Itu dia deretan inpirasi balkon yang bisa dicontek untuk mendekor balkon di rumah atau bagi penghuni apartemen. Mulai dari pemilik balkon yang sekaligus pencinta tanaman, penyuka konsep earth-tone, sampai konsep monokrom. Mana inspirasi yang paling kamu suka?

Loading…

0

Pendapat Anda?