Menu

15 Ide Kreasi Buat Kerajinan dan Mainan untuk Anak dengan Manfaatkan Tutup Botol Bekas

Dalam keseharian kita beraktivitas, gak bisa dipungkiri kalau kebutuhan akan cairan berupa minuman akan selalu ada. Apalagi dengana adanya gaya hidup sehat yang mengharuskan kita memenuhi kebutuhan air mineral minimal sebanyak dua liter per harinya.

Karena sebagian besar orang yang tidak selalu berada di rumah dan beberapa harus beraktivitas di luar, tentu kebutuhan air mineral juga meningkat, langkah baik bagi mereka yang punya kesadaran diri membawa botol minuman sendiri, tapi konsumsi minuman kemasan juga tidak bisa dihindari.

Dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, gak kebayang kan sebanyak apa sampah botol kemasan yang dihasilkan dan bisa kita temui dengan mudah di lingkungan sekitar setiap harinya? Karena itu, demi ikut menjaga lingkungan, kita bisa memulai kesadaran diri buat mengurangi sampah botol kemasan yang ada dengan memanfaatkannya menjadi barang yang berguna.

Pemanfaatan botol bekas bisa kita lakukan dengan membuat kreasi beragam benda seperti mainan yang bisa dibuat bersama anak di rumah, selain membuat mainan hemat dan ramah lingkungan, kita juga bisa sekaligus mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan sedari dini, salah satu bagian botol kemasan yang bisa dimanfaatkan salah satunya adalah bagian tutup botol yang ternyata bisa dikreasikan menjadi berbagai macam barang yang lebih bermanfaat.

Mainan atau karya apa saja yang bisa dibuat dari kreasi tutup botol kemasan? Langsung aja simak deretan inspirasi berikut ya.

1. Keranjang pot tanaman

Sebelum mengajak anak buat berkreasi lebih jauh, ide daur ulang tutup botol minuman bisa dibuat oleh kamu yang memiliki hobi memelihara tanaman, tutup botol bekas sebanyak mungkin nyatanya justru bisa digunakan sebagai wadah tanaman yang bermanfaat bagi lingkungan.

2. Alat musik kecrek

Banyak dijumpai sebagai mainan untuk bersenang-senang bagi anak usia dini, dari pada membeli, alat satu ini bisa kita buat sendiri dengan mudah menggunakan peralatan bekas yang didaur ulang, tutup minuman kemasan yang biasanya berupa botol kaca bisa dimanfaatkan sebagai bagian yang menghasilkan suara kecrekan.

3. Hiasan lingkungan rumah

Punya beberapa pohon atau tumbuhan di selasar rumah yang kondisinya kurang baik atau bisa dibilang tidak terlalu hijau? Kreasi satu ini bisa coba kamu manfaatkan, ajak anak untuk membuat hiasan gantungan yang bisa diletakkan pada bagian tertentu dari pohon supaya tampilannya tidak mati dan tetap berkesan.

4. Robot tutup botol

Jadi jenis mainan yang biasanya digemari anak lelaki, kreasi tutup botol satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Gunakan tutup botol berwarna sama lalu rangkai sampai membentuk masing-masing bagian sehingga menyerupai robot buatan rumah, tidak perlu beli robot mainan yang harganya mahal deh, anak pun pasti akan merasa puas karena bisa membuat robot mainan sendiri.

5. Jam dinding

Material tutup botol yang digunakan sama dengan yang sebelumnya digunakan untuk membuat alat musik kecrekan, siapa sangka kalau ternyata bisa sangat bermanfaat untuk membuat salah satu benda penting yang umumnya selalu ada di setiap rumah, karena memanfaatkan barang bekas yang punya tampilan tua, kesan rustic bisa didapat lho dari hasil karya kreasi jam dinding satu ini.

6. Mainan semut

Mengajak anak membuat kreasi mainan sekaligus mengenalkan dengan berbagai macam jenis hewan, salah satunya semut. Siapa sangka kalau hewan kecil yang umumnya sulit dikenali detailnya untuk membuat kreasi bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan tutup botol minuman, bentuknya unik ya?

7. Tempelan emoji

Bukan hanya mainan, kamu juga bisa mengajak anak untuk membuat kreasi tutup botol menjadi emoji yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai hiasan atau tempelan dinding, hanya perlu memberikan bagian-bagian pelengkap wajah seperti mata dan mulut, jadi deh wajah dari tutup botol yang ekspresif.

8. Mainan kuda

Selain robot, kumpulan tutup botol yang ada di rumah juga bisa dirangkai menjadi objek mainan lain, salah satunya bentuk mainan hewan seperti kuda seperti gambar di atas.

9. Bunga

Kreasi kali ini cocok dan sudah pasti digemari para anak perempuan, tutup botol minuman berbagai warna bisa dibuat kerajinan berupa rangkaian bunga yang berwarna-warni.

10. Variasi hiasan dinding

Persis seperti ide kreasi hiasan dinding sebelumnya, hanya kali ini dibuat lebih bervariasi dengan penggunaan warna dan pelengkap lain supaya hasil kreasi lebih berwarna dan terlihat lebih bagus.

11. Hiasan gantungan

Bukan hanya untuk tempelan dinding, kamu juga bisa memanfaatkan tutup botol untuk membuat hiasan gantungan yang bisa ditempatkan di sudut-sudut tertentu, misalnya gantungan di dekat pintu atau bagian depan rumah, jadi dekorasi yang ramah lingkungan.

12. Topi hiasan

Pilihan kreasi lainnya untuk membuat mainan anak perempuan, bukan cuma sekedar kerajinan bunga, kamu bisa menambahkan aksesoris tambahan untuk anak perempuan di rumah yang mungkin suka bermain boneka dan barbie, tanpa perlu membeli aksesoris pelengkap yang biasanya punya harga lumayan, dengan tutup botol bekas bisa dibuat sendiri sesuai keinginan.

13. Permainan tic-tac-toe

Permainan yang populer di Indonesia dengan sebutan x-o-x, tutup botol diberi label x atau o sesuai kebutuhan, jadi deh permainan seru yang bisa dimainkan bersama anggota keluarga lain di rumah.

14. Mainan karakter

Bukan cuma robot atau mainan berbentuk hewan, karakter lain juga bisa dirangkai untuk membentuk karakter tertentu, seperti perumpamaan orang-orangan layaknya gambar di atas, bahkan kalau mau ditambahkan sedikit pengait, kreasi ini bisa dijadikan sebagai gantungan kunci atau gantungan barang penting lainnya, lho.

15. Kreasi balon udara

Selain membentuk kreasi berupa mainan tiga dimensi atau yang bisa dimanfaatkan sebagai barang serba guna, tutup botol bisa juga dirangkai untuk memberi warna pada gambar yang sudah dibuat di kertas atau buku gambar sebelumnya, beragam warna tutup botol yang digunakan bisa memberi kesan balon warna yang penuh warna.

Itu dia deretan kreasi dan barang serbaguna yang bisa dibuat dengan memanfaatkan tutup botol kemasan bekas. Tunggu apa lagi? Yuk minimalkan sampah lingkungan dan ajak anak di rumah berkreasi menggunakan tutup botol bekas, tinggal intip referensi di atas, selamat mencoba!

Leave a Reply

Exit mobile version