15 Ide Kreasi Daur Ulang Jeans yang Tidak Terpakai, Bisa Multifungsi

Siapa sih yang gak tau jeans? bahan pakaian satu ini bisa dibilang paling populer dan selalu memiliki penggemarnya sendiri dari dulu sampai sekarang. Walau jeans banyak dibuat atau digunakan dalam bentuk celana, tapi banyak juga jenis pakaian lain yang berbahan jeans, di antaranya jaket, kemeja, topi, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, pembuatan celana jeans sendiri awalnya dimulai oleh seorang pria asal Jerman bernama Levi Strauss, yang menjual berbagai jenis bahan pakaian di tahun 1847. Siapa sangka, kalau ternyata jeans awalnya jadi bahan yang tidak laku di antara bahan lainnya.

Dengan terus melakukan improvisasi akan bahan pakaian yang ia buat, Levi mengkombinasikan bahan lain yang dipesan dari Italia. Akhirnya, muncullah jeans yang ternyata disukai kalangan penambang karena bahannya punya ketahanan yang baik, juga tidak mudah rusak atau sobek.

Hal tersebut lah yang bisa dibilang jadi salah satu alasan semua kalangan dari berbagai usia, bahkan sampai saat ini menyukai pakaian dengan material jeans, karena celana ini punya bahan yang tidak mudah rusak dan bisa tahan lama.

Bahkan, saat jeans yang kita miliki tidak bisa dipakai lagi karena ukurannya yang sudah tidak sesuai dengan perubahan postur tubuh pemiliknya, bahan jeans tetap masih bisa dikatakan bagus dan terlalu sayang untuk dibuang begitu saja.

Karena itu, seringkali muncul ide dan kreasi berbagai barang yang memanfaatkan jeans bekas dalam pembuatannya, salah satu yang paling populer ialah pembuatan tas. Nyatanya, pemanfaatan bahan jeans bekas buat menjadi barang multifungsi lain bisa lebih bervariasi. Penasaran apa saja? Yuk langsung intip idenya.

Sofa berbahan jeans

sofa jeans

Sofa ruang tamu atau ruang keluarga biasanya berbahan kulit yang cenderung lebih mahal, kalau kamu punya lebih dari satu atau bahkan banyak bahan jeans yang tidak terpakai, bisa lho dimanfaatkan! Kekinian, banyak jasa custom sofa yang bisa dibuat sesuai keinginan, jangan ragu buat menyampaikan ide menggunakan jeans yang dimiliki sebagai sarung sofa yang ingin dibuat.

2. Bantalan kursi jeans

bantalan kursi jeans

Kalau kamu punya kursi kayu yang pastinya kurang nyaman dipakai untuk duduk santai, coba buat susunan bantalan dengan sarung yang berbahan dasar jeans. Referensi seperti gambar di atas bisa bikin kursi kayu di rumah punya tampilan yang keren!

3. Permainan tic-tac-toe

Di Indonesia lebih dikenal dengan permainan x-o-x, jeans sisa bisa juga dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang bisa dimainkan buat mengisi waktu luang, di ruang santai sambil menikmati cemilan bersama keluarga, gak perlu mahal-mahal membeli mainan deh.

4. Penyimpanan gantung

gantungan penyimpanan jeans

Bagian yang paling banyak manfaatnya dari celana jeans, bagian kantung belakang celana bisa diambil secara khusus dan dirangkai dengan kantung dari jeans lainnya, dirangkai sedemikian rupa sampai membuat penyimpanan multifungsi yang bisa menyimpan berbagai macam barang.

5. Gantungan jeans

gantungan serbaguna

Buat meminimalisir barang kecil tapi penting agar tidak mudah hilang layaknya kunci kendaraan dan kunci rumah, kamu bisa membuat gantungan dengan kain jeans yang sudah tidak terpakai, bentuk bisa dikreasikan sendiri sesuai kreativitas masing-masing, dengan menggunakan bahan jeans hasil akhirnya gak kalah bagus dengan gantungan kunci yang banyak dijual.

6. Pouch jeans

jeans pouch

Pouch atau kantung serbaguna ini bisa dibuat dari sisi atau bagian kaki celana jeans bekas yang dimiliki, kegunaannya pun gak usah diragukan lagi. Bisa untuk pouch make-up bagi para wanita, bahkan menyimpan barang seperti mukena dan peralatan lain yang biasanya dibawa saat bepergian.

7. Gantungan charging

kantung cas jeans

Kendala yang biasanya dialami bagi kebanyakan orang yang mau mengisi ulang daya ponsel tapi serba terbatas karena kabel yang pendek atau posisi colokan yang serba tanggung. Dengan bagian kantung celana jeans ini, kamu bisa dengan aman mengisi daya ponsel tanpa terhalang posisi yang serba sulit, kreatif kan?

8. Kantung penyimpanan sofa

kantung penyimpanan jeans

Kali ini bukan sebagai sarung sofa, melainkan kantung penyimpanan yang bisa memuat banyak barang di sekitar ruang tv atau keluarga. Bisa juga menyimpan berbagai macam barang yang biasanya tiba-tiba hilang tanpa jejak karena tercecer tanpa tempat penyimpanan, di antaranya remote tv, tissue, sampai majalah.

9. Wadah perkakas

kantung perkakas

Bagi kaum pria, biasanya butuh wadah khusus untuk menyimpan perkakas atau peralatan penting yang umum dibutuhkan sebagai alat rumah tangga, semisal obeng dan sejenisnya. Dengan membuat penyimpanan atau tempat khusus berbahan jeans seperti ini, peralatan yang dimiliki dijamin aman dan tidak akan sukar dicari saat dibutuhkan.

10. Karpet tamu

karpet jeans persegi

Jeans bekas juga bisa dibuat karpet! Bagi mereka yang ahli dan punya kreativitas cukup bagus, sudut rumah layaknya ruang tamu ternyata bisa semakin mencuri perhatian dengan kehadiran karpet berbahan jeans.

11. Tudung lampu

lampu jeans

Gak kalah menarik! Tidak harus menggunakan potongan jeans yang besar, potongan kecil dari berbagai jeans sisa bisa dimanfaatkan buat merangkai tudung lampu yang ada di rumah, hasilnya terlihat estetik dan unik.

12. Pengganti pot tanaman

media tanaman

Yang satu ini sebenarnya udah lumayan banyak dan sering ditemui. Kalau dilihat dari gambar, bentuknya memang unik dan dibuat sedemikian rupa supaya posisinya seolah-olah bisa membuat jeans bekas berdiri, kalau masih ragu buat menempatkan di dalam rumah, jeans yang mau dipakai sebagai pengganti pot ini juga bisa kok ditempatkan di area luar seperti taman.

13. Sandal jeans

sandal jeans

Kalau sekiranya belum bisa membuat sandal dengan bahan jeans bekas, kekinian udah banyak juga pengrajin sandal yang memakai bahan tersebut. Terbayang gimana tampilan saat memakai celana jeans, jaket jeans, dan dipadu dengan sandal yang juga dibuat dari bahan jeans, keren!

14. Sarung bantal

sarung bantal jeans

Kalau sebelumnya ada sofa, jangan lupa juga buat bikin sarung bantal dengan bahan serupa. Supaya selain totalitas, tampilan bantal sofa dengan sarung jeans juga gak kalah bagus, terlihat jadi lebih keren dan mewah.

15. Karpet anyam jeans

karpet jeans

Karpet kali ini dibuat dengan bahan jeans yang udah dirangkai sedemikian rupa sehingga punya tampilan anyaman yang gak kalah menarik. Kalau biasanya karpet anyaman identik dengan warna coklat berbahan rotan atau serabut dan sejenisnya, bahan jeans nyatanya juga punya hasil akhir yang gak kalah bagus, lho!

Ternyata ada lumayan banyak dan gak kalah bagus ya peralatan rumah yang bisa dibuat dari bahan jeans bekas yang sudah gak terpakai. Ada di antara kreasi di atas yang udah kamu punya atau coba buat belum nih?

Loading…

0

Pendapat Anda?