SukaSuka JelekJelek CakepCakep

24 Jenis Tanaman Terbaik Sebagai Pembersih Udara, Cocok Disimpan dalam Rumah

Hobi mengoleksi tanaman semakin digemari banyak orang, popularitas tanaman hias baik untuk di dalam ataupun luar ruangan rumah meningkat dan berhasil menarik perhatian banyak peminat.

Bukan tanpa alasan atau hanya sebatas jadi trend sesaat, nyatanya memang banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengoleksi berbagai macam tanaman, selain untuk keindahan agar tampilan rumah menjadi lebih asri dan sejuk, tanaman juga menjadi salah satu objek dekorasi terjangkau yang bisa menambahkan lebih banyak warna alam untuk rumah.

Beberapa jenis tanaman bahkan ada yang memiliki fungsi utama membersihkan atau menjernihkan udara di lingkungan sekitar. Tapi, apa saja jenis tanaman yang benar-benar punya fungsi untuk menjernihkan udara dalam ruangan secara alami? Berikut daftarnya.

1. Spider plant (lili paris)

Spider Plant Lili Paris

Tanaman lili paris membantu menghilangkan bahan kimia beracun berbahaya salah satunya yang berasal dari asap tembakau, cocok digunakan untuk mentralisir ruangan yang barangkali terkontaminasi oleh asap rokok. Penempatan tanaman ini bisa dengan cara digantung atau diletakkan sebagai dekorasi rumah.

2. Bamboo palm (palem kuning)

Bamboo Palm Palem Kuning

Pohon bambu bisa tumbuh cukup besar dan bekerja dengan baik untuk membersihkan udara. Tanaman ini bisa tumbuh sempurna dengan bantuan sinar matahari yang baik.

3. Kimberly queen fern (pakis)

Kimberly Queen Fern Tanaman Paku Pakis

Tanaman paku atau dikenal juga dengan nama pakis ini tidak hanya menambah keindahan pada rumah, tetapi juga sangat baik dalam menghilangkan bahan kimia beracun yang berasal dari asap tembakau atau asap knalpot kendaraan yang mungkin terparkir di bagian garasi.

4. English ivy (daun ivi)

English Ivy Daun Ivi

Tanaman ini jadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan sebagai pembersih udara, daun ivi bisa tumbuh dengan baik dalam pot kecil sekalipun dan sangat tepat dijadikan sebagai tanaman gantung karena bentuk pertumbuhannya yang merambat ke arah bawah. Bahkan, tanaman ini bisa diperbanyak dengan mudah melalui metode stek.

5. Golden pothos (sirih gading)

Golden Pothos Sirih Gading

Tanaman ini juga punya bentuk pertumbuhan secara merambat sehingga tampilannya cukup unik, biasanya digunakan untuk menghias pekarangan atau ruangan dalam rumah. Sirih gading berfungsi untuk menetralisir racun dari udara dan menghasilkan udara yang segar sebagai gantinya.

6. Boston fern (paku gunung)

Boston Fern Paku Gunung

Tanaman lain dari keluarga paku yang berjenis paku gunung ini terlihat cocok bila ditempatkan di pot gantung. Sama seperti tanaman paku lainnya, paku gunung ini dapat menghilangkan racun dari asap tembakau dan asap kendaraan.

7. Flamingo lily

Flamingo Lily

Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah cerah yang akan menarik perhatian siapa saja saat mekar. Flamingo lily sangat cocok diletakkan pada ruangan dengan suhu lembab sebagai penyeimbang seperti ruang cuci atau toilet.

8. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe Vera Lidah Buaya

Selain kandungan dengan banyak manfaat bagi wajah dan rambut, ternyata lidah buaya bisa bermanfaat sebagai pembersih udara dan bisa dengan mudah tumbuh subur di ruangan yang hangat dan terang. Pernah melihat lidah buaya dengan daun yang memiliki bercak coklat? Tandanya, lidah buaya tersebut telah menangkal bahan kimia berbahaya yang ekstrim.

9. Chinese evergreen (Sri rezeki)

Chinese Evergreen Sri Rezeki

Ada berbagai macam jenis tanaman yang lebih dikenal dengan nama sri rezeki ini di Indonesia. Tanaman ini termasuk jenis yang sangat mudah untuk tumbuh, bisa tumbuh dengan subur pada tanah yang dikeringkan dengan baik, dan suhu yang lembab dengan kondisi cahaya sedang hingga rendah sekalipun.

10. Lady palm (palem waregu)

Lady Palm Palem Waregu

Salah satu tanaman yang lumayan sering dijumpai ini juga cocok untuk ditempatkan dalam ruangan yang lebih luas, dikenal bagus untuk menjernihkan udara yang berasal dari asap yang berasal dari kegiatan rumah tangga.

11. Weeping fig (waringin)

weeping fig beringin atau waringin

Dikenal juga dengan nama beringin atau ara, tanaman jenis ini sangat populer dan bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 10 kaki. Sama seperti kebanyakan tanaman pembersih lainnya, waringin lebih menyukai sinar matahari tidak langsung dan hanya perlu disiram sekali dalam seminggu untuk pertumbuhannya yang sehat.

12. Dumb canes (daun bahagia)

dumb canes daun bahagia

Di kalangan penjual tanaman hias, tanaman satu ini disebut daun bahagia atau bunga bahagia. Tidak perlu diragukan manfaatnya karena tanaman ini mampu membuang banyak racun di lingkungan sekitar

13. Gerbera daisy (herbras)

Gerbera Daisy Herbras

Tidak hanya tampilan indahnya yang menarik perhatian dan bisa menambah warna pada rumah, tanaman hias ini bisa mengeluarkan racun dari udara dengan mudah jika ditempatkan di dalam ruangan.

14. Rubber plant (karet merah)

Rubber plant karet merah

Termasuk salah satu tanaman dalam ruangan yang kuat dengan perawatan yang sangat mudah, hanya membutuhkan cahaya matahari secara tidak langsung. Hanya butuh penyiraman dua minggu sekali saat musim dingin dan seminggu sekali saat musim panas.

15. Broadleaf lady palm (palem jari)

Broadleaf Lady Palm Palem Jari

Jenis tanaman palem lainnya yang cocok untuk ditempatkan pada bagian sudut rumah, dikenal efektif dalam menghilangkan berbagai jenis bahan kimia beracun di udara.

16. Dracaena

Dracaena

Tanaman jenis ini punya banyak jenis dan semuanya efektif dalam menghilangkan berbagai jenis bahan kimia beracun dari udara yang umum terdapat dalam rumah.

17. Philodendron

Philodendron

Walau bisa tumbuh dengan ukuran yang cukup besar, cara pemeliharaan tanaman ini tidak rumit. Tergolong jenis tanaman yang tahan panas dan bisa ditanam di mana saja baik di taman maupun teras sebagai tanaman indoor.

18. Kalanchoe

Kalanchoe

Kalanchoe memiliki bagian bunga yang cantik dan bisa menambah daya tarik rumah kamu, tanaman jenis ini cocok ditanam pada pot kecil dan ditempatkan pada rak dan meja.

19. Fiddle leaf fig (kimunding)

Fiddle Leaf Fig Kimunding

Kimunding termasuk tanaman dalam ruangan yang indah dan elegan, tepat sebagai dekorasi yang bagus untuk kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kerja. Kamu juga bisa menggunakan tanaman ini untuk membuang racun di area rumah.

20. African violets (violet Afrika)

African Violets Violet Afrika

Selain tampilan bunga yang indah dan daun yang unik, violet Afrika jadi pilihan yang tepat untuk mendekorasi rumah sekaligus membantu menghilangkan semua jenis racun kimia dari udara, lalu menggantinya dengan udara yang dimurnikan.

21. Chrysanthemum (krisan)

Chrysanthemum Krisan

Bisa dijumpai dengan berbagai macam warna bunga yang indah, krisan juga dikenal sangat efektif dalam menghilangkan racun yang berasal dari asap tembakau dan asap rumah tangga.

22. Orchids (anggrek)

Orchids Anggrek

Termasuk salah satu jenis tanaman hias yang umum dijumpai, anggrek adalah tanaman berbunga lain yang bisa membersihkan udara di sekitar ruangan rumah. Bahkan, anggrek berjenis ngengat bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya tertentu.

23. Snake plant (lidah mertua)

Snake plant Lidah Mertua

Termasuk favorit bagi sebagian besar pencinta tanaman, lidah mertua dikenal sebagai sumber tanaman utama yang ampuh untuk menghilangkan berbagai jenis bahan kimia yang terdapat pada udara di lingkungan sekitar rumah.

24. Banana tree (tanaman pisang)

Banana tree tanaman pisang

Tentu bukan tanaman pisang besar yang terdapat di area perkebunan, tanaman pisang berukuran kecil yang lebih ramah sebagai tanaman hias di area rumah juga dikenal ampuh untuk menetralisir zat kimia dari asap tembakau.

Itu dia ragam jenis tanaman hias dalam ruangan yang selain indah tapi juga punya manfaat membersihkan udara segar agar lebih menyehatkan bagi pemilik rumah, mana di antara tanaman di atas yang sudah atau belum kamu punya?

Loading…

0

Pendapat Anda?