6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Hidung

Hidung merupakan salah satu organ yang dimiliki oleh manusia yang berfungsi sebagai jalan masuk udara dan tempat penyaringan udara yang didapatkan dari lingkungan untuk kemudian digunakan dalam sistem pernafasan. Meskipun manusia dapat bernafas melalui mulut tetapi mulut bukan tempat dimana udara dapat disaring dan dipisahkan dari kotoran – kotoran yang hanya bisa dilakukan oleh hidung.

Selain bernafas dan menyaring udara, hidung memiliki sensor bau yang bisa digunakan oleh manusia sebagai indera penciuman. Anda dapat membedakan yang mana wangi atau kurang wangi melalui tangkapan sensor yang berada di hidung.

Beberapa dari anda mungkin bertanya – tanya bagaimana menjaga kesehatan organ hidung itu sendiri. Atau bagaimana cara membersihkannya dan menjaganya tetap sehat. Berikut adalah cara yang paling baik yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan hidung anda, antara lain adalah :

1. Menghindari Debu dan Polusi Udara Lainnya

Selain bermaftaan untuk menjaga kesehatan hidung, menghindari tempat – tempat yang banyak mengandung polusi dan debu bisa menjaga kesehatan paru – paru anda. Rambut halus yang berada di hidung memiliki fungsi untuk menangkap partikel – partikel debu tersebut, menyaringnya kemudian membuangnya. Gunakan masker dan alat penutup lainnya untuk menghindari akibat buruk yang akan ditimbulkan oleh terlalu banyak debu bagi organ pernafasan anda.

2. Meningkatan Kualitas Udara Bersih

Rumah yang anda tempati akan lebih baik jika memiliki sirkulasi udara yang memadai, atau sirkulasi udara yang mampu membuat udara di dalam sebuah ruangan tertutup mampu keluar dan diganti dengan udara yang lebih bersih. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat kesehatan organ pernafasan seseorang. Hal – hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kualitas udara di dalam sebuah ruangan tertutup antara lain adalah dengan rajin mencuci sprei dan korden, mengganti karpet dan bantal serta membersihkan mainan anak – anak atau menggunakan mesin filter udara yang sudah banyak dijual di pasaran.

3. Menjaga kelembapan Udara

Udara yang terlalu lembab akan membuat perabotan – perabotan anda lebih mudah terkena jamur dan tungau. Selain itu, apabila udara dalam ruangan anda terlalu kering justru akan mengganggu organ pernafasan yang di setting untuk selalu lembab. Kelembapan udara yang sesuai akan sangat bermanfaat bagi hidung dan paru – paru anda. Jaga kelembapan udara tetap berada di kisaran antara 40 hingga 50% untuk mendapatkan kondisi kelembapan yang optimal. Dengan menjaga kelembapan udara di dalam ruangan akan mampu menghindarkan anda dari berbagai gangguan kesehatan pada organ pernafasan seperti asma dan alergi.

4. Hindari Mengorek Hidung dengan Tangan

Ketika tangan anda kotor justru akan menambah kemungkinan reaksi alergi pada hidung karna bercampur dengan zat – zat berbahaya lainnya. Untuk membersihkan hidung, anda bisa menggunakan kain bersih dan basah atau handuk yang dicelupkan pada air garam. Air garam terbukti mampu menurunkan kemungkinan infeksi pada hidung.

5. Menguapi Hidung

Mungkin anda paham bagaimana cara rileksasi tubuh menggunakan uap. Nah, cara kerjanya hampir sama untuk bagian hidung ini. Anda cukup rutin melakukan penguapan pada hidung dengan intensita 2 hingga 4 kali dalam satu bulan. Hal ini akan membantu anda dalam melancarkan pernafasan dan memiliki efek relaksasi saat dicampur dengan aroma terapi. Selain itu, fungsi tambahan lainnya yang cukup bermanfaat adalah metode ini mampu menghilangkan komedo pada hidung.

6. Membersihkan Hidung Dengan Air Garam

Anda bisa membuat larutan air garam dirumah untuk kemudian disemprotkan ke dalam hidung. Membersihkan hidung dengan menggunakan air garam mampu mengatasi berbagai masalah organ pernafasan seperti alergi, hidung tersumbat, mengorok, infeksi bahkan sinusitis atau radang di sekitar rongga hidung. Gejala dari sinusitis itu sendiri antara lain adalah nyeri pada wjaah, dahi dan telinga. Penyumbatan hidung dan gatal, demam hingga kesulitan untuk tidur.

Air garam tidak akan membuat anda ketergantungan atau membuat indera penciuman anda menjadi ensitif. Aman digunakan dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Mungkin bagi sebagian orang metode ini cukup menyusahkan dan merepotkan. Hidung akan terasa panas dan geli. Akan tetapi itu merupakan hal yang wajar dan tidak berlangsung lama.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

4 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Telinga

5 Antibiotik Alami Disekitar Kita – Nomor 3 Ternyata Ampuh Membunuh Bakteri