SukaSuka JelekJelek

15 Ide Kreasi untuk Ajak Anak Membuat Seni Kolase, Asah Keterampilan dan Kreativitas

Pernah mendengar istilah kolase? Bagi kamu pencinta seni dan yang suka berkreasi pasti udah gak asing dengan istilah satu ini. Tapi umumnya, jenis kreasi satu ini biasanya kita dapatkan di masa pendidikan saat sekolah dasar, lebih tepatnya di mata pelajaran seni dengan praktik menghias barang tertentu dengan potongan berbagai material yang berasal dari alam.

Sesuai namanya, kolase memang seni menyusun potongan atau kepingan material alam pada objek tertentu, biasanya barang atau lukisan polos yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian kolase ini dilakukan untuk memberi warna dan pola pada gambar supaya lebih hidup.

Jenis potongan material yang digunakan pun biasanya beragam, ada yang menggunakan cangkang telur, dedaunan kering, dan biji-bijian. Kenapa kegiatan satu ini bisa dikatakan menarik?

Tentu selain melatih kreativitas, kita yang melakukan kreasi satu ini bisa mempelajari cara lain untuk membuat sebuah karya seni, kalau biasanya kita ingin memberi warna pada gambaran atau objek tertentu menggunakan pensil warna atau cat, kali ini ragam warna bisa kita berikan dengan memanfaatkan material tertentu yang ada disekitar kita, bahkan dari material sisa sekalipun.

Apalagi, di saat seperti bulan puasa sekarang ini, kita bisa memanfaatkan kegiatan membuat kolase bersama anak di rumah untuk mengisi waktu luang di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di samping kreativitas yang dilatih, anak bisa mendapatkan kegiatan untuk mengalihkan jam-jam krisis saat berpuasa di sore hari, terutama bagi mereka yang masih belajar.

Kali ini, ada rekomendasi ide atau inspirasi seni kolase dengan menggunakan material biji-bijian yang bisa dengan mudah didapat, kolase apa saja yang kira-kira bisa dibentuk dari biji-bijian? Berikut contohnya.

1. Gambar ayam

ayam 2

Inspirasi pertama ini bisa kamu buat di rumah bersama anak dengan menggunakan berbagai jenis biji-bijian, mulai dari biji kacang hijau, biji jagung, biji bunga matahari, dan masih banyak lagi. Tentu dengan ragam biji-bijian yang dipakai, hasil pewarnaan kolase ayam terlihat seperti nyata.

2. Kolase biji kopi

biji kopi

Kolasi gambar secangkir kopi yang dibuat dari biji kopi. Faktanya, biji kopi memang dikenal sebagai pengharum alami yang bisa menghilangkan bau tidak sedap, kolase lukisan secangkir kopi ini selain sebagai pajangan juga bisa untuk menanggal bau tidak sedap di ruangan tempat kolase berada, dapat dua fungsi sekaligus deh.

3. Boneka salju

boneka salju

Membuat ilustrasi kepala boneka salju tidak harus selalu menggunakan salju yang asli, tentu bisa juga dengan metode kolase biji-bijian, gunakan masing-masing jenis biji yang berbeda untuk bagian wajah, hidung, dan topi agar lebih bervariasi ya.

4. Lukisan bunga

bunga dan bingkai

Kolase lainnya yang juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah atau hiasan dinding, dengan menggambarkan setangkai bunga berwarna cerah, bagian daun dan tangkai bisa memanfaatkan biji kacang hijau, lalu untuk bagian kelopak Bunga menggunakan biji kacang merah, hasilnya gak perlu diragukan lagi.

5. Kolase bunga variasi

bunga dan vas 1

Kalau sebelumnya ada kolase bunga satu jenis yang terdiri dari rangkaian biji yang sama, kali ini ragam bunga dibuat berbeda dengan berbagai variasi biji-bijian yang kamu punya, masing-masing biji jagung, biji bunga matahari, dan biji-bijian lainnya bisa membuat ragam bunga yang lebih bervariasi.

6. Bunga matahari

bunga matahari

Siapa di sini pencinta bunga matahari? Bisa juga lho dibuat kolasenya, masih dengan menggunakan biji kacang hijau yang banyak diandalkan untuk membuat bagian tangkai dan daun, bagian tengah bunga matahari yang biasanya memang berwarna hitam bisa menggunakan biji kacang hijau yang sudah berwarna tua.

7. Kelopak bunga matahari

bunga

Kalau sebelumnya ada kolase dari ilustrasi bunga matahari secara utuh, kali ini hanya bagian kelopak yang memanfaatkan warna kuning dari biji jagung , bagian tengahnya pun bisa menggunakan biji bunga matahari sungguhan lho!

8. Burung hantu

burung hantu 2

Bukan cuma kolase berbentuk tumbuh-tumbuhan, hewan yang rumit selain ayam juga bisa dibuat yaitu berupa burung hantu, kalau dilihat dari gambar di atas, bagian yang paling mencolok dan langsung mencuri perhatian bisa dibilang bagian sayap yang menggunakan kolasi dari biji bunga matahari ya, hasil akhirnya benar-benar terlihat seperti gambar yang nyata.

9. Ilustrasi burung terbang

burung 1

Inspirasi lainnya bagi kamu yang ingin mencoba membuat kolase burung bersama anak di rumah, bedanya kali ini dibuat ilustrasi seolah burung yang sedang mengepakkan sayapnya saat terbang dengan indah, komposisi kolase yang dibuat bisa menggunakan biji kacang hijau dan jagung yang dikeringkan.

10. Ikan badut

ikan 1

Hewan laut juga bisa lho dibuat kolase, salah satunya ilustrasi ikan badut yang memang berwarna kuning, pola ikan bisa dibuat lebih dulu pada selembar kertas, lalu tinggal minta anak untuk mengisi pola warna ikan menggunakan material kolase biji-bijian berwarna kuning.

11. Kelinci

kelinci

Hewan menggemaskan seperti kelinci juga tidak boleh dilewatkan untuk dibuat kolase, karena kelinci biasanya terdiri dari satu warna bulu yang utuh di sepenuh badan, maka pembuatan kolase pun bisa jadi lebih mudah karena menggunakan satu jenis biji-bijian, tertarik mencoba yang satu ini?

12. Kolase siput

keong

Merangkai kolase pada hewan siput bisa juga dibuat secara menyenangkan untuk merangkai bagian cangkangnya. Karena warna siput asli yang memang bervariasi, kamu bisa menggunakan biji-bijian dengan berbagai warna sesuai pilihan yang ingin dipakai.

13. Kupu-kupu

kupu kupu 3

Melukis atau membuat kreasi tertentu yang menggambarkan hewan, maka yang satu ini tak boleh terlewat. Hewan yang terkenal akan keindahannya, apa lagi kalau bukan kupu-kupu, tentunya penggunaan biji-bijian lagi-lagi bisa disesuaikan dengan warna yang ingin kamu pilih ya.

14. Kura-kura

kura kura

Contoh lain dari pembuatan kolase hewan yang lebih mudah karena hanya menggunakan satu jenis dan warna biji-bijian, kura-kura yang biasanya identik dengan warna hijau bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan biji kacang hijau, tapi jangan lupa juga gunakan sedikit biji dengan warna lebih muda sebagai pembeda dan pemberi batas motif ya.

15. Wajah harimau

wajah harimau

Biasanya digemari anak lelaki, coba membuat kolase dari hewan buas seperti harimau, gunakan beberapa pembeda dari warna biji sebagai warna dasar pada wajah, misalnya untuk beberapa bagian tertentu seperti mata, hidung, mulut, dan telinga.

Itu dia beberapa inspirasi kolase berbentuk hewan, tumbuhan, dan objek lainnya yang bisa kamu coba di rumah. Jadi, mau coba buat yang mana untuk mengisi waktu luang sore hari bersama anak kali ini?

Loading…

0

Pendapat Anda?