4 Resep Permen Jelly agar-agar ala Yupi Super Kenyal dan Enak

Permen dan Jelly, jadi salah dua jajanan yang sampai saat ini masih jadi favorit, gak hanya di kalangan anak-anak tapi bagi orang dewasa sekalipun. Kedua jenis jajanan ini umumnya dikenal dengan cita rasa manis dan segar yang bikin keduanya banyak dicari sebagai cemilan atau pencuci mulut setelah santapan berat.

Di tengah situasi yang saat ini menuntut semua orang buat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, memakan cemilan permen dan jelly yang dibeli di luar rumah tanpa tau bahan yang dipakai dan proses pembuatannya tentu cukup membahayakan, solusi satu-satunya adalah membuat sendiri kedua jenis cemilan ini di rumah.

Membuat kedua jenis cemilan ini secara bersamaan mungkin bakal sedikit merepotkan, tapi kalau bisa menggabung keduanya jadi satu olahan, kenapa engga? Ya, permen sekaligus jelly dari nutrijell. Gak terlalu sulit, bahan yang dibutuhkan dalam membuat cemilan ini pun bisa dengan gampang ditemui dengan membeli di warung terdekat. Berikut 4 resep yang bisa kalian coba, yuk simak.

1. Permen agar-agar

permen agar agar

Permen agar-agar ini punya bentuk akhir yang cantik dan gak kalah menarik dengan permen jelly yang dijual di luar rumah, jadi gak bakal kalah saing buat jadi pilihan bagi anak ketimbang jajan di luar. Bahan yang harus disiapkan di antaranya:

  • 1 bungkus agar rasa (misal agar swallow / nutrijell)
  • 1 gelas gula pasir (250 gr)
  • 1 gelas air (250 ml)
  • Vanili secukupnya

Cara membuatnya pun mudah, sama dengan pembuatan jelly seperti biasa:

  1. Campur agar-agar, air, gula, vanili, lalu aduk sampai larut.
  2. Masak di atas api, aduk sampai mengental (adonan mirip gulali, tapi masih bisa diaduk dan tidak liat).
  3. Segera tuang ke Loyang dan langsung ratakan karena cepat beku.
  4. Tunggu sampai bagian atasnya kering dan tidak lengket saat disentuh.
  5. Potong sesuai selera (gunakan pisau basah supaya tidak lengket)
  6. Jika mau lebih kering, permen jelly yang sudah jadi cukup diangin-anginkan dalam ruangan, tanpa dijemur, lalu simpan dalam toples.

2. Permen jelly kering

permen jelly warna warni

Kalau permen jelly di resep sebelumnya punya tekstur agak liat dan mudah digigit, permen jelly satu ini bisa jadi pilihan bagi kalian yang menyukai tektur permen keras dan tahan lama di mulut, atau renyah saat digigit. Bahan dan cara pembuataannya pun hampir serupa:

Bahan untuk satu resep:

  • 1 bungkus agar-agar swallow (apabila ingin membuat dua warna maka disarankan memilih dua rasa yang berbeda pada masing-masing resep)
  • 1 gelas air (ukuran gelas belimbing)
  • 1 gelas gula pasir (ukuran gelas belimbing)

Cara membuat:

  1. Campur agar-agar, air, dan gula, lalu aduk sampai larut.
  2. Masak di atas api sampai mendidih, sama seperti pembuatan agar-agar biasa tanpa harus sampai mengental.
  3. Tuang agar-agar ke dalam cetakan dan tunggu sampai mengeras.
  4. Apabila sudah mengeras, potong agar-agar dalam bentuk dadu atau ukuran permen seusai selera, lalu jemur potongan agar-agar tersebut selama 3 sampai 4 hari tergantung cuaca

Kalau cuaca cukup terik dan bagus, penjemuran selama 2 hari sudah cukup menghasilkan tekstur permen yang keras dan renyah.

3. Permen jelly dengan cetakan unik dan lucu

permen jelly unik dan lucu

Sebagai alternatif bagi kalian yang ingin mencoba membuat permen tanpa agar-agar instan, penggunaan gelatin bisa jadi pilihan. Tentunya tanpa agar-agar instan yang biasanya sudah berasa, dibutuhkan perasa tambahan sesuai selera, pasta rasa buah-buahan yang biasa ditemukan di toko kue bisa jadi alternatif.

Bahan:

  • 300 gr gula pasir
  • 75 ml glukosa cair
  • 50 gr bubuk gelatin
  • 100 ml air (untuk gelatin)
  • 75 ml air (untuk memasak bahan)
  • 1 sdm pasta rasa strawberry (bisa rasa lain sesuai selera)
  • Sedikit pewarna makanan merah
  • 1/2 sendok teh citroen zuur (pengatur keasaman) bisa ditemukan di toko kue (larutkan dengan sedikit air)

Cara membuatnya:

  1. Tim 100 ml air bersama dengan gelatin, angkat dan sisihkan
  2. Campur air, gula pasir dan glukosa cair, masak dengan api kecil hingga gula larut
  3. Campur larutan gelatin dan larutan glukosa yang sebelumnya sudah dimasak dengan api kecil, aduk hingga rata. Tambahkan pewarna makanan secukupnya, citroen zuur dan pasta strawberry, aduk hingga rata.
  4. Olesi cetakan berbentuk yang dimiliki dengan sedikit minyak lalu tuang adonan, diamkan selama 2 jam, lepaskan dari cetakan lalu potong potong. Taburi permen dengan gula kastor halus dan siap disajikan dalam toples.

4. Permen jelly gulung

permen jelly gulung

Bahan dan pembuatan permen ini pada dasarnya sama dengan resep pertama, hanya kali ini punya pilihan tampilan yang lebih menarik dengan cara digulung sehingga punya bentuk unik layaknya yang sering ditemui di toko permen.

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar rasa sesuai selera
  • 1 gelas gula (ukuran gelas belimbing)
  • 1 gelas air (ukuran gelas belimbing)
  • Gula tabur (gula bubuk secukupnya)

Cara membuat:

  1. Masukan semua bahan ke dalam panci, kecuali gula halus.
  2. Aduk dan masak sampai kental seperti gulali (masih bisa diaduk dan tidak liat).
  3. Angkat lalu tuang merata ke loyang, tunggu sampai tidak lengket
  4. Taburi permukaan agar-agar dengan gula halus secara merata, lalu gulung dengan rapih, masukkan ke kulkas selama 10-15 menit.
  5. Setelah 10-15 menit, keluarkan permen jelly yang sudah digulung dari kulkas lalu potong gulungan permen tersebut seukuruan permen sesuai selera.

Itu dia resep permen jelly yang bisa dibuat sendiri di rumah bahkan dengan bahan yang mudah ditemukan, selain aman karena terjamin kebersihannya, tentu bisa lebih menghemat budget jajan untuk anak juga nih. Resep mana yang tertarik buat kalian coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?