15 Inspirasi Kue Ulang Tahun Ala Korea, Simple Tapi Keren

Ulang tahun menjadi salah satu momen yang ditunggu-tungu bagi sebagian orang. Salah satu simbol ulang tahun selain meniup lilin adalah adanya kue ulang tahun.

Baru-baru ini lini masa sosial media ramai bermunculan kue ulang tahun ala Korea. Tampilannya yang estetis banget membuatnya dengan cepat digemari banyak orang.

Nah jika kamu penasaran, simak ulasan mengenai fakta unik kue ulang tahun ala Korea ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk merayakan ulang tahunmu.

Memiliki desain yang minimalis

Lemon cake

Umumnya kue ulang tahun Korea berbentuk bulat dengan hiasan yang minimalis. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan kue ulang tahun yang sering dijumpai di pasaran dimana lebih bervariasi dari segi bentuk dan hiasan.

Didominasi warna-warna pastel

Ice cream cake

Kue ulang tahun Korea umumnya cenderung lebih banyak didominasi dengan warna-warna pastel. Maka dari itu tak heran jika kue ulang tahun ini terbilang sangat aesthetic dan instagram-able. Misalnya pun menggunakan warna yang sedikit mencolok maka akan dipadukan dengan warna netral untuk menyeimbangkan warna.

Menggunakan cream dan buah sebagai hiasan

Didominasi warna warna pastel

Bila kue ulang tahun yang sering kamu temui di Indonesia dihias dengan berbagai macam topping seperti cream, cokelat, meses, icing, hingga taburan aneka bentuk lain, maka kue ulang tahun Korea umumnya memadukan cream dan buah sebagai hiasan.

Terbuat dari sponge cake yang lembut

Memiliki desain yang minimalis

Kue ulang tahun Korea umumnya menggunakan sponge cake sebagai kue yang digunakan. Beberapa di antaranya dibuat ber-layer baru kemudian dihias dengan cream. Ada pula yang menambahkan buah di antara layer tersebut sehingga begitu dipotong akan menghasilkan potongan kue yang cantik.

Rasanya tidak terlau manis

0AMenggunakan cream dan buah sebagai hiasan0A

Berbeda halnya dengan kebanyakan kue yang memiliki cita rasa terlalu manis sehingga menimbulkan nyeri ketika memakannya, kue ulang tahun Korea cocok kamu nikmati karena rasanya yang tidak terlalu manis.

Bahkan jika kamu memilih kue yang dipadukan dengan buah maka dijamin rasa manisnya akan diimbangi dengan asamnya buah seperti jeruk, stroberi, ataupun kiwi.

Opera Cake

0AChocolate Cake

Opera cake sering dijuluki sebagai kue lapis yang berasal dari Perancis. Kue ini sudah ada sejak abad ke-16  saat kopi mulai diperkenalkan di benua Eropa. Kue ini sebenarnya adalah sponge cake biasa yang diberi lapisan ganache berlayer yang terbuat dari campuran kopi dan cokelat. Pada bagian atas opera cake disiram dengan cokelat leleh sehingga tampilannya jadi sangat rapi. Saat dipotong, kamu bisa melihat cantiknya lapisan layer. Opera cake memiliki tekstur yang agak basah dengan aroma kopi yang wangi mirip dengan tiramisu.

Cheese Cake

Kue cokelat klasik

Cheese cake alias kue keju adalah jenis kue yang memiliki tekstur lembut dan lumer saat disantap. Sesuai dengan namanya, cheese cake terbuat dari bahan baku keju krim, keju mascarpone, dan keju ricotta yang dicampur dengan susu dan telur yang dipanggang hingga matang. Pada bagian bawah kue ini diberi remahan roti dan kacang yang dihancurkan sementara pada bagian atas diberi hiasan gelatin dan aneka buah segar saat sudah matang. Cheese cake pertama kali dibuat oleh masyarakat Yunani, namun kue ini justru lebih popular di Jepang.

Kue cokelat klasik

Italian wedding cake0A

Cokelat umum digunakan sebagai bahan pembuatan kue dan bahan dekorasi, seperti dijadikan kue cokelat.

Salah satu kreasi kue ulang tahun dengan cokelat adalah kue cokelat klasik.

Kamu bisa buat manfaatkan cokelat bubuk sebagai bahan campuran kue cokelat klasik dan cokelat keping untuk membuat krim lapisan kue ulang tahun

Kue Coklat

Kue Coklat

Selain cokelat, vanila atau cita rasa vanila juga umum dibuat untuk kue ulang tahun.

Kamu bisa membuat kue vanila yang lembut menggunakan campuram tepung, susu, telur, mentega tawar, dan sedikit ekstra vanila

Kue vanila kemudian bisa dihias dengan berbagai bahan dekorasi kue sesuai keinginan.

Tiramisu

Tiramisu

Kreasi kue ulang tahun lainnya adalah tiramisu, kue klasik khas Italia yang memiliki ciri khas aroma dan rasa kopi.

Tiramisu bisa dikreasikan menjadi kue ulang tahun dengan ukuran normal dan bisa ditambah dengan lapisan krim keju.

Classic cheesecake

Classic cheesecake

Untuk kamu pencinta keju, classic cheesecake atau kue keju klasik bisa menjadi pilihan kue ulang tahun.

Classic cheesecake dibuat dengan metode butter cake, yaitu jenis kue yang dibuat dengan cara mengocok gula dan mentega terlebih dahulu.

Setelah itu, classic cheesecake cocok disajikan dengan krim asam dan ceri merah untuk dijadikan topping.

Rainbow cake

Rainbow cake

Rainbow cake atau kue pelangi memiliki warna lapisan kue yang berbeda, mulai dari merah, kuning, hijau, biru, dan oranye.

Kamu bisa membuat rainbow cake menggunakan dasar kue butter cake dan diberi lapisan krim di tiap lapis dan penutup kue.

Ice cream cake

Terbuat dari sponge cake yang lembut0A

Kreasi kue ulang tahun lainnya adalah ice cream cake yang dibuat dari lapisan kue dan es krim.

Kamu bisa gunakan rasa es krim yang berbeda untuk tiap lapisan kue, seperti es krim cokelat, es krim stroberi, dan es krim vanila.

Lemon cake

0AOpera Cake

Selanjutnya, kamu juga bisa buat lemon cake yang terdiri dari tiga lapisan kue dan campuran lemon serta susu sebagai bahan pelapis.

Lemon cake kemudian bisa dihias menggunakan buttercream dan disajikan sebagai kue ulang tahun.

Italian wedding cake

Cheese Cake

Selain kue ulang tahun biasa, kamu juga bisa membuat kue ulang tahun pernikahan dengan menyajikan italian wedding cake.

Italian wedding cake dibuat dari dua lapis dasar kue yang ditambahkan dengan krim dan ditutup dengan olesan krim dan keju parut.

Loading…

0

Pendapat Anda?