4 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Telinga

Telinga memiliki karakteristik yang agak berbeda dengan bagian tubuh lainnya. Dimana penyakit yang menjangkiti telinga lebih kepada bagaimana anda bisa merawat kesehatan organ pendengaran itu sendiri. Kerusakan pada gendang telinga dapat terjadi oleh beberapa hal sepele yang mungkin anda lupakan. Berikut adalah beberapa penyebab dari gangguan pada organ pendengaran yang mungkin sering anda lakukan, antara lain adalah :

  • Jarang membersihkan telinga.

Telinga memiliki fungsi untuk menangkap gelombang suara dengan besar gelombang tertentu dan sangat rawan dimasuki oleh benda asing atau kotoran. Kotoran – kotoran inilah yang tertumpuk di dalam lubang telinga yang harus sering – sering dibersihkan. Membersihkan telinga secara rutin dan benar akan menjauhkan banyak gangguan kesehatan pada organ pendengaran.

  • Membersihkan telinga dengan cara yang salah.

Membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud sebenarnya tidak terlalu dianjurkan, karna kemungkinan cotton bud justru mendorong kototran – kotoran masuk lebih dalam di telinga sangat besar terjadi. Belum lagi kemungkinan cooton bud mengenai organ sensitif di dalam telinga yang akan berakibat fatal seperti gendang telinga itu sendiri. Sebenarnya telinga memiliki mekanisme tersendiri untuk mengeluarkan kotoran. Dengan mengeluarkan sejenis cairan lilin akan memaksa kotoran untuk keluar. Anda hanya perlu membersihkan bagian – bagian di sekitar telinga menggunakan handuk secara lembut.

• Jangan terlalu sering menggunakan headset

• Hindari suara yang terlalu keras

• Menjaga telinga untuk tetap kering

Macam – macam gangguan yang bisa dialami oleh telinga antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tuli konduktif, dimana telinga tidak dapat mendengar karna gangguan – gangguan pada bagian penghantar getaran suara yang diakibatkan oleh penyumbatan di saluran telinga oleh minyak serumen. Minyak serumen merupakan sejenis minyak yang dihasilkan oleh telinga untuk mengeluarkan kotoran – kotoran di dalam telinga. Akan tetapi, pada kondisi ini minyak serumen telah membeku terlebih dahulu di dalam telinga sebelum sempat keluar sehingga menyebabkan telinga tersumbat. Penyebab lain dari tuli konduktif adalah pecahnya membran timpani dan saraf pendengaran yang rusak.

2. Gangguan pendengaran sensorineural yang disebabkan oleh rusaknya sel rambut di dalam koklea.

3. Gangguan pendengaran campuran, merupakan gangguan pada pendengaran yang diakibatkan oleh campuran antara gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif.

4. Gangguan pendengaran saraf yang terjadi akibat dari saraf auditori yang tidak mampu mengirim sinyal keotak.

Makanan – makanan yang bisa anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan organ pendengaran antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kalium

Makanan yang mengandung banyak kalium terbukti mampu menjaga kadar cairan dalam darah. Kemampuan ini dapat membantu telinga yang harus mengikat darah dan memberikan hasil proses yang tidak lebih sedikit melepas cairan. Sehingga telinga akan menjadi lebih kering dan itu bagus. Contoh – contoh makanan yang mengandung banyak kalium adalah bayam, tomat, pisang, melon, jeruk dan kentang. Anda bisa mencari makanan lain yang mengandung banyak kalium dengan melihat kandungan gizi dari setiap jenis buah atau sayuran tersebut.

2. Magnesium

Jika kalium memiliki kelebihan dalam menurunkan kandungan cairan dalam darah, magnesium memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas. Pada beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kekurangan magnesium mampu membuat seseorang mengalami penyempitan pembuluh darah pada telinga dan meningkatkan potensi ketulian pada organ pendengaran. Buah – buahan yang mengandung banyak magnesium diantaranya adalah pisang, kentang dan bayam.

3. Seng

Atau bisa disebut dnegan zinc. Berfungsi sebagai salah satu zat yang mampu menjaga kekebalan tubuh seseorang. Zinc terbukti mampu membantu pencegahan infeksi pada telinga. Kacang mete, almond dan hampir seluruh jenis kacang – kacangan mengandung kadar zinc yang cukup banyak. Contoh lain adalah gading sapi, daging ayam dan tiram.

4. Folat

Sejenis asam sehingga bisa disebut dengan asam folat, memiliki fungsi utama sebagai peningkat sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan mampu membawa darah ke seluruh tubuh dengan lebih mudah termasuk telinga. Contoh makanan yang mengandung banyak asam folat antara lain adalah kacang hijau, selada, asparagus dan stroberi.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

5 Mitos Mie Instan yang Keliru, Begini Faktanya

Bau Sepatu Menyengat? Coba 10 Cara Praktis Ini Untuk Menghilangkan Bau Sepatu yang Tak Sedap