16 Gambar Inspirasi Rangkai Kaktus dan Sukulen dalam Satu Tempat, Jadi Kombinasi Estetik

Siapa di antara kamu yang jadi salah satu penggemar kaktus? Gak heran, jenis tanaman hias satu ini memang sangat populer dan banyak digemari karena pemeliharaannya yang sangat mudah. Di samping itu, ragam variasi dan bentuk kaktus membuat tanaman hias satu ini semakin banyak digandrungi.

Perawatan yang mudah dan variasinya yang beragam, siapa yang tidak menyukai tanaman satu ini? Tapi, belakangan keberadaan kaktus sebagai tanaman hias favorit bagi kebanyakan orang mulai diikuti dengan tanaman lainnya yang bisa dibilang hampir sejenis, yaitu sukulen. Pernah mendengar jenis tanaman ini?

Sukulen pada dasarnya masih memiliki tampilan yang hampir serupa dengan kaktus dengan bentuknya yang mungil. Tapi, tentunya ada perbedaan mendasar dari kedua jenis tanaman ini yang harus kamu tau sebagai pencinta tanaman hias yang gemar mendekorasi.

Kaktus bisa dikatakan sebagai sukulen, tapi sukulen belum tentu masuk dalam jenis kaktus. Kedua tanaman ini sama-sama tidak memerlukan banyak air setiap hari, karena jika terlalu banyak air keduanya akan membusuk. Sedangkan untuk perbedaan dari segi fisik, sukulen tidak memiliki duri melainkan kelopak yang menyerupai daun.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kali ini ada beberapa ide yang mungkin bisa kamu coba buat mengkreasikan penyimpanan kaktus dan sukulen agar lebih menarik di setiap sudut rumah, tidak hanya ditempatkan pada media tanam secara terpisah, keduanya bahkan bisa ditanam secara bersamaan dengan jenis tanaman hias lain. Penasaran? Berikut inspirasinya.

1. Sukulen dan lidah mertua

lidah mertua

Dalam satu pot besar, kamu bisa mengkombinasikan sukulen yang bervariatif dengan tanaman hias lain seperti lidah mertua dan tanaman paku, jangan takut hasil akhirnya akan menjadi aneh. Seperti gambar di atas, media tanam dengan wadah berbentuk mangkuk besar ini justru memberi kesan lingkungan yang seolah hidup dan asri.

2. Sukulen dan kaktus

kaktus sukulen

Kedua jenis tanaman hias ini dikombinasikan dalam satu wadah tanam transparan yang unik, kaktus dengan ciri khas durinya yang menarik perhatian berdampingan dengan sukulen yang terdiri dari beragam bentuk, unik ya?

3. Konsep salju

konsep salju

Jangan ragu buat menerapkan konsep tertentu dalam membuat media tanam untuk sukulen dan kaktus, karena kedua tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, tanah yang dipakai bisa dibuat lebih sedikit dan dilengkapi dengan pasir berwarna putih yang bisa dengan mudah ditemui di toko berkebun, konsep salju pun bisa dengan mudah didapat.

4. Manfaatkan batu taman

batu taman

Masih berkat karakter tanaman kaktus yang tidak membutuhkan banyak air dalam kelangsungan hidupnya, keberadaan tanah bisa digantikan dengan batu taman agar tampilan kaktus terlihat lebih indah dibagian luar pot yang transparan, keberadaan tanah di bagian dalam bisa tertutup sepenuhnya dengan penggunaan batu taman ini.

5. Kerikil dan sukulen

estetik

Hal yang sama juga bisa diterapkan untuk penempatan tanaman sukulen pada media tanam yang transparan, lapisan tanah pada bagian atas yang digunakan untuk menanam bisa dipercantik dengan penggunaan kerikil taman yang bisa dengan mudah didapat di toko berkebun, kombinasi warnanya terlihat cantik bukan?

6. Tema Yin dan Yang

yin yang

Melambangkan keseimbangan, siapa sangka kalau tema satu ini nyatanya akan menampilkan hasil akhir yang menarik dipandang. Sebagai penghias tambahan, kamu juga bisa menyertakan bebatuan berukuran lebih besar berwarna senada untuk menambah volume di sekitar tanaman sukulen.

7. Kaktus dan sukulen variatif

kombinasi bunga

Tampilan kombinasi sukulen dan kaktus ini semakin cantik dengan kehadiran bunga kaktus berwarna cerah yang sedang mekar, kedua warna merah muda dan oranye ini memberi warna segar di antara tampilan dominasi warna hijau dari kaktus dan sukulen itu sendiri.

8. Sukulen yang tumpah

konsep tumpah

Konsep satu ini ternyata cukup unik, dengan menggunakan penutup tanah berupa kerikil berwarna merah, ragam sukulen dibuat seolah-olah keluar dari pot berukuran lebih kecil dan membuat sukulen tumbuh lebih banyak di area tempatnya terjatuh, konsep yang unik dan wajib buat dicoba di rumah, nih.

9. Kerikil hitam

kerikil hitam

Kombinasi dua warna pasir coklat dan kerikil hitam yang terlihat kontras dan identik dengan warna gelap, kehadiran sukulen berwarna hijau nan variatif di bagian atas seolah memberi kesegaran dengan warna kontras yang ada dan terlihat pada media tanam transparan.

10. Media tanam estetik

3 lapisan tanah

Sukulen yang mini terlihat semakin estetik dengan tiga lapis media tanam yang digunakan, lapisan pertama menggunakan pasir halus, lapisan kedua menggunakan kerikil, dan lapisan ketiga menggunakan batu taman dengan ukuran sedikit lebih besar dari lapisan di bagian bawahnya.

11. Sukulen di aquarium

aquarium sukulen

Bagi kamu pencinta tanaman sekaligus hobi memelihara ikan kecil, pembuatan dua habitat sekaligus bisa menjadi ide terbaik. Bagian bawah atau air bisa digunakan sebagai tempat menyimpan ikan, lalu pada bagian atas dilengkapi dengan pulau buatan yang seolah menjadi tempat ditanamnya berbagai macam jenis tanaman sukulen, ampuh sebagai penghilang stress di rumah.

12. Sukulen tumpah berpola

tumpah berpola

Berbeda dengan konsep serupa sebelumnya yang dibuat lebih abstrak, kali ini sukulen yang dibuat seolah-olah ‘tumpah’ ini membentuk pola tertentu yang melingkari pot besar sebagai media tanam. Kombinasi kerikil warna hijau dan putih pun bisa semakin mempercantik tampilan.

13. Gelas sukulen dan kaktus

gelas transparan

Tidak harus selalu menggunakan pot, gelas kecil transparan yang ada di rumah bisa menambah nilai estetik sendiri dalam penanaman kaktus dan sukulen, dengan mengunakan bebatuan kerikil sebagai media tanam, kaktus dan sukulen ini bisa difungsikan sebagai tanaman hias meja di setiap sudut rumah, baik meja tamu, meja teras, bahkan meja kerja.

14. Pulau sukulen

pulau sukulen

Kalau kamu termasuk orang yang berani berkreasi secara totalitas, penanaman sukulen dan kaktus dengan model di atas bisa dicoba. Bisa menjadi objek yang sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang berkunjung ke rumah, namun kalau dirasa terlalu memakan tempat, peletakkannya bisa dilakukan di area taman atau teras.

15. Biji kopi penetralisir ruangan

biji kopi

Pernah mendengar kalau biji kopi ampuh untuk menetralisir aroma kurang sedap? Dengan media tanam sukulen satu ini, keuntungan yang didapat bisa sekaligus. Sukulen sebagai tanaman hias dan biji kopi untuk menetralisir dan menangkal aroma kurang sedap pada ruangan rumahmu.

16. Kaktus dan sukulen penuh warna

penuh dan variasi

Berbeda dan lebih bervariasi dari kombinasi sukulen dan kaktus sebelumnya, kali ini hiasan keduanya dibuat lebih penuh dengan lebih banyak tanaman yang digunakan, bunga kaktus yang bermekaran pun lebih bervariatif dengan berbagai warna yang semakin menambah keindahan tampilannya.

Itu dia ragam inspirasi untuk kamu pencinta tanaman kaktus dan sukulen yang ingin mengkombinasikan penanaman keduanya secara bersamaan, konsep mana yang kira-kira bakal langsung kamu coba?

Loading…

0

Pendapat Anda?