JelekJelek SukaSuka CakepCakep

15 Inspirasi Manfaatkan Toples dan Gelas Untuk Aquarium Mini yang Unik

Kekinian, masyarakat Indonesia rupanya lagi menggandrungi hobi yang berhubungan dengan alam dan populer di berbagai kalangan, salah satunya memelihara berbagai jenis ikan hias lengkap dengan kreasi akuarium yang dibuat semenarik mungkin, atau biasa dikenal juga dengan istilah Aquascape.

Selain sebagai hobi, pembuatan aquarium yang menarik juga sekaligus dimanfaaatkan buat mempercantik tampilan area tertentu dan menciptakan kesan hidup bagi rumah. Umumnya, aquascape identik dengan ukuran aquarium besar dan dilengkapi berbagai komponen pelengkap guna menambah daya tarik, seperti lampu khusus buat mempercantik tampilan dan alat lainnya.

Padahal, membuat aquarium yang menarik bisa dilakukan tanpa perlu memakai aquarium besar dan baru yang dibuat khusus, apalagi kalau sampai harus mengeluarkan biaya yang gak sedikit dalam pembuatannya.

Berbagai barang di sekitar yang bahkan sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk membuat aquarium mini yang gak kalah menarik, salah satunya toples dan gelas. Bahkan, dengan adanya toples dan gelas yang punya ragam bentuk unik bisa menambah nilai estetik dari aquarium mini yang dibuat.

Penasaran dengan tampilannya? Berikut beberapa inspirasi aquarium mini dari gelas dan toples yang bisa kalian coba.

1. Gelas Snifter

aquarium mini 1

Jenis gelas dengan batang pendek dan cekungan badan yang besar bikin gelas satu ini punya nilai estetik lebih jika dijadikan aquarium kecil buat mempercantik ruangan, gak dibutuhkan area penyimpanan besar, aquarium dengan gelas jenis ini bahkan bisa ditempatkan di area yang minim sekalipun.

2. Aquarium Toples Penghias Meja Keluarga

aquarium dari toples

Penggunaan toples bekas yang umumnya berukuran agak kecil mungkin hanya bisa diisi satu jenis ikan hias. Supaya lebih eye-catching, aquarium mini ini bisa dilengkapi dengan sedikit batu kali putih kecil yang mudah ditemui dan tanaman aquarium berjenis water wisteria.

3. Toples Tabung dengan Ragam Hiasan

aquaarium dari toples plastik

Punya toples berbentuk tabung polos? Ragam jenis tumbuhan dan bebatuan aquascape bisa dimanfaatkan, di antaranya batu jenis sansui atau uzan yang dilengkapi dengan tanaman eceng gondok mini dan hairgrass yang memiliki model mencuat keluar aquarium agar terlihat menarik.

4. Aquarium Sekaligus Tanaman Hias

aquarium sekaligus tanaman hias

Kalau bisa dibuat dua jenis hiasan rumah sekaligus, kenapa engga? Seperti gambar di atas, aquarium mini yang memakai vas transparan, sedangkan bagian atas dimanfaatkan untuk tanaman hias jenis spathiphyllum atau lebih dikenal dengan nama sepatu filum.

5. Penggunaan Batu Kerikil

batu kerikil untuk aquarium toples

Kalau batuan kali yang banyak dijumpai masih dirasa terlalu besar bagi ukuran toples yang dimiliki, batuan kerikil juga bisa jadi pilihan, gak lupa sertakan juga tanaman aquascape berukuran minimalis seperti di gambar, salah satunya jenis  Egeria Densa.

6. Kombinasi Warna

tanaman aquarium mini

Gak hanya penggunaan toples berbentuk unik yang bisa menarik perhatian, komposisi warna bebatuan, tanaman dan ikan hias yang digabung dengan warna berbeda ternyata juga cukup eye-catching, tanaman hijau sepatu filum yang jadi favorit, bersamaan dengan bebatuan biru dan ikan hias merah, jadilah kombinasi yang cantik!

7. Aquarium Semi Kolam Mini

kolam dari mangkok

Gak punya gelas atau toples yang bisa dijadikan aquarium mini? Gak masalah, mangkok atau wadah dengan bentuk serupa seperti gambar di atas juga bisa jadi solusi buat bikin kolam mini yang gak kalah menarik, biar terkesan persis seperti kolam pada umumnya, sertakan eceng gondok dan teratai mini, hasil akhirnya bikin betah buat dipandang berlama-lama!

8. Vas Transparan dengan Motif Tambahan

vas transparan

Pilihan lain bagi kalian yang tertarik membuat dua hiasan dalam satu rupa sekaligus, tanaman hias sepatu filum lagi-lagi jadi pilihan yang tepat buat dikombinasikan dengan vas transparan dengan gradasi keunguan, diisi ikan hias dengan warna serupa dengan vas punya perpaduan warna yang gak kalah menarik buat mempercantik meja di sudut ruangan.

9. Manfaatkan Tanaman Hias Air

manfaatkan tanaman hias

Mudahnya pemeliharaan tanaman hias air rupanya jadi salah satu alasan kenapa banyak orang memilih untuk dijadikan pelengkap pada aquarium mini. Salah satunya jenis tanaman sirih gading yang mudah ditemui dan selalu terlihat pas ditempatkan pada tempat apapun, termasuk gelas dan toples.

10. Gelas Highball

gelas untuk ikan cupang

Punya bentuk tinggi dengan lingkar standar, jenis gelas yang biasanya dipakai untuk menikmati minuman dingin dan banyak ditemui ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk ikan hias berukuran kecil, jangan lupa tambahkan batuan kerikil dengan satu sampai dua ruas tanaman air minimalis, salah satunya jenis Egeria Densa.

11. Gelas Lowball dan Eceng Gondok Mini

gelas untuk tempat ikan cupang

Membuat aquarium mini anti rumit dan tanpa perlu waktu lama, dengan memakai gelas berukuran pendek berjenis lowball, sertakan sedikit eceng gondok mini dan ikan hias berukuran kecil, aquarium mini yang bisa dibuat dalam waktu kurang dari satu menit ini bahkan bisa ditempatkan di meja kerja sebagai penghibur.

13. Manfaatkan Bohlam Bekas

aquarium dari bohlam

Belum punya toples atau gelas yang bisa dijadikan sebagai aquarium bukan masalah, bohlam transparan yang sudah tidak terpakai jawabannya. Bahkan, bentuk bohlam yang unik bisa jadi nilai tambah tersendiri.

14. Full Aquascape Mini

aquascape mini

Kebalikan dari penggunaan tanaman air yang minim agar ada ruang lebih bagi ikan hias, pengaturan tanaman air lebih banyak dengan menggunakan gelas jenis lowball juga gak ada salahnya, tampilan ini bikin aquascape dalam versi mini terlihat lebih hidup dengan banyaknya tanaman air.

15. Manfaatkan Stemless Glass

ikan cupang di gelas

Gelas tanpa batang dengan lekukan di bagian bawah ini punya kesan elegan, jadi gak masalah kalau dijadikan aquarium mini tanpa menambahkan tanaman hias terlalu banyak, untuk mempercantik tampilan, penambahan bebatuan berwarna juga bisa jadi pilihan.

16. Set Aquarium Toples

tanaman dan ikan di toples

Punya set toples dengan bentuk serupa? Bisa jadi nilai tambah, ragam ikan hias bisa ditempatkan di toples berbeda dengan bentuk dan tambahan tanaman hias yang juga seragam.

Itu dia deretan inspirasi pemakaian toples atau gelas yang bisa dijadikan aquarium mini buat menghias sudut ruangan, bahkan di area yang minim sekalipun. Tak terbatas dengan jenis gelas atau tanaman dan bebatuan hias tertentu, beragam aquarium tentu bisa dibuat sesuai dengan kreasi dan selera. Aquarium mana yang paling menginspirasi kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Pendapat Anda?