15 Ide Kreasi Edukasi untuk Anak Usia Dini, Bisa Belajar Sambil Bermain

Adakah di antara kamu yang saat ini menjadi orang tua muda dan baru memiliki anak yang masih berusia dini? Atau lebih tepatnya anak yang masih ada di kisaran usia 2 sampai 5 tahun, kisaran usia ini disebut juga dengan masa prasekolah, di mana anak sedang dalam masa ingin mengeksplor dan belajar akan banyak hal baru, tapi masih terlalu awal untuk masuk ke masa sekolah yang sesungguhnya.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak instansi atau lembaga sekolah yang memiliki kelas khusus untuk anak-anak pra sekolah usia 2-5 tahun, tentunya dengan sistem pembelajaran khusus yang dibuat untuk merangsang atau merespon rasa penasaran dan keinginan untuk mengeksplor berbagai hal yang dimiliki oleh setiap anak.

Tapi, tidak semua orang tua atau keluarga memiliki kondisi mendukung untuk menyertakan anaknya pada lembaga pra sekolah demi mendapatkan edukasi yang tepat, bisa karena belum adanya lembaga yang tepat sesuai keinginan di sekitar tempat tinggal, atau faktor lainnya.

Karena itu, kali ini ada beberapa inspirasi yang mungkin bisa dicoba oleh para orang tua untuk mengedukasi anak dengan baik dari rumah, tentunya dengan kreasi yang menyenangkan sehingga anak bisa dengan mudah belajar sambil bermain secara langsung dengan orang tua. Yuk langsung cek!

1. Media stik es krim

angka dengan banyak karet di stik

Tinggalkan cara sederhana mengajari anak mengenal angka pada selembar kertas, karena anak ada pada usia yang mudah mencerna apa yang menarik untuk dilihat, coba manfaatkan berbagai benda yang juga menarik perhatian, misalnya stik es krim dan karet penuh warna untuk mendeskripsikan banyaknya angka.

2. Tempelan dinding burung hantu

angka dengan burung hantu

Cara satu ini bisa sekaligus menjadi hiasan dinding di kamar anak, keberadaannya yang bisa bertahan dalam waktu lama otomatis akan terus menarik perhatian saat berada di ruangan tersebut, sehingga anak akan cepat memahami berbagai angka dengan mudah di setiap waktu.

3. Animasi jamur

angka dengan jamur

Sama halnya seperti stik es krim, mengajarkan anak untuk mengenal angka bisa dicoba dengan media lain yang lebih menarik seperti gambar di atas, biarkan anak belajar untuk membedakan berapa banyak pola titik yang ada pada setiap jamur yang sudah disertai dengan angka tertentu.

4. Ukuran objek

angka dengan jumlah lingkaran

Selain mengenalkan angka, media satu ini bisa juga diajarkan kepada anak untuk mengenal besar kecil atau ukuran pada suatu objek, beri pemahaman kalau besar atau kecilnya suatu objek tetap dinilai sebagai satu satuan yang sama dengan objek lainnya.

5. Berhitung dengan kelopak bunga

angka dengan kelopak

Dengan tampilan media belajar yang penuh warna seperti gambar berikut, anak pasti akan dengan mudah mengingat berapa banyak objek yang dimaksud pada setiap angka.

6. Objek angka lucu

angka dengan objek berbeda

Kreasi satu ini dijamin akan digemari, buat beberapa kantung yang terdiri dari angka 1 sampai 10, lalu buatkan juga ragam animasi khusus yang terdiri dari berbagai bentuk dan warna. Selanjutnya, minta anak untuk mengisi animasi yang banyaknya sesuai dengan angka yang tertera pada setiap kantung.

7. Angka di tubuh hewan

angka dengan objek binatang

Dengan metode ini, kita juga bisa memberi pemahaman bahwa semakin besar angka yang dimiliki, maka semakin besar pula nilainya dibanding angka-angka yang lebih kecil sebelumnya. Contohnya kreasi mengenal angka menggunakan perumpamaan gambar hewan satu ini, anak bisa memahami kalau angka 2 lebih besar dari 1, 3 lebih besar dari 2, dan seterusnya.

 8. Mencocokkan angka

cocok balon dan angka

Coba kreasi yang akan membuat anak belajar untuk mengingat angka sambil bermain, biarkan dirinya memahami pengenalan angka dengan banyaknya simbol yang dipasangkan dengan angka. Bisa dipastikan, sang anak akan mendapat rasa kepuasan dan kesenangan tersendiri saat berhasil menyelesaikan permainan ini.

9. Permainan tradisional engklek

games

Selain mengenal angka, jangan lupa juga untuk sesekali mengenalkan anak pada permainan tradisional, seperti permainan di atas yang umum dikenal dengan nama engklek. Jelaskan peraturan bermain, tapi tidak perlu menetapkan aturan baku kalau anak masih bermain secara acak di tengah permainan, biarkan dirinya mengeksplorasi sampai tiba saatnya dia memahami cara bermain dengan benar.

10. Mengenal isyarat angka dengan jari

mengenal tanda jari dan angka

Selain mengajarkan mengenal angka dengan menggunakan banyak objek yang bervariasi, ajarkan juga anak untuk mengenal isyarat angka menggunakan jari yang umum bagi semua orang, biarkan anak memahami bagaimana mengisyaratkan angka 1 sampai 10 dengan menggunakan anggota tubuhnya.

11. Mengenal pecahan

mengenal pecahan

Pembelajaran satu ini bisa diterapkan untuk anak yang sudah ada di usia lebih tinggi, ilustrasi pecahan atau bagian dari 1 objek bisa dibuat langsung dengan membagi suatu objek menjadi beberapa bagian yang besarnya sesuai dengan pecahan yang diinginkan, ajarkan anak untuk mengenal berapa besarnya setengah bagian, seperempat bagian, dan seterusnya.

12. Mengenalkan waktu

mengenal waktu

Hal yang juga penting dan jangan sampai terlewat untuk diajarkan kepada anak adalah dengan mengenalkan waktu, ajarkan apa yang dimaksud dengan satuan jam yang ditunjuk oleh jarum pendek, satuan menit yang ditunjuk oleh jarum panjang, dan satuan detik yang ditunjuk oleh jarum yang aktif berjalan.

13. perhitungan dengan gelas

penjumlahan DIY

Cara ini cocok dipakai untuk melatih kemampuan berhitung anak menggunakan barang yang mudah ditemui. Gunakan gelas plastik putih, lalu tuliskan angka secara melingkar di sepanjang sisi gelas, buat juga 2 gelas khusus dengan simbol perhitungan dan sama dengan. Sisanya, banyak gelas yang digunakan bisa ditetapkan sesuai dengan satuan bilangan yang ingin dilatih untuk perhitungan anak, puluhan atau mungkin ratusan.

14. Belajar Perkalian

perkalian

Perkalian dianggap sebagai hal yang sulit diajarkan kepada anak, padahal apabila cara yang digunakan tepat maka hal satu ini bisa dengan mudah dipelajari. Seperti gambar di atas, gunakan gelas yang mewakili banyaknya angka yang dikalikan dengan angka tertentu, selanjutnya minta anak untuk menempatkan stik es krim di setiap gelas sebanyak angka awal yang dikalikan, hasilnya pun dengan mudah ditemukan.

15. Mengenal tata surya

tata surya

Selain angka, ajarkan anak juga untuk mengenal sistem tata surya, hal yang penting untuk diajarkan kepada anak tentang dimana dirinya tinggal dan berada, agar lebih lengkap, ajarkan juga anak untuk mengenal hal lain yang berada di sistem tata surya seperti planet lain dan matahari sebagai sumber kehidupan. Jangan terlalu rumit, berikan pengenalan yang singkat dan mudah untuk dicerna.

Itu dia kreasi yang bisa kamu buat di rumah sebagai media untuk mengajarkan anak mengenal angka dan hal lainnya di usia pra sekolah. Semoga dengan cara ini, saat siap memasuki masa sekolah yang sesungguhnya, anak tidak akan asing dengan sistem belajar karena sudah terbiasa dengan pembelajaran di rumah yang menyenangkan, selamat mencoba!

Loading…

0

Pendapat Anda?