25 Cara Seru, Unik dan Asik Bermain Sambil Belajar Berhitung Sekaligus Mengenalkan Angka pada Anak

Belajar berhitung atau mengenalkan angka kepada anak balita di tingkat paud dan TK tidaklah seperti mengajarkan cara berhitung kepada anak usia SD. Masa balita adalah masa bermain, anak akan antusias belajar mengenal angka dan berhitung jika metodenya menyenangkan dan tidak monoton.

Anak-anak bisa dilatih untuk berfikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya. Untuk itu, guru atau orang tua haruslah berfikir kreatif agar anak mampu dan bisa menerima pelajaran dengan menyenagkan.

Terkadang anak-anak tidak mau sekolah bukan tanpa alasan, bisa jadi mereka bosan dengan suasana kelas yang itu-itu saja dan kurang menyenangkan. Berikut Temonggo rangkumkan 25 cara belajar mengenalkan nomor atau angka yang seru, unik dan asik untuk anak balita. Cocok untuk di terapkan di sekolah paud ataupun TK, dijamin anak akan suka dan cepat menguasai angka. Silahkan dipilih dan sesuaikan tempatnya, metode-metode berikut ini bisa di terapkan untuk aktivitas indoor ataupun outdoor.

1. Membuat titik sesuai angka

© Busytoddler.com – Buat titik sejumlah angka, anak-anak pasti suka dengan metode ini.

Ini metode yang paling sederhana, guru atau orang tua menuliskan angka 1 sampai 10 di kertas besar, kemudian di beri titik sejumlah angka tersebut, kemudian anak suruh mewarnai titik tersebut sambil menghitung ada berapa titik. Atau kalau usia anak sudah agak besar dan bisa berfikir, cukup tuliskan nomor saja, suruh anak memberi titik-titik sendiri pada nomor-nomor tersebut.

2. Ikuti urutan nomor

© Handsonaswegrow.com – Metode untuk outdoor, berjalan mengikuti urutan nomor.

Kalau anak-anak bosan belajar di kelas, cobalah belajar di luar. Buat garis-garis di halaman, semacam permainan engklak, tapi ini kotak-kotaknya ada banyak. Tulis beberapa nomor di dalam kotak secara acak, tapi berurutan, jangan dipencar-pencar. Suruh anak berjalan sesuai dengan urutan nomor yang telah diacak.

3. Membuat Es Krim

© Education.com – Membuat eskrim sambil belajar nomor dan angka.

Buatlah potongan-potongan dari kertas warna, buat semacam segitiga untuk contong es krimnya, dan lingkaran bulat-bulat untuk esnya. Tuliskan angka pada contong es krim, anak-anak suruh nempelkan bulatan-bulatan di atasnya sesuai dengan jumlah angka yang tercantum. Tempel menggunakan lem atau solasi bolak balik.

4. Menghitung kue di toples

© Totschooling.net – Bukan kue beneran, tapi kue dan toples yang sudah diprint di kertas.

Buat gambar toples di kertas, kemudian bikin lingkaran-lingkaran di dalamnya dan kasih angka. Buat bulatan-bulatan di kertas lain dan berikan titik-titik sesuai angka yang diinginkan, kemudian potong-potong, beri slotip atau solasi bolak balik, suruh anak-anak untuk menempel sesuai hitungan titik yang telah dibuat. Atau kalau mau lebih mudah, kunjungi saja Totschooling.net untuk mondownload bahan yang siap diprint, sehingga lebih menghemat waktu.

5. Belajar berhitung menggunakan botol plastik

© Theimaginationtree.com – Belajar menghitung menggunakan botol air mineral.

Botol plastik dari air mineral juga bisa untuk kegiatan belajar mengajar. Siapkan botolnya, beri tulisan angka atau kalau mau fleksibel bisa ditempel pakai kertas. Beri warna kalau mau sekaligus belajar mengenalkan warna. Siapkan kapas atau kertas tisu yang telah dibulatkan, kemudian celupkan ke dalam warna dan keringkan. Minta anak untuk memasukkan bulatan-bulatan sesuai dengan jumlah yang tertera di botol dan sesuai dengan warna yang telah di tentukan.

6. Berhitung menggunakan tutup botol

© Learnwithplayathome.com – Tutup botol juga bisa digunakan untuk belajar menghitung.

Kalau tadi belajar menghitung menggunakan botol, sekarang kita menggunakan tutup botolnya. Buat lingkaran-lingkaran di kertas, sebagian dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam tutup botol, dan sebagian lagi di kertas. Ambil dua buah dadu, kemudian mainkan, minta anak untuk menempelkan sejumlah titik dadu yang tertera.

7. Berhitung menggunakan pasir mainan

© Learnwithplayathome.com – Gambar diatas menggunakan garam, tapi bisa diganti dengan menggunakan pasir.

Pasir ternyata juga bisa untuk dibuat belajar berhitung dan mengenalkan angka.Sediakan tempat untuk pasirnya, siapkan kertas dengan titik-titik angka untuk soalnya. Atau bisa juga kertas denga soal penambahan. Anak-anak diminta untuk menulis jawaban di pasir. Ini lebih menyenangkan daripada cuman menulis soal di kertas. Kalau mau menggunakan pasir mainan juga bisa, lihat 4 cara sederhana membuat pasir mainan agar anak lebih menikmati aktivitas belajarnya.

8. Belajar berhitung menggunakan roll tisu

© Learning4kids.net – Roll tisu juga bisa digunakan untuk belajar berhitung.

Siapkan roll tisu, bungkus dengan kertas kado agar lebih menarik, beri tempelan angka menggunakan kertas. Siapkan juga stik es krim, kalau gak punya bisa pakai ranting kayu, warnai agar lebih menarik. Suruh anak-anak memasukkan kayu sesuai dengan jumlah angka yang tertempel.

9. Menggunakan kertas bolu

© Fortheloveoflearningblog – Kertas bolu juga bisa digunakan untuk belajar.

Siapkan kertas bolu, plus cetakannya juga gak masalah kalau ada. Kalau gak ada ya kertas bolunya saja. Tulis nomor dan angka di dalamnya, kemudian minta anak untuk memasukkan benda-benda kecil ke dalam dengan jumlah sesuai angka yang tercantum. Bisa menggunakan kancing baju atau makanan cikhi-cikhian.

10. Mengenalkan angka sambil bermain

© Christina Clinton / Pinterest – Belajar lebih menyenangkan menggunakan gambar ulat.
© Momstotschool – Gambar ulat dipadukan dengan kapas yang telah diwarnai, ini sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Ternyata tidak semua ulat itu menjijikkan, ini ada ulat yang unyu-unyu dan bisa untuk dibuat metode pembelajaran 😀

11. Game pocket number

© Toddlerapproved.com – Permainan sederhana tapi bisa untuk mengasah kemampuan berhitung anak-anak.

Siapkan kertas, buat semacam amplop dan kasih nomor lalu tempelkan di dinding. Siapkan juga stik eskrim yang sudah ditulis nomor. Anak-anak diminta untuk memasukkan ke amplop yang sesuai dengan nomornya. Atau bisa juga stiknya dikosongin tanpa nomor, anak diminta memasukkan sejumlah stik sesuai angka yang tercantum di pocket. Kalau gak punya stik pake aja ranting kayu atau lidi.

12. Bermain puzzle sambil belajar berhitung

© Missgiraffesclass – Bermain puzzle juga bisa menjadi salahsatu metode pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Buat sebuah desain kotak di komputer, kemudian kasih beberapa gambar dan juga angka. Lalu print dan potong-potong agar membentuk puzzle yang bisa dimainkan anak-anak.

13. Bermain denga wortel

© Housingaforest.com – Bukan wortel beneran, melainkan wortel yang dibuat dari kertas untuk sebuah permainan dan pembelajaran.

Gunting kertas membentuk segitiga yang menggambarkan seperti wortel dan beri tulisan angka, lalu gunting beberapa kotak memanjang untuk bagian atasnya. Anak-anak diminta untuk menempelkan daun yang berbentuk kotak sesuai dengan jumlah angka yang tertulis.

14. Menyusun angka menggunakan gelas plastik

© Activity-mom.com – Menyusun angka menggunakan gelas plastik.

Tuliskan angka di gelas plastik, kemudian anak-anak diminta untuk mengurutkan. Gunakan gelas plastik yang kalau disusun ujungnya masih kelihatan sedikit.

15. Berhitung menggunakan gelas plastik

© Planningplaytime.com – Manfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk kegiatan pembelajaran kreatif.

Gelas plastik juga bisa dimanfaatkan, beri tulisan angka pada gelas, lalu anak-anak diminta untuk membuat lubang diatasnya dan memasukkan lidi sesuai dengan angka yang tertera.

16. Menggunakan jepitan baju

© Childcareland – Jepitan baju juga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran yang menyenangkan.

Buat beberapa kertas berbentuk kotak, pakai kertas warna agar lebih menarik, tulis angka di kertas kemudian laminating. Ambil jepitan baju, minta anak-anak untuk menjepitkan sesuai dengan angka yang tercantum.

17. Biji dan dedaunan pun bisa digunakan

© Fun-a-day.com – Biji atau dedaunan yang di jalanan bisa dimanfaatkan untuk belajar matematika di halaman rumah.

Manfaatkan dedaunan atau biji-bijian yang ada di halaman. Ini juga berguna untuk meltih anak-anak membersihkan sampah di halaman. Tulis angka di halaman, lalu anak-anak disuruh mengumpulkan sampah sesuai dengan angka yang tertulis.

18. Menggunakan kertas klip

© Teacherspayteachers.com – Kertas klip yang murah meriah pun bisa untuk digunakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.

Buat tulisan nomor di kertas memanjang, beri lubang di bawahnya. Siapkan paper clip dan suruh anak-anak mengaitkan sesuai dengan angka yang telah ditentukan.

19. Menggunakan playdough

© Lifeovercs.com – Manfaatkan playdough untuk belajar angka dan berhitung agar lebih menyenangkan.

Playdough juga bisa digunakan untuk belajar berhitung dan pengenalan angka yang menyenangkan. Download template angka dan nomor untuk diprint di Lifeovercs.com kemudian siapkan playdoughnya, anak-anak tinggal membentuk playdough sesuai angka yang tertera.

20. Menggunakan lego

© frugalfun4boys.com – Gunakan lego untuk membuat anak lebih tertarik kepada pelajaran berhitung.

Lego juga bisa untuk mengasah kemampuan berhitung anak-anak. Tulis nomor atau angka di sebuah kertas, kemudian jajarkan. Suruh anak untuk menyusun lego sesuai dengan jumlah angka yang tercantum.

21. Menggunakan jarum pin dan karet

© Aneverydaystory.com – Menggunakan karet, papan dan jarum pin untuk belajar berhitung.

Gunakan papan, jarum pin dan karet untuk mengasah ketrampilan anak-anak dalam berhitung. Susun angka secara acak, kemudian beri pin dengan jarum, lalu anak-anak disuruh untuk menghubungkan urutan angka menggunakan karet.

22. Membuat bahan ajar interaktif untuk belajar berhitung

23. Pohon berhitung

24. Berhitung lebih menyenangkan dengan metode sederhana

25. Menggunakan paper plate

© Prekpeeps / Instagram – Paperplate juga bisa dimanfaatkan untuk belajar interaktif.

Piring kertas juga bisa untuk mengasah kemampuan berhitung anak. Tuliskan angka di piring, kemudian siapkan kapas bulat-bulat yang sudah diwarnai, anak diminta untuk menaruh kapas di piring sesuai dengan jumlah angka yang telah ditemtukan.

Demikian 25 cara mengasah kemampuan anak paud untuk berlatih berhitung dan mengenalkan angka dengan metode yang menyenangkan. Punya ide lainnya? silahkan posting di kolom komentar untuk memberi ide lainnya. Selamat mencoba, jangan lupa untuk memberitahu temen-temen yang lain agar ikut mencoba.

Bagaimana pendapatmu

91 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

Membuat Dekorasi dan Hiasan Dinding Sederhana Menggunakan Kertas, Biayanya Murah Tapi Hasilnya Mewah

15 Inspirasi Gaya Pose Foto di Pantai Menggunakan Lukisan Pasir 3D, Sangat Cocok Untuk Menghias Instagram