SukaSuka CakepCakep JelekJelek

17 Gambar Inspirasi Kamar Anak Bersama untuk Ruang Terbatas, Manfaatkan Kasur Tingkat

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga kecil pasti jadi hal yang paling menyenangkan, segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan si kecil selalu diusahakan dengan memberikan yang terbaik, termasuk salah satunya kamar tidur atau ruang khusus yang bakal menjadi area bagi setiap anak buat bereksplorasi secara bebas.

Jadi kendala sewaktu anak ada di usia aktif yang tidak memungkinkan buat tidur atau berada di satu kamar lagi dengan orang tua. Memasuki usia lima sampai sepuluh tahun, sebagian besar anak membutuhkan ruang bebas untuk beraktivitas dan belajar banyak hal.

Bagi pemilik rumah dengan lahan terbatas, terutama ruang kamar yang minim, hal ini menjadi persoalan yang lumayan menyita perhatian, apalagi bagi mereka yang memiliki anak kecil lebih dari satu.

Sebagai solusi, kali ini ada inspirasi yang mungkin kamu butuhkan supaya anak di rumah tetap mempunyai ruangan pribadinya sendiri untuk bebas beraktivitas dan bereksplorasi, dengan memanfaatkan ruang dan furniture yang disesuaikan, serta dekorasi kamar yang dibuat menarik dan nyaman sedemikian rupa, yuk langsung cek deretan referensinya!

1. Dipan tingkat dengan penyimpanan

tingkat dan lemari

Inspirasi paling umum tapi tidak hanya sekedar dipan tingkat biasa, rangka dipan tingkat ini didesain sedemikian rupa agar setiap bagian bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang. Di antaranya lemari di masing-masing sisi kasur dan laci penyimpanan pada area tangga menuju kasur bagian atas, ruang kamar bisa jadi lebih luas.

2. Kamar perempuan dan laki-laki

perempuan dan lelaki

Yang menarik dari desain kamar ini adalah kedua kasur dibuat dengan model sorong ke arah lantai yang didesain dengan level pijakan lebih tinggi. Apabila kasur sedang tidak digunakan, kamar anak ini pun bisa menjadi area bermain yang sangat luas dengan dua level area yang berbeda.

3. Konsep kasur kapsul

kapsul putih

Pernah melihat atau bahkan tidur di penginapan ala backpacker dengan model tempat tidur berbentuk kapsul? Hal serupa bisa coba dilakukan untuk kamar anak di rumah, dengan memanfaatkan salah satu sudut kamar secara maksimal, sisa area kamar lainnya bisa dengan leluasa menjadi area bermain.

4. Kasur tinggi berhadapan

kasur berhadapan

Konsep ini cocok diterapkan untuk kamar anak dengan ruang memanjang. Dipan kasur bisa dibuat agak lebih tinggi yang sekaligus dimanfaatkan untuk laci-laci penyimpanan baik untuk pakaian ataupun berbagai barang lainnya, sedangkan sisi berhadapan dari kasur bisa dijadikan area belajar untuk dua orang penghuni kamar yang juga berbentuk memanjang.

5. Dipan tingkat yang ringkas

tingkat minimalis

Walau lebih sederhana dan tidak memiliki lemari penyimpanan di sisi kasur seperti desain sebelumnya, kelebihan dari dipan tingkat bermodel sederhana ini adalah bisa dengan mudah dipindahkan saat ingin mengubah posisi berbagai furniture dan dekorasi kamar anak agar tidak membosankan.

6. Kasur tingkat empat

tingkat empat

Memiliki anak banyak dengan usia berdekatan? Desain kamar tidur satu ini bisa menjadi solusi terbaik. Memanfaatkan salah satu sudut kamar secara maksimal dengan rangka kasur berbentuk letter L, masing-masing anak bisa tidur dengan nyaman dan aman di kasurnya sendiri, jangan lupa lengkapi dipan dengan pembatas di bagian sisi kasur ya.

7. Dipan tingkat berkonsep rumah

tingkat ungu

Agar anak tidak bosan dan merasa nyaman berada di kamarnya, coba buat dipan yang dikreasikan dengan konsep tertentu. Salah satunya dipan dengan konsep ala-ala rumah seperti gambar di atas, akan digemari terutama bagi anak perempuan yang biasanya senang bermain rumah-rumahan.

8. Dipan tingkat bermain

perosotan serbaguna

Kreasi dipan tingkat lainnya yang bisa membuat anak senang ialah dipan yang sekaligus dijadikan media bermain, selain sebagai tempat tidur dengan sisi tangga untuk akses ke kasur bagian atas, sisi lainnya bisa didesain dengan kehadiran perosotan. Tidak berhenti di situ, sisi perosotan ini nyatanya bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan untuk berbagai mainan milik anak. Kreatif, kan?

9. Dipan variasi anak lelaki

tingkat laki2

Dipan tingkat biasanya dibuat dengan sisi bagian kepala yang searah dan sama, coba buat dengan desain berbeda yang lebih bervariasi, tampilannya tidak kalah bagus dan menarik perhatian.

10. Dipan variasi anak perempuan

tingkat oranye

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk pembuatan dipan di kamar anak perempuan, dengan tetap memanfaatkan beberapa sudut sebagai tempat penyimpanan bahkan meja untuk belajar, setiap sisi pun akan bisa terpakai secara maksimal.

11. Kasur sorong tiga

tingkat tiga

Kasur tingkat empat dari desain sebelumnya terlalu sukar dibuat? Tenang, kali ini ada dipan kasur sorong tingkat tiga yang bisa dipakai untuk lebih dari satu anak, tidak harus ditempatkan secara berurutan, salah satu kasur lainnya bahkan bisa diletakkan pada area lain. Karena bisa disembunyikan saat tidak dipakai, maka tidak perlu khawatir kamar anak menjadi sempit.

12. Dipan tingkat dan rak

tingkat putih

Pembuatan dipan dengan konsep dan nuansa yang sama dengan area kamar, sudut dinding kepala bisa dimanfaatkan secara maksimal menjadi rak untuk menyimpan berbagai buku atau bahkan barang milik anak.

13. Dipan tingkat perempuan bertema

kamar perempuan tingkat

Konsep satu ini cocok dijadikan referensi untuk kamar anak perempuan yang sangat menyukai kesan feminin. Dengan tambahan dekorasi meja dan kursi rias ala putri, akan jadi pendukung tepat bagi anak saat bermain di area kamar.

14. Dipan tingkat konsep kapal laut

tingkat kapal laut

Pembuatan dipan juga bisa disesuikan dengan konsep kamar yang ingin ditentukan, tentunya dengan tema pilihan anak. Seperti gambar di atas, kamar yang didesain dengan konsep kapal laut, dipan yang dibuat pun disesuaikan dengan material kayu dengan kesan dan suasana seolah-olah berada di kapal.

15. Dipan tingkat kayu

tangga laci

Sama seperti dipan sebelumnya, dipan tingkat model satu ini juga memiliki kelebihan lebih mudah untuk dipindahkan apabila ingin merubah posisi dan konsep kamar agar tidak bosan, tapi tetap bisa menyertakan sedikit laci penyimpanan di beberapa sudut seperti tangga dan bawah kasur.

16. Konsep doraemon

doraemon

Kamar dengan dipan tingkat lainnya juga bisa dibuat dengan konsep karakter tertentu favorit anak. Agar suasana semakin mendukung, bisa ditambahkan perabotan lain yang mendukung tema serupa, seperti lampu gantung dan jam dinding bertema doraemon.

17. Dipan tingkat sekaligus sorong

tingkat tiga pink

Dipan tingkat dengan tambahan kasur sorong di bagian bawah? Tentu bisa! Selain itu, pada bagian kasur sorong nyatanya juga masih bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk membuat laci penyimpanan. Tidak cukup sampai di situ, area pinggir tangga juga bisa dimanfaatkan sebagai lemari untuk menyimpan berbagai barang milik tiga penghuni kamar tersebut.

Itu dia inspirasi dipan tingkat dan sorong yang bisa dicoba untuk mendesain kamar anak di rumah, udah terbayang mau mendesain kamar anak seperti apa? Semoga deretan referensi ini bisa menginspirasi ya!

Loading…

0

Pendapat Anda?