5 Antibiotik Alami Disekitar Kita – Nomor 3 Ternyata Ampuh Membunuh Bakteri

Antibiotik merupakan sejumlah molekul yang mampu dibuat dan dihasilkan secara alami atau sintetik untuk menekan dan menghentikan proses biokimia pada suatu organisme yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Secara garis besar antibiotik dapat diartikan sebagai obat yang mencegah infeksi bakteri pada luka dan mencegah terjadinya perkembangan bakteri – bakteri jahat di dalam tubuh.

Pentingnya antibiotik bisa dilihat dari bagaimana ia berperan sebagai pelindung dari gangguan bakteri serta mikroorganisme yang akan menimbulkan penyakit di dalam tubuh. Secara sinntetik, antibiotik di buat di lab dengan bahan – bahan tertentu. Salah satu contohnya adalah penisilin dan sefalosporin. Antibiotik buatan sangat rentan terhadap efek samping yang akan ditimbulkan. Hal ini dikarenakan antibiotik buatan menggunakan jenis mikroorganisme tertentu untuk mengembangbiakkan bakteri – bakteri baik yang akan melawan infeksi.

Selain efek samping yang akan dirasakan oleh seorang pasien, antibiotik buatan juga mampu menimbulkan efek berkebalikan pada jenis infeksi yang ingin disembuhkan. Efek berkebalikan ini meningkatkan daya resistansi bakteri dan virus terhadap suatu penyakit.

Nah, demi menghindari bahaya dan kekurangan antibiotik buatan, akan sangat disarankan jika kita mampu menggunakan bahan – bahan alami disekitar sebagai antibiotik. Berikut adalah 7 jenis antibiotik alami yang mudah anda temui di sekitar tempat tinggal anda, antara lain adalah :

1. Cuka Apel

© Wicherek / Pixabay

Selain menyehatkan dan sedap untuk menjadi bumbu masak, cuka apel ternyata mampu menjadi salah satu antibiotik alami untuk mengobati infeksi. Asam malat yang terkandung di dalam cuka apel mampu melawan bakteri, jamur dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

Virus dan kuman yang terdapat di tenggorokan, mulut dan bagian – bagan disekitarnya akan hilang ketika kita menggunakan antibiotik alami dari cuka apel ini. Selain itu, cuka apel juga mampu mencegah efek racun yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh dan mencegah kerusakan jaringan – jaringan tubuh akibat dari proses keracunan itu sendiri. Penggunaan cuka apel sebagian besar melalui oral dan belum terdapat penelitian yang mampu membuktikan bahwa cuka apel sebagai antibiotik alami akan tetap berfungsi apabila diaplikasikan pada tubuh dengan metode lain selain oral.

2. Bawang Putih

© Steve Buissinne / Pixabay

Bawang putih merupakan salah satu herbal terbaik untuk membunuh kolesterol dan penyakit lainnya seperti flu, diabetes, tekanan darah tinggi bahkan sakit gigi.
Ketika anda ingin menggunakan bawang putih sebagai antibiotik anda bisa menghancurkannya dengan cara ditumbuk atau diblender, akan lebih baik untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung dan mentah. Bawang putih terbukti mampu menjaga anda terkena infeksi dengan menjadi anti jamur, antivirus dan antiparasit.

3. Cabai Rawit

© Suanpa / Pixabay

Lupakan pedasnya cabai rawit karna anda mungkin akan memerlukannya suatu hari untuk menjadi salah satu senjata alami menghadapi penyakit. Vulvovaginitis atau peradangan pada vagina yang memiliki ciri-ciri seperti keputihan, gatal dan nyeri merupakan salah satu jenis infeksi yang mampu diobati dengan menggunakan cabai rawit. Fungsi lain dari antibiotik alami cabai rawit adalah mengatasi masalah tenggorokan yang sering terkena radang.

4. Jahe

© Ilona / Pixabay

Makanan segar yang tidak dicuci atau distrilisasi sebelumnya bisa menjadi berbahaya karna mengandung banyak bakteri dan pantogen jahat yng menimbulkan efek infeksi. Pantogen yang berada di banyak jenis makanan di Indonesia antara lain adalah salmonella, listeria dan campylobacter. Jahe terkenal mampu membunuh bakteri – bakteri yang berada di makanan segar anda seperti sushi, daging segar yang belum dimasak atau belum terlalu matang. Menambahkan sedikit jahe ketika mengkonsumsi makanan – makanan mentah bisa menghindarkan resiko infeksi dan tumbuhnya bakteri – bakteri jahat di tubuh anda.

5. Kunyit

© Steve Buissinne / Pixabay

Kandungan kurkumin dalam kunyit terbuksi mampu membunuh bakteri jahat seperti helicobacter pylori yang menyerang ulkus lambung hingga menimbulkan sakit dan merusak lambung. Kurkumin merupakan jenis pewarna alami yang terdapat di dalam kunyit sehingga membuatnya berwarna kuning dan merupakan antibiotik dan anti – inflammasi terbaik yang bisa anda dapatkan dari alam.

Bagaimana pendapatmu

30 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Comments

comments

6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Hidung

Bau Sepatu Menyengat? Coba 10 Cara Praktis Ini Untuk Menghilangkan Bau Sepatu yang Tak Sedap