20 Ide Dekorasi Perabot Rumah dengan Konsep Rustic dan Nuansa Alam

Pernah mendengar istilah atau konsep dan tema rustic dalam dekorasi? Belakangan, tema satu ini jadi populer dalam berbagai keperluan dekorasi seperti pernikahan, tapi nyatanya bukan cuma itu, tema atau konsep rustic juga banyak dipilih bagi beberapa orang buat mendekorasi rumah mereka.

Tapi, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan tema rustic? Dalam bahasa Indonesia, rustic punya makna tua dan berkarat atau suatu benda yang punya permukaan kasar dan tidak rapi, dalam kata lain bisa juga dihubungkan dengan nuansa kayu-kayuan di alam terbuka yang memang punya tampilan kasar dan apa adanya.

Bagi orang yang masih awam, tampilan rustic mungkin bakal memberi kesan lusuh, jelek, bahkan tidak enak dipandang. Tapi, bagi mereka yang memang paham dan punya minat tersendiri dengan dunia desain, tema rustic jadi salah satu yang paling digemari belakangan ini.

Bukan tanpa alasan, tema rustic faktanya memang bisa jadi pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang mau mendekorasi rumah dengan nuansa earth-tone atau alam. Dengan sentuhan tema ini yang tentunya menyertakan berbagai dekorasi yang tepat, tampilan rumah yang dimiliki akan berhasil memberi kesan yang nyaman sekaligus memiliki kesan tentram.

Kamu termasuk yang tertarik dengan tema dekorasi rustic dan butuh inspirasi buat mendekor rumah? Kalau begitu bisa langsung cek deretan referensi berikut ya!

1. Kaki meja kayu

batang meja

Dimulai dari hal yang sederhana dan umum, kalau bicara soal tema rustic pasti akan selalu identik dengan perabotan berbahan dasar kayu. Sewaktu dipadukan dengan bagian atas berbahan kaca, nyatanya bisa menghasilkan meja yang lumayan estetik, kan?

2. Palet cermin

cermin

Penempatan barang dengan tema rustic yang sekaligus multifungsi, selain sebagai dekorasi berkat lapisan kayu yang ditempatkan pada bagian dinding, penyematan cermin nyatanya bisa sekaligus digunakan untuk bercermin bagi penghuni rumah.

3. Dipan kasur

dipan kasur

Minimalis nan sederhana tapi tetap terlihat elegan, dengan komposisi warna ruangan kamar yang didominasi warna putih dan sentuhan coklat sebagai warna khas dari desain kayu yang banyak digunakan pada tema rustic, bikin tampilan kamar jadi terlihat nyaman.

4. Gantungan cangkir

gantungan cangkir

Perabotan sederhana tapi kehadirannya bisa menarik perhatian, pohon pinus kecil dengan banyak cabang batang yang bisa dimanfaatkan untuk menggantung cangkir yang kamu miliki di rumah, bisa semakin mempercantik tampilan dapur.

5. Stand hanger

hanger

Gantungan yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis barang ini umumnya berbahan plastik atau besi. Tapi dengan tema rustic yang ingin diterapkan, kamu bisa mencari dan membeli yang bermaterial kayu, tampilannya unik kan?

6. Hiasan dinding

hiasan bingkai

Untuk memberi kesan dekorasi yang estetik dan menarik perhatian, jangan sekedar menempatkan figura potret keluarga secara sederhana, penambahan dekorasi atau kreasi rangkaian kayu seperti gambar di atas bisa bikin tampilan potret keluarga di rumahmu jadi lebih unik.

7. Pintu geser

kursi geser

Bukan cuma sebatas untuk tema perabotan barang-barang yang bisa dipakai, tema rustic juga bisa digunakan untuk konsep pintu geser salah satu ruangan. Supaya lebih maksimal bisa juga menyertakan cermin yang pasti akan sangat berguna bagi pemilik rumah.

8. Tempat duduk minimalis

kursi minimalis

Tempat duduk tentunya jadi hal yang gak boleh terlewat dimiliki oleh setiap rumah, kegunaannya bisa sangat bermanfaat ketika kedatangan tamu yang berkunjung. Coba curi perhatian mereka dengan kursi unik berbahan potongan kayu seperti ini deh.

9. Laci penyimpanan

laci penyimpanan

Kalau yang satu ini mungkin lumayan umum digunakan bahkan bagi mereka yang tidak menerapkan konsep rustic sekalipun, tapi aksen kayu yang khas dimiliki laci penyimpanan ini sudah pasti bisa jadi pelengkap yang pas untuk ruangan dengan tema dekorasi apapun.

10. Meja mini estetik

meja estetik

Pernah melihat meja dengan bentuk dan pola serupa tapi berbahan marmer? Jangan salah, versi berbahan kayu yang diperhalus sehingga tampilannya jadi lebih mengkilap nyatanya juga tak kalah bagus kok!

11. Meja makan kayu jati

meja kayu

Kalau yang satu ini mungkin bakal perlu merogoh kocek agak esktra, tapi tampilan, kualitas serta daya tahan yang bakal didapat pasti sebanding dengan harganya. Dan lagi, siapa sih yang bisa menolak pesona meja makan secantik ini?

12. Meja serbaguna

meja serbaguna

Bukan cuma sebatas meja tamu, meja kayu dengan bentuk yang unik bahkan bisa kamu tempatkan juga di sudut ruangan tertentu sebagai media simpan yang serbaguna, tentunya selain sebagai dekorasi yang dijamin menarik perhatian.

13. Meja toilet

meja toilet

Biar totalitas, konsep rustic bahkan bisa diterapkan ke bagian toilet sekalipun, dengan potongan kayu yang sengaja dibuat dengan pola abstrak pada bagian ujungnya, toilet di rumah dijamin bakal punya tampilan yang gak kalah menarik dengan yang ada di hotel berbintang.

14. Meja kayu murni

meja

Kalau sebelumnya penggunaan kayu di meja hanya sebatas bagian kaki yang dilengakapi dengan bagian atas berbahan lain, kali ini menggunakan material kayu yang tanpa dipoles juga gak ada salahnya kok! Tapi pastikan bagian permukaannya dibuat halus supaya tidak merusak barang yang diletakkan di bagian atasnya ya!

15. Media tanam hias

pot tanaman

Khusus bagi para pemilik rumah yang juga suka memelihara tanaman hias, supaya lebih totalitas sampai mendetail, kesan rustic juga bisa didapat dengan menggunakan potongan kayu sebagai media tanam untuk tanaman hias mini seperti kaktus atau sukulen.

16. Rak sepatu

rak sepatu

Penyimpanan alas kaki baik berupa sendal atau sepatu yang anti-mainstream! Dengan pola yang dimiliki pada potongan kayu asli yang unik, penyimpanan berupa rak sepatu ini bisa dengan leluasa ditempatkan di area depan rumah sekalipun, karena kehadirannya jelas gak akan merusak tampilan rumahmu.

17. Rak sudut rumah

rak sudut

Bagi kamu para pemilik rumah yang hobi membaca dan punya banyak sekali koleksi buku, ini inspirasi yang pas buat bikin ‘rumah’ untuk buku-buku kamu, dilengkapi dengan kursi khusus ritual membaca, berasa punya area perpustakaan pribadi ya.

18. Rak tanaman

rak tanaman

Ide lainnya bagi pencinta tanaman, tema rustic dengan nuansa alam bakal semakin terasa dengan dekorasi ini di area taman atau bahkan di dalam rumah sekalipun, rak dinding yang dibuat dengan material potongan kayu bakal sekaligus jadi dekorasi yang mencuri perhatian.

19. Kursi sekaligus meja

Rustic Modern Sofa Designs

Kalau yang satu ini juga termasuk gak selalu harus diterapkan bagi rumah dengan konsep rustic, tapi konsep kegunaan furniture satu ini memang sangat berguna, selain sebagai kursi santai di ruang keluarga tapi juga bisa digunakan sebagai meja kerja atau meja belajar untuk anak.

20. Tempat lilin

wadah lilin

Kalau di Indonesia, perabot macam ini bisa berguna banget sewaktu ada pemadaman listrik. Supaya tetap aman dan material kayu tidak terbakar, digunakan pemisah berbahan stainless atau besi tipis antara kayu dengan wadah untuk menempatkan lilin.

Itu dia ragam perabotan dan furniture yang bisa melengkapi dekorasi rumah berkonsep rustic yang udah kamu pilih, mana aja nih yang mau kamu jadikan referensi buat di rumah?

Loading…

0

Pendapat Anda?