3 Reality Show Korea yang Membahas tentang Kehidupan Islam

Menjadi seorang muslim di negara minoritas Islam bisa dikatakan tidak semudah yang Anda bayangkan. Mulai dari tempat ibadah yang sangat jarang ditemui, hingga makanan layak konsumsi atau halal yang susah didapatkan. Sebaiknya ketika orang muslim ingin melancong ke negara yang memiliki penduduk mayoritas bukan Islam, lihat dulu karakteristik dari negara tersebut dan bagaimana keadaan penduduknya dalam menyikapi agama Islam.

Meski Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia yang memiliki jutaan pengikut, ada beberapa bagian negara tertentu yang masih awam dan melihat Islam sebagai agama yang terlalu tertutup serta menyeramkan. Kebanyakan penduduk dunia tidak mengetahui bahwa Islam sebenarnya adalah agama yang indah dan sempurna. Memegang teguh iman ketika berada di negeri orang yang mayoritas bukan Islam itu lumayan susah.

Salah satunya adalah Korea. Negara ginseng ini memiliki satu masjid besar di pusat kota Seoul, tetapi masih banyak penduduk Korea yang tidak memahami Islam, justru menganggapnya mengganggu atau menjadi bahan guyonan. Jadi, jangan heran apabila orang – orang akan melihat dengan aneh ketika kita mengerjakan ibadah sholat di Korea.

Perkembangan jaman dan acara televisi yang semakin hari semakin menarik, membuat warga Korea mulai mendalami dan melihat bagaimana agama Islam itu sendiri. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa reality show Korea yang membahas tentang Islam, dalam beberapa eality show ini, anda akan melihat bagaimana perjuangan saudara – saudara muslim mempertahankan agamanya di negara yang mayoritas bukan muslim, antara lain adalah :

1. My neighbour, Charles

Beberapa episode yang ditayangkan oleh reality show ini membahas tentang sebuah keluarga Muslim yang bertahan hidup dengan tetap memegang teguh keyakinannya. Kerasnya kehidupan seorang Muslim di Korea dirangkai dengan sangat apik hingga menjadi pelajaran bagi warga Korea itu sendiri dalam menyikapi Islam yang saat itu masih disikapi dengan cukup sinis.

Anda akan melihat bagaimana larangan meminum alkohol dan memakan babi menjadi sebuah tantangan paling berat untuk penduduk Muslim di Korea, yang harus rela kelaparan dan memakan ikan mentah daripada memilih tempat yang menjual alkohol dan makanan – makanan berbahan dasar babi.

Di kesempatan lain, acara ini menayangkan sebuah keluarga dari Afganistan yang mencari suaka di Korea. Kehidupan yang jauh di bawah pas – pasan dan sang ayah yang harus menghidupi ke 6 anaknya dengan bekerja serabutan. Di Korea sangat sulit untuk menemukan pekerjaan dan untuk membuka suatu usaha tertentu harus melewati berbagai tes terlebih dahulu. Hal ini tidak dapat dilakukan sang ayah karna masih belum dianggap warga Korea yang sesungguhnya.

2. Invincible Youth

Pada salah satu episode yang ditayangkan di TV Korea ini mendatangkan bintang tamu dari Pakistan, seorang pelajar yang mendalami ilmu Teknik Sipil di salah satu universitas teknik terbaik di Korea. Dalam acara ini diperlihatkan bagaimana beberapa pemuda asing dari berbagai negara di ajak berkeliling di Korea, mempelajari budaya Korea sekaligus bertukar kebudayaan dengan para pemuda asing itu sendiri. Pemuda pakistan dengan nama Ousman ini beberapa kali harus meminta bus berhenti selama perjalanan untuk menunaikan ibadah sholat. Nah, menarik bukan?
Bagaimana seorang muslim tetap memegang teguh keyakinannya meski sedang tayang live di stasiun televisi Korea. Bagaimana dengan kita yang berada di negara mayorias?

3. Abnormal Summit

Reality show yang satu ini bercerita banyak mengenai karakter berbagai negara di dunia. Dimana di setiap episode kita bisa melihat bintang tamu yang baru dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Perwakilan dari setiap negara di dunia akan memperlihatkan keindahan dan budaya dari negara mereka sendiri. Mirip seperti sidang PBB tetapi wakilnya bukan plotisi, atau perwakilan langsung dari pemerintah. Hal inilah yang membuat reality show ini tetap lucu dan menarik untuk disaksikan. Menambah pengalaman sekaligus melihat bagaimana karakter orang – orang dari berbagai negara yang berbeda – beda dikumpulkan pada satu tempat yang sama.

Zahid Hussain, Pria yang mewakili Pakistan dalam acara obrolan internasional ini adalah project manager CK Solar Co. Dalam acara ini, dia seringkali membagikan cerita tentang budaya orang Islam di negaranya, yang pastinya nggak jauh beda dari kehidupan muslim di Indonesia.

Itulah tiga reality show di Korea yang membahas tentang kehidupan orang Islam. Sekedar himbauan saja, bagi anda yang ingin berjalan – jalan di Korea, bawalah bekal makanan halal yang cukup.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

Ayam atau Telur, Manakah yang Lebih dulu? Ini Jawaban Menurut Logika, Sains dan Agama

9 Bahaya Penggunaan Obat Nyamuk Bakar yang Jarang Diketahui