3 Pertanyaan Ajaib Ini Wajib Anda Tanyakan Kepada Anak Setiap Malam Agar Mereka Merasa Diperhatikan

1 min


-1
390 shares, -1 points

Anak-anak membutuhkan perthatian dan kasih sayang secara seimbang. Terlalu memperhatikan detail kelakuan anak-anak akan membuat mereka meresa terkekang, terlalu berlebihan dalam kasih sayang juga bisa membuat mereka tumbuh menjadi anak yang manja.

Keberadaan kedua orang tua sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Tuntutan kerja di luar rumah kadang harus memisahkan peran orang tua dalam mendidik anak-anak. Apalagi jika kedua orang tua, ayah dan ibu sama-sama bekerja di luar rumah, biasanya anak di titipkan kepada pengasuh.

Bekerja memang sebuah kewajiban, tapi tentu saja kewajiban ayah yang lebih utama. Kewajiban ibu sebenarnya adalah mendidik anak-anak di rumah. Tapi bagaimana kalau ayah dan ibu harus bekerja di luar rumah? bagaimana cara merekatkan hubungan dengan anak-anak?

Berikut ada 3 pertanyaan ajaib yang wajib anda tanyakan sebagai bahan obrolan untuk merekatkan hubungan dengan anak-anak. Pertanyaan-pertanyaan ini sangat cocok untuk para orang tua yang ingin membangun hubungan lebih dekat dengan anak-anak mereka.

Sebelum tidur adalah waktu yang berkualitas untuk keluarga

Waktu sebelum tidur adalah salah satu waktu yang berkualitas bagi keluarga, untuk itu Anda harus memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin. Jika Anda tidak bisa mendongeng untuk pengantar tidur, atau tidak punya bahan obrolan untuk sekedar menyapa anak-anak, sebaiknya Anda tanyakan tiga pertanyaan ajaib berikut ini.

  1. 1 Apa yang membuatmu bahagia hari ini?

    © freepik.com

    Anak-anak biasanya suka bercerita, hanya saja kalau hubungan orang tua kurang dekat, mereka lebih suka diam dan memendam.

    Tanyakan hal-hal yang membuat mereka tertawa hari itu, entah itu di sekolahan, di taman, di rumah atau dimana saja. Tanyakan apa yang membuat mereka tertawa bahagia pada hari itu.

  2. 2 Apa yang membuatmu sedih hari ini?

    © freepik.com

    Dengan pertanyaan ini, anak-anak akan mengeluarkan seluruh keluh kesah yang ada di hatinya.

    Semua kesedihan yang dia alami pada hari itu akan dia ungkapkan, termasuk jika orang tua jarang di rumah atau teman-teman yang menyebalkan di sekolah.

    Anda tidak harus menjawab kesedihan hati anak-anak dengan kata-kata yang panjang. Cukup dengarkan saja mereka bercerita, lalu tenangkan dengan ucapan yang sederhana tapi mengena.

    Misal, jika dia sedih karena orang tua sering pergi atau jarang di rumah, Anda bisa menenangkannya dengan menjanjikan liburan keluarga setiap akhir pekan.

    Tapi ingat, jika Anda sudah berjanji kepada anak, jangan sekali-kali melanggar janji tersebut. Anak-anak sangat benci dengan orang tua yang tidak menepati janji.

  3. 3 Apa yang bisa kamu pelajari hari ini?

    © freepik.com

    Pertanyaan ini bukan bermaksut untuk bertanya tentang pelajaran di sekolahan, tapi lebih ke pengalaman baru yang di dapat anak-anak pada hari ini.

    Misalnya dia melihat suatu kejadian, atau mendengar kisah dari seseorang, dia bisa menyimpulkan dan mendapat pelajaran dari kejadian-kejadian tersebut.

    Tanyakan kepada anak-anak, apakah hari itu dia mendapat pengalaman baru, atau apa yang bisa dia pelajari saat menjalani aktivitas pada hari itu.

Anak-anak akan merasa diperhatikan oleh orang tua

Itu tiga pertanyaan ajaib yang bisa Anda tanyakan kepada anak-anak sebagai bahan obrolan sebelum tidur. Disamping bisa untuk menambah kerekatan hubungan keluarga, juga bisa menentramkan hati anak-anak karena mereka merasa diperhatikan.


Like it? Share with your friends!

-1
390 shares, -1 points

What's Your Reaction?

hate hate
86
hate
confused confused
53
confused
fail fail
27
fail
fun fun
17
fun
geeky geeky
8
geeky
love love
70
love
lol lol
78
lol
omg omg
52
omg
win win
26
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission