SukaSuka

24 Gambar Contoh Dekorasi Tanaman di Setiap Sudut Rumah, Dijamin Sejuk

Walau menyita banyak perhatian, tenaga, waktu, dan tak jarang biaya, tak bisa dipungkiri kalau mendekorasi jadi hal paling menyenangkan dari memiliki rumah. Selalu ada rasa kepuasan tersendiri kalau setiap konsep dan desain yang sudah kita buat bisa memiliki hasil akhir yang indah dan tampilannya sesuai dengan apa yang direncanakan.

Dalam mendekor terutama untuk bagian dalam rumah, biasanya diperlukan perabotan berkualitas dengan material yang bagus apabila ingin mewujudkan dekorasi di setiap ruang yang sesuai idaman. Dan sudah pasti, diperlukan biaya ekstra buat mewujudkannya.

Padahal, tidak selalu harus dengan perabotan atau objek dekorasi yang mahal, dekorasi di setiap sudut rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan sesuatu yang ramah kantong sekaligus mempunyai manfaat, salah satunya tanaman.

Selain sebagai dekorasi dan penghias sudut rumah dengan nuansa alami, tentunya tanaman dengan jenis tertentu juga bisa memberikan kesegaran udara dan menciptakan suasana yang sejuk.

Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang beranggapan kalau tanaman hanya bisa ditempatkan di bagian luar ruangan rumah, seperti halaman depan, taman, dan teras. Padahal, tanaman juga bisa ditempatkan dalam ruangan, bahkan dimanfaatkan sebagai dekorasi yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Penasaran? Yuk langsung cek inspirasinya.

1. Teras masuk rumah

teras rumah

Yang paling umum dan utama, tanaman memang biasanya banyak ditempatkan di area depan rumah. Agar terkesan anti-mainstream, dekorasi dengan memanfaatkan bata yang barangkali dipunya dari sisa membangun rumah, hasilnya menarik, kan?

2. Tanaman vertikal

vertical garden semi outdoor

Sesuai namanya, bukan ditempatkan pada bagian lahan tanah, dekorasi tanaman ini dibuat secara vertikal pada media dinding, pilihan tepat untuk ruang semi outdoor layaknya halaman belakang.

3. Taman teras

bagian teras

Bukan taman yang bentuknya berada langsung pada tanah, taman bisa juga dibuat dengan area teras dengan media kayu atau penyimpanan tertentu, tak lupa didukung juga dengan tambahan penempatan tanaman di dinding.

4. Tanaman kamar

tanaman kamar

Jangan ragu buat menempatkan tanaman di area kamar sekalipun, kalau masih ragu buat menempatkan tanaman besar, coba yang berukuran kecil dengan model gantung seperti di gambar, dekorasi yang menarik!

5. Pohon tanaman

pohon pot

Tanaman yang dirangkai dengan perlengkapan gantung di tanaman yang lebih besar, tampilannya membuat dekorasi satu ini bisa disebut ‘pohon tamanan’ yang cocok ditempatkan di area taman atau teras sekalipun, unik ya?

6. Ruang televisi sejuk

ruang televisi

Tempat keluarga berkumpul menikmati tayangan televisi dengan suasana sejuk yang terasa berkat adanya beberapa tanaman yang digunakan sebagai dekorasi, jangan lupa pilih jenis tanaman yang ramah perawatan, ya.

7. Sudut ruang santai

sudut ruang santai

Bagi kalian pemilik rumah dengan konsep earthy tone, penggunaan beberapa tanaman seperti kaktus di bagian sudut ruangan bisa bermanfaat sebagai dekorasi pendukung yang selaras.

8. Tanaman untuk ruang elegan

penghias elegan

Tidak harus selalu menggunakan banyak tanaman, disesuaikan dengan jenis ruang dan kegunaannya seperti sudut duduk yang biasanya ada di area masuk rumah, keberadaan tanaman membuat ruangan tersebut terlihat elegan.

9. Tanaman dinding berbingkai

tanaman dinding

Inspirasi bagi kamu yang ingin menggunakan tanaman pada dinding ruang santai, agar dekorasi terlihat semakin menarik bisa sertakan rak berbentuk heksagon yang membuat ruangan semakin estetik

10. Rak tanaman dalam ruang

rak tanaman ruang tv

Jangan khawatir penempatan tanaman dalam ruangan akan membuat sempit, manfaatkan rak ringkas yang bisa memuat banyak tanaman di sisi yang minim sekalipun.

11. Sudut ruang tamu

penghias ruang keluarga

Curi perhatian tamu yang berkunjung ke rumah dengan dekorasi yang mencolok tapi asri, tanaman berjenis palem kuning ini juga bisa sekaligus berfungsi sebagai pembersih udara.

12. Kamar yang asri

tumbuhan kamar

Inspirasi tanaman di kamar tidur kali ini bagi kamu yang sudah lebih berani bereksplorasi menempatkan tanaman di ruang kamar, tidak hanya berupa pot gantung, tanaman hias di meja rias dan sudut kamar bisa membuat kamar menjadi sejuk

13. Selasar halaman

tanaman selasar

Tanaman lidah mertua memang punya kepopulerannya sendiri, karena tampilannya yang cantik bahkan tanpa ditempatkan pada pot sekalipun. Tanaman ini terlihat segar di mata siapapun yang melewatinya.

14. Rak dinding balkon

pot dinding balkon

Tinggal di apartemen? Bukan berarti kehabisan ide untuk mempercantik ruang dengan tanaman, balkon yang sempit sekalipun bisa dimanfaatkan dengan penempatan tanaman dinding seperti gambar di atas.

15. Hidroponik dapur

hidroponik di dapur

Tidak selalu harus di luar ruangan, menanam tanaman hidroponik pada sudut dapur yang dirancang khusus seperti gambar di atas bisa bermanfaat banyak, butuh selada saat ingin membuat hidangan? Tinggal ambil!

16. Rak tanaman mini

rak tanaman indoor 1

Siapa bilang rak untuk menempatkan banyak tanaman hanya bisa diletakkan di luar ruangan? Tidak selalu, bisa coba isi rak di sudut tertentu rumah kamu dengan tanaman mini nan mudah dirawat seperti kaktus atau tanaman sukulen.

17. Vertikal garden ruang tamu

vertical garden ruang tamu

Tanpa perlu mengunjungi kafe atau tempat hangout dengan desain estetik, kamu bisa memilikinya sendiri di rumah. Tamu yang berkunjung pun pasti akan langsung terpukau dengan rangkaian tanaman vertikal ini.

18. Teras asri

teras belakang

Berkumpul di sore hari bersama keluarga di halaman belakang, dengan furniture kayu didukung bermacam tanaman hijau yang asri, suasana sejuk pasti kental terasa.

19. Penghias tangga

penghias tangga

Dekorasi tanaman yang belum pernah terbayang sebelumnya, buat pembatas tangga dengan material minim, sisanya biar tanaman yang bekerja sebagai pencuri perhatian.

20. Partisi tanaman gantung

partisi tanaman

Out of the box! Partisi berupa rangkaian tanaman gantung yang menjadi pemisah antara ruang makan dengan ruang keluarga. Selain asri, kesan estetik sekaligus elegan ini bisa kamu miliki di rumah sendiri.

21. Partisi rak tanaman

tanaman partisi

Partisi tanaman kali ini lebih minim dan mudah dibuat, tapi tidak kalah mencuri perhatian. Dengan berbagai macam tanaman berukuran kecil yang ramah tempat, furniture nuansa hitam sekalipun bisa diseimbangkan dengan tanaman yang ada.

22. Tanaman di toilet

tanaman toilet

Toilet sekalipun tetap bisa menjadi area untuk menempatkan tanaman, bukan hanya sebagai penghias, kehadiran tanaman juga bisa menyeimbangkan suhu yang lembab di toilet.

23. Penetral udara di sudut ruang

sudut ruang keluarga

Bibit pohon pisang dan tanaman lidah mertua memang dikenal sebagai tanaman pembersih udara terbaik, tidak heran kalau kedua jenis tanaman ini banyak dimiliki dan ditempatkan pada ruang rumah yang bisa digunakan untuk berkumpul agar sejuk.

24. Penghias yang elegan

sudut ruang tamu

Tanaman lidah buaya juga jadi salah satu pembersih udara yang baik. Dengan bentuknya yang unik, tanaman ini cocok ditempatkan dengan ruang yang memiliki konsep elegan dan minimalis.

Itu dia deretan inspirasi untuk mendekorasi setiap sudut rumah dengan tanaman, gambar mana yang tertarik buat kamu coba di rumah?

Loading…

0

Pendapat Anda?