15 Ide Referensi Dekor Meja Kerja Selama di Rumah Agar Kerja Anti Suntuk

Tak bisa dipungkiri, kalau semenjak situasi pandemi terjadi sejumlah perusahaan menetapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau banyak dikenal dengan istilah WFH (Work From Home). Bagi kebanyakan orang, kebijakan ini tentunya jadi hal baru.

Kalau masih sehari atau dua hari bekerja di rumah karena kondisi tertentu sewaktu situasi normal sebelum pandemi, mungkin kegiatan ini menjadi hal yang menarik karena jarang dilakukan, beberapa bahkan menganggap sebagai kesempatan yang menyenangkan. Tapi siapa sangka kalau semakin lama kebijakan ini justru bisa menjadi sangat membosankan dan berpengaruh pada kegiatan bekerja dari rumah.

Karena terbiasa berinteraksi secara langsung dengan rekan kerja di kantor, situasi ruang yang serba terbatas di rumah tentu jadi salah satu hambatan tersendiri, belum lagi terbatasnya fasilitas kerja yang biasanya tersedia dengan mudah di kantor.

Karena itu, salah satu fasilitas kerja yang biasanya membuat pekerjaan lebih lancar dan berjalan baik umumnya adalah keberadaan atau lingkungan meja kerja yang kondusif dan mendukung, bagi sebagian orang yang sebelunya memang memiliki area kerja khusus di rumah mungkin sudah jadi hal biasa, tapi beda halnya bagi mereka yang baru pertama kali menjalani kegiatan ini.

Karena itu, tak heran kalau kekinian banyak orang yang memilih untuk mendesain meja atau bahkan ruang kerja sebaik dan semenarik mungkin agar aktivitas selama bekerja dari rumah bisa berjalan dengan lancar, setidaknya dengan lingkungan yang mendukung dan peralatan yang memadai.

Kamu termasuk salah satu orang yang sedang ingin mendekorasi sudut bekerja di rumah dan butuh inspirasi? Yuk langsung cek deretan ide berikut.

1. Nuansa putih

dekorasi putih 2

Warna putih memang identik dengan kesan netral dan bisa memberi ketenangan, ruangan kerja dengan tema dekorasi warna satu ini umumnya bisa membantu me-refresh pikiran saat bekerja yang umumnya membutuhkan konsentrasi khusus dan terkadang memberi rasa lelah.

2. Dekorasi estetik

estetik 3

Bagi mereka yang bekerja di bidang kreator konten, ruang kerja dengan dekorasi seperti di atas bisa jadi pilihan tepat, karena bisa menjadi latar belakang yang bagus untuk membuat video tertentu, atau dalam artian latar tempat yang terkesan rapih dengan dekorasi yang enak dipandang.

3. Futuristis nan minimalis

futuristis 2

Desain futuristis terasa dengan dekorasi dinding yang memberikan kesan elegan, selain itu ditambah juga dengan perangkat kerja yang minimalis dan tidak terlalu banyak dekorasi sehingga bisa memberi ruang yang leluasa.

4. Objek penyegaran

hijau maskulin 2

Rasa jenuh tak bisa dihindari dalam bekerja, coba buat dekorasi yang sekiranya bisa menjadi pengalih sejenak buat menyegarkan pikiran. Seperti gambar di atas, dekorasi dinding hijau yang dilengkapi dengan beberapa kotak untuk menyimpan hewan peliharaan yang lucu.

5. Maskulin dan elegan

meja kerja elegan 2

Desain satu ini bisa diterapkan untuk meja kerja kaum pria dan lumayan umum ditemui, elegan dengan perlengkapan seadanya namun tetap menjadi sudut yang nyaman untuk melakukan pekerjaan.

6. Meja kerja ringkas

meja kerja ringkas 2

Jangan bingung kalau tidak memiliki ruang khusus untuk membuat ruangan kerja, dengan memanfaatkan salah satu sisi atau sudut pada bagian rumah juga tidak ada salahnya, yang penting ada sudut yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan fasilitas bekerja yang layak.

7. Minimalis dan sederhana

meja kerja sederhana 2

Referensi lain bagi kalian yang menginginkan dekorasi sederhana dan tidak terlalu banyak menyertakan dekorasi atau barang yang tidak akan terlalu sering dipakai, penggunaan lampu yang estetik juga bisa kamu pakai buat menambah kesan nyaman.

8. Meja kerja sejuk

meja kerja sejuk 2

Ide lain sebagai referensi bagi kalian yang menginginkan lingkungan kerja dengan keberadaan penyegar alami, coba tambahkan beberapa dekorasi tanaman segar yang dikenal sebagai pembersih udara alami.

9. Meja kerja wanita

meja kerja wanita 2

Tentunya bukan hanya untuk kaum pria, ide meja kerja untuk para wanita juga bisa kamu dapatkan. Tidak ada salahnya buat menyertakan lukisan atau gambar-gambar favorit supaya semangat kerja tetap terjaga saat melihat objek kesukaan, seperti gambar di atas.

10. Meja kerja pembuat konten

meja podcast 2

Tentu jenis pekerja pembuat konten ada banyak, walau sudut untuk membuat meja kerja minim tapi kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya pasti bisa terkelola secara maksimal dengan penempatan perlengkapan kerja yang dibutuhkan. Seperti gambar di atas, misal kamu adalah seorang podcaster, kamu tetap bisa dengan mudah menyertakan mikrofon, speaker, dan beberapa alat pendukung lainnya.

11. Minimalis namun terasa luas

minimalis sederhana 2

Kebalikannya, bagi beberapa profesi tertentu atau berdasarkan kepribadian, ada orang yang biasanya lebih menyukai meja kerja bersih dan luas tanpa keberadaan barang-barang yang dirasa tidak diperlukan, sehingga pergerakaan saat bekerja bisa lebih leluasa. Kalau kamu termasuk tipe orang tersebut, inpirasi satu ini bisa jadi pilihan.

12. Sudut kerja monokrom

monokrom sudut 2

Penyuka tema hitam dan putih? Maka yang satu ini bisa jadi pilihan tepat, walau hanya di sudut ruangan tertentu, tapi dengan kombinasi warna dan perlengkapan yang pas, meja kerja yang didapat pun bisa sangat nyaman.

13. Ruangan monokrom

monokrom 2

Ide lain bagi kalian pencinta tema monokrom, kali ini dengan keberadaan ruang yang lebih luas dan dekorasi yang bisa lebih totalitas, tidak hanya meja atau perlengkapan kerja yang berwarna hitam putih, tapi dekorasi di sekitar yang berwarna senada bisa bikin ruang kerjamu semakin menarik.

14. Dekorasi warna

neon aqua blue 2

Kekinian, tren dekorasi kamar dengan lampu yang estetik lagi populer, terlebih dengan warna dari lampu yang bisa diatur sesuai keinginan, bukan cuma warna aqua blue seperti gambar di atas. Supaya tidak bosan dan selalu punya suasana baru, kamu bisa memadupadankan perlengkapan kerja berwarna netral yang dipunya dengan berbagai macam warna dari lampu yang bisa diganti sesukanya.

15. Ruang kerja Instagram-able

tema neon biru 2

Punya tampilan menarik dengan warna lampu yang tentunya bisa diubah seperti sebelumnya, tapi tidak lupa menyerakan tanaman buat memberikan kesan sejuk, dekorasi dinding yang sederhana tapi menarik perhatian juga bisa kamu tambahkan.

Itu dia beberapa ide dan referensi mendekor ruang kerja yang bisa kamu coba di rumah, ide mana yang paling menginspirasi dan mau dijadikan contoh nih?

Loading…

0

Pendapat Anda?