6 Karya Fiksi yang Membahas Tentang Politik

karya fiksi berupa novel, cerpen bahkan fabel biasanya jarang yang membahas tentang politik di dalamnya. Berbagai citra kehidupan beserta pembelajaran – pembelajaran penting yang hanya bisa didapatkan di dalam novel atau cerpen atau fabel biasanya berputar di sekitar makna kehidupan dan bagaimana cara terbaik untuk membentuk sebuah kehidupan yang lebih baik lagi.
Tetapi, terdapat beberapa penulis yang cukup unik dan mampu memberikan pandangannya tentang politik di dalam sebuah karya sastra.

Karya fiksi yang biasanya selalu penuh dengan bayangan – bayangan yang membawa pembacanya untuk bertamasya di negeri dongeng, memiliki pandangan baru terhadap dunia, kali ini diisi atau sengaja dipuntir sedemikian rupa hingga secara tidak sadar orang akan diajak untuk menyelami berbagai kisah dalam dunia perpolitikan.

Berikut adalah beberapa daftar novel – novel terkenal yang sudah mendunia yang mampu membawa Anda masuk lebih dalam untuk mengerti politik dan cara kerjanya, antara lain adalah :

1. All The King’s Men

© Amazon

Merupakan sebuah karya sastra yang membahas tetang seorang politisi yang menjual hati nuraninya untuk mendapatkan kekuatan politik. Sebuah buku yang akan membawa anda untuk bagaimana memabukkannya kekuasaan, dan seberapa jauh manusia mampu berjuang engan mengorbankan apapun untuk mendapatkannya. Di sisi lain anda juga akan disuguhi oleh berbagai dampak buruk dari semua perbuatan tersebut dan mungkin, bisa menjadi pembelajaran bagi anda untuk selalu menempatkan hati nurani di atas segala – galanya.

2. Lincoln

© Bukukita

Merupakan sebuah karya fiksi berupa novel yang bertemakan sejarah tentang salah satu presiden paling terkenal di Amerika yaitu Abraham lincoln. Buku ini membahas tentang karir, life style dan bercerita tentang sistem politik pada era Civil war.

3. The Manchurian Candidate

© amazon

Karya dari Richard Condon ini bercerita tentang seorang penduduk amerika yang telah di cuci otakknya oleh seorang keturunan China untuk membunuh salah satu kandidat pencalonan presiden di amerika. Sebuah science – fiction novel yang dicampur sedikit dengan bumbu thiller dan psychological. Jika anda penggemar kara sastra berupa science fiction, membaca novel ini bisamenjadi salah satu kegiatan bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang.

4. Animal Farm

© Tokopedia

Salah satu yang paling menarik dari karya sastra berupa fabel yang satu ini adalah isinya atau sindirannya tentang politik. Sangat jarang ditemukan sebuah fabel atau cerita yang tokoh – tokohnya berupa binatang mampu membahas tema yang cukup aneh yaitu politik. Sedikit terlalu berat untuk dijadikan bacaan bagi anak – anak sebagai dongeng sebelum tidur. Karya fabel yang satu ini mungkin hanya patut dikonsumsi oleh dewasa.

Selain propaganda berkedok hewan – hewan yang diceritakan dengan cukup tersembunyi, akan tetapi novel ini bisa dikatakan sebagai yang terbaik di bidangnya. Anda harus berhati – hati dengan pemikiran – pemikiran baru yang ada di buku ini. Pada karya sastra yang satu ini anda akan diajak untuk melihat kehidupan sebuah perkumpulan hewan dan bagaimana implikasi dunia politik itu disampaikan.

5. 1984

© Gramedia

Selain animal farm, ternyata George Orwell telah menulis karya sastra lain yang memiliki ide serta gagasan yang hampir serupa. Bedanya novel ini tidak menggunakan binatang – binatang sebagai pemainnya. Anda akan diajak untuk mendalami kondisi poliktik di suatu negara dimana di negara tersebut dipimpin oleh seorang penguasa yang memiliki kekuasaan paling tinggi dan mengetahui semua hal. Novel ini akan sangat mengganggu anda dengan beberapa kemungkinan yang bisa terjadi di dunia nyata meski ditulis dalam sebuah novel fiksi.

6. Atlas Shrugged

© InnerSelf

Sindiran keras lain tentang makna dan cara berpolitik ditulis oleh Ayn Rand yang memberi gambaran yang sangat adil antara penerapan sebuah philosopi dan sindiran politik. Novel ini menceritakan tentang kemunduran dan hancurnya sebuah sistem ekonomi di suatu negara, dimana tiba – tiba industri – industri yang merajai negara tersebut hilang takberjejak. Padahal ia merupakan senjata satu – satunya yang bisa digunakan oleh pemerintah untuk membangun kembali stabilitas ekonomi negara tersebut. Sementara itu, petinggi – petinggi negara masih asik saling berebut kekuasaan. Dalam novel ini anda akan disuguhkan pemandangan setiap tingkatan sosial dalam kehidupan, mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi dan bagaimana mereka bereaksi terhadap suatu situasi politik.

Bagaimana pendapatmu

76 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

Luar Biasa, 43 Ide Membuat Baju dari Barang Bekas

Photo by Rawpixel on Unsplash

Menjadi Manajer yang Baik: 20 Cara Memimpin Agar Tim Anda Solid dan Bisa Diandalkan