SukaSuka CakepCakep JelekJelek

15 Ide Kreasi Ajak Anak Menggambar dengan Sampah Rautan Pensil, Dijamin Seru

Bermain dan berkreasi bersama anak yang masih berusia dini memang selalu jadi hal yang menyenangkan, apalagi kalau dibarengi dengan rasa penasaran dan sifat selalu ingin mengeskplor banyak hal yang biasanya dimiliki setiap anak.

Saat ini, di waktu yang bertepatan dengan bulan Ramadan nyatanya bisa jadi tantangan tersendiri bagi para orang tua untuk tetap menjaga semangat anak dalam menjalani ibadah berpuasa khususnya bagi mereka yang masih belajar. Terutama di jam-jam kritis seperti sore hari, para orang tua harus punya berbagai macam cara untuk mengalihkan perhatiannya agar lupa akan rasa lelah dan lapar yang mereka alami.

Sebagai solusi, tentunya kegiatan bermain ringan dengan berkreasi bisa menjadi jawaban yang tepat, terutama apabila jenis kegiatan yang dilakukan bisa melatih kreativitas dan kecerdasan anak secara bersamaan.

Sebelumnya, sudah ada ide kreasi membuat gambaran atau melukis dengan hanya menggunakan anggota tubuh sang anak sendiri, yaitu bagian telapak tangan. Rekomendasi kegiatan kali ini tentu tidak kalah seru, yaitu dengan memanfaatkan sampah rautan pensil yang mungkin selama ini banyak dianggap tidak bermanfaat, tapi nyatanya bisa jadi bahan utama berkreasi dan menghasilkan karya yang luar biasa, lho.

Penasaran seperti apa bentuk kreasi yang bisa dihasilkan dari sampah rautan pensil? Yuk intip contoh deretan karyanya.

1. Gambar tupai

tupai

Dengan menggunakan sampah rautan pensil berwarna merah atau coklat, kamu dan sang anak bisa membuat gambaran tupai yang unik, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rangka gambaran dari hewan satu ini dan selanjutnya di isi secara teratur dengan pola tertentu menggunakan sisa rautan pensil.

2. Rambut yang indah

rambut

Ide lainnya adalah menggunakan sampah rautan pensil yang berwarna-warni sebagi pengisi untuk bagian rambut dari lukisan karakter orang yang sudah dibuat, siapa sangka kalau rangkaian sampah pensil warna-warni ternyata bisa membentuk perumpamaan rambut yang bagus.

3. Pohon lebat

pohon lebat

Bisa coba pakai sampah dari rautan pensil berwarna oranye, kuning, dan merah, buat batang pohon terlebih dahulu, lalu rangkai sampah dari rautan pensil sedemikian rupa sehingga membentuk pohon yang lebat.

4. Pohon di musim gugur

pohon gugur

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan untuk membuat pohon dengan bentuk lainnya, apabila hanya mempunyai sampah sisa rautan pensil dalam jumlah sedikit, maka ilustrasi pohon yang bisa dibuat pun misalnya pohon dengan daun yang berguguran.

5. Pohon cemara

pohon cemara

Ide pembuatan pohon lainnya, kali ini gunakan sampah rautan pensil berwarna hijau untuk melengkapi rangkaian pohon cemara di gambar yang sebelumnya sudah dibuat, karena bentuk rautan yang bergerigi di salah satu sisi ternyata bisa memberi kesan pohon cemara yang nyata ya.

6. Buah nanas

nanas

Tidak hanya pepohonan atau hewan, ilustrasi gambar buah-buahan juga bisa dibuat dengan ide kreasi satu ini. Misal ingin membuat buah nanas, kamu bisa menggunakan sampah rautan pensil berwarna hijau atau kuning.

7. Burung merak

merak

Hewan yang tentunya tak boleh ketinggalan kalau ingin berkreasi dan terkenal akan kecantikannya, Merak. Tentu penggunaan sampah rautan pensil yang dibutuhkan lebih bervariasi dan dalam jumlah yang banyak agar bentuk ekor melebar dari gambar burung merak yang dihasilkan bisa semakin bagus.

8. Landak

landak 1

Landak identik dengan kulitnya yang berupa duri-duri tajam, bentuk sampah rautan pensil yang agak bergerigi sudah pasti bisa menggambarkan kreasi kulit hewan satu ini secara nyata.

9. Kupu-kupu

kupu kupu

Tak boleh terlewat, hewan cantik satu ini nyatanya juga bisa lho dijadikan objek yang ingin dipilih untuk berkreasi dengan sampah sisa rautan pensil, tinggal atur komposisi warna yang ingin ditetapkan pada bagian sayapnya yang membentang dengan cantik.

10. Ikan

ikan

Hewan laut juga bisa jadi inspirasi, sisik pada bagian tubuh ikan tentunya bisa terwakilkan dengan baik menggunakan rangkaian sampah rautan pensil sesuai kreasi anak, hasil akhirnya gak kalah lucu kan?

11. Gaun cantik

gaun wanita

Kalau yang satu ini pasti disukai para anak perempuan, sampah rautan pensil yang pada umumnya memang punya bentuk melebar bisa semakin mempercantik ilustrasi gambaran gaun yang dibuat oleh si kecil.

12. Burung hantu

burung hantu 1

Burung yang punya bentuk atau cara menggambar agak rumit seperti satu ini juga bisa dibuat, dengan tingkat kesabaran dan kreativitas yang tinggi dari bimbingan orang dewasa, anak di rumah pasti akan senang kalau berhasil membuat gambar sebagus ini dengan hanya memanfaatkan sampah rautan pensil.

13. Bunga dan vas

bunga dan vas

Ide kreasi lain yang pasti digemari anak perempuan, gambaran vas yang menampung beberapa tangkai dan rangkaian bunga yang cantik dengan sampah rautan pensil berwarna serupa, dijamin menghibur.

14. Bunga tangkai

bunga dan tangkai

Pilihan bentuk lain bagi yang barangkali ingin membuat kreasi bunga dengan sampah rautan pensil. Yaitu tanpa vas, dengan hanya menggunakan gambaran batang dan daun, kemudian bagian inti bunga dibentuk dengan rautan pensil berwarna sesuai pilihan.

15. Angsa

angsa

Hewan yang dikenal dengan kesan cantik dan elegan ini nyatanya juga bisa menjadi objek untuk membuat kreasi menggunakan sampah rautan pensil berwarna, untuk bagian sayap angsa yang melebar, hasilnya pasti membuat anak puas akan karyanya.

Itu dia beberapa deretan ide kreasi gambar yang bisa dibuat bersama anak dengan memanfaatkan sampah sisa rautan pensil yang tidak terpakai, nyatanya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat kan? Ada di antara ide ini yang pernah kamu coba di rumah?

Loading…

0

Pendapat Anda?