16 Ide Kreasi Menghias Buah-buahan Agar Anak Bisa Makan dengan Lahap

Inspirasi kali ini datang untuk para orang tua khususnya ibu yang memiliki anak usia kecil dan biasanya masih sulit untuk makan secara teratur, terkadang ada ada rasa putus asa atau kecewa saat anak sedang ada di masa sulit untuk makan, padahal kebutuhan nutrisinya perlu terjaga dengan baik.

Ada banyak alasan atau penyebab anak sulit untuk makan, beberapa di antaranya karena kurangnya variasi makanan yang diberikan, situasi hati sang anak yang sedang tidak bagus untuk makan, atau bahkan bisa juga karena fokusnya terganggu kepada hal lain yang mengalihkan perhatiannya dari makanan.

Akibatnya, anak menolak makanan secara langsung dan terkadang hanya memilih makanan tertentu. Karena itu, kita sebagai orang tua perlu punya banyak ide dan inovasi untuk mendapatkan perhatian anak.

Sebagaimana yang kita tau, anak kecil sangat mudah tertarik terhadap hal-hal yang dianggap unik, hal ini sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan mengkreasikan tampilan dari makanan yang ingin disajikan, salah satunya dengan membuat kreasi bentuk makanan.

Buah-buahan bisa jadi pilihan, selain menjadi salah satu jenis makanan yang sudah pasti menyehatkan, kebanyakan bentuk dan keberadaan buah mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang unik untuk dihias sehingga bisa menarik perhatian anak.

Ide kreasi apa saja yang bisa dibuat dari buah-buahan agar menarik perhatian anak? Berikut referensi yang bisa kalian coba.

1. Bunga tomat

bunga tomat 1

Tomat menjadi salah satu jenis buah sekaligus sayur yang kaya akan manfaat, beruntung dengan warnanya yang merah mencolok, sehingga ketika dibentuk dalam bentuk bunga seperti gambar di atas maka bisa dengan mudah menarik perhatian ketika dihidangkan.

2. Bunga wafel

bunga wafel 1

Tidak hanya buah, lengkapi juga dengan olahan yang bisa memberikan rasa lebih kenyang seperti wafel, bentuk wafel menjadi inti bunga dan bagian kelopaknya dihias dengan aneka buah-buahan berbeda warna, tampilannya menarik kan?

3. Domba pisang

domba 1

Pisang jadi salah satu jenis buah yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, coba buat pisang dengan membentuk hewan domba seperti gambar di atas, pembuatannya pun cukup mudah yaitu dengan memotong-motong pisang secara bulat dan disusun sampai membentuk bagian badan domba yang identik dengan bulu tebal, dua jenis anggur juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap.

4. Ikan jeruk

ikan jeruk 1

Hanya perlu satu jenis buah dengan teknik pembentukan sederhana untuk bisa membentuk pola hewan yang dijamin akan menarik perhatian si kecil. Satu buah jeruk yang dibagi dua, sisi sebelahnya dibiarkan utuh menyatu, sedangkan sisi lainnya dipisahkan untuk membentuk bagian sirip dan ekor, mudah kan?

5. Ilustrasi rumah

ilustrasi rumah 1

Dengan banyak jenis buah-buahan, kamu juga bisa membuat perumpamaan yang menggambarkan lukisan, stroberi dan pisang sebagai rumah-rumahan, kiwi sebagai tanaman. Dengan bentuk seperti gambar di atas dijamin akan menarik perhatian.

6. Kupu-kupu cantik

kupu kupu 2

Yang satu ini dijamin akan berhasil menarik perhatian anak perempuan, beraneka macam buah-buahan yang dibentuk menjadi kupu-kupu dengan ilustrasi sayap yang cantik dan penuh warna, rasanya tidak mungkin kalau si kecil tak tertarik dengan kreasi satu ini.

7. Kura-kura kiwi

kura kura kiwi 1

Inpirasi lain membuat tampilan santapan yang mudah hanya dengan dua jenis buah, kiwi dan anggur untuk membuat hewan kura-kura. Kiwi yang bulat bisa dijadikan sebagai bagian badan, sedangkan anggur untuk melengkapi bagian kepala dan kaki-kakinya.

8. Santapan lumba-lumba

lumba lumba 1

Dengan membentuk pisang yang ujungnya dibelah sehingga menyerupai kepala lumba-lumba, dilengkapi dengan berbagai buah-buahan yang menggambarkan lumba-lumba sedang berenang di lautan, tampilannya benar-benar menarik!

9. Matahari dan pohon kelapa

matahari dan pantai 1

Perumpamaan suasana pantai yang biasanya identik dengan pohon kelapa dan matahari. Dengan kreasi ini si kecil tidak hanya mendapat santapan yang sehat tapi juga tampilan yang menghibur.

10. Burung merak

merak 2

Kreativitas totalitas! Dengan membentuk burung yang indah, macam santapan buah yang didapat si kecil saat menikmati hidangan pun bisa lebih bervariasi karena ragam buah yang dipakai untuk membentuk bagian ekor burung indah ini, mulai dari jeruk, anggur, pisang, sampai potongan apel.

11. Dua pohon di pantai

pohon kelapa 1

Referensi lain bagi para ibu yang ingin memberikan tampilan santapan yang terlihat menyegarkan, hamparan jeruk yang dilengkapi dengan buah kiwi segar yang menggambarkan pohon kelapa.

12. Sate anggur ulat

ulat hijau 1

Kreasi hewan ulat yang biasanya identik dengan warna hijau bisa dibuat secara mudah dengan memanfaatkan buat anggur, tentunya menggunakan tusukan untuk membuat masing-masing buah terhubung satu sama lain tanpa terlepas, bentuknya unik ya?

13. Sate ulat variasi

ulat kepala stroberi 1

Sama seperti ide kreasi sebelumnya, hanya saja kali ini diberikan kreasi lain agar tampilannya lebih menarik, yaitu tampilan kepala yang digantikan dengan buah stroberi sehingga tampilannya lebih berwarna.

14. Ulat dengan pisang

ulat pisang 1

Bukan dengan anggur, ilustrasi gambar hewan ulat kali ini bisa menggunakan pisang, jangan lupa menggunakan hiasan pendukung sebagai tumbuhan di sekitar ulat yang dibentuk menggunakan cacahan buah kiwi segar.

15. Es krim wafel

wafel eskrim 1

Tentunya bukan es krim sungguhan, karena menghidangkan es krim sebagai santapan rutin anak setiap hari tentu bukan jadi pilihan yang tepat. Sebagai alternatif, perumpamaan ini bisa diganti dengan wafel sebagai cone es krim dan buah-buahan sebagai pengganti es krim, nyatanya tidak kalah segar kok!

16. Wajah singa

wajah singa 1

Dengan memakai buah jeruk sebagai rambut singa yang identik tersebar di seluruh bagian wajah hewan satu ini, sedangkan bagian tengah wakah bisa memanfaatkan buah nanas, jadilah wajah singa lucu yang akan disukai anak-anak.

Itu dia beberapa deretan inspirasi bagi kamu para ibu yang mungkin ingin mencoba menyuguhkan hidangan agar si kecil tertarik terhadap makanannya. Sisi baik lain dari ide ini adalah selain menyuguhkan santapan yang menarik perhatian bisa juga sekaligus mengenalkan anak pada berbagai macam karakter hewan, ada yang salah satu idenya pernah kamu coba?

Loading…

0

Pendapat Anda?