6 Makanan dan Minuman Khas Pantura yang Wajib Dicoba

Jalur pantai utara atau yang terkenal dengan Pantura memang memiliki keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan dengan laut pada jalur selatan seperti Jogja dan sekitarnya. Pantura memiliki kecantikan laut serta bumi yang indah dan makanan – makanan khas yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Setidaknya sekali sumur hidup anda harus menikmati lezatnya makanan khas pantura yang sebagian besar berbahan baku utama ikan serta hewan – hewan laut.

Pantura juga disebutdengan jalan nasional rute 1 yang merupakan jalan utama di pulau jawa dimana panjangnya mencapai 1.316 km dan melewati 5 provinsi. Jalur ini akan menjadi sangat terkenal saat peristiwa mudik terjadi menjelang lebaran. Dan kali ini kita akan membahas makanan – makanan khas pantura yang memiliki cita rasa berbeda dari daerah – daerah lainnya, antara lain adalah :

1. Nasi Gandul

Photo by OkNusantara

Suka makanan berkuah? Menu olahan yang satu ini memiliki cita rasa gurih – gurih pedas dan sangat pas untuk menjadi santapan sarapan atau makan malam anda. Terbuat dari jeroan sapi yang dicincang kecil – kecil kemudian dimasak dengan banyak bumbu hingga menghasilkan cita rasa yang pedas gurih. Berbeda dengan makanan manis gurih lainnya yang akan membuat anda cepat penuh dan merasa begah, rasa pedas dalam nasi gandul tidak akan membuat anda mual dan terlalu terbawa pada rasa manisnya.

Olahan ini disajikan di atas daun pisang sebagai alasanya, nasi dan kuah santan dengan isi berupa jeroan sapi akan membuat lidah anda menikmati cita rasa yang tidak ada duanya. Anda bisa memesan menu nasi gandul saat melewati daerah Pati, Rembang dan sekitarnya.

2. Lontong tuyuhan

Photo by Okezone

Penggemar olahan berbahan baku santan wajib mencoba menu yang satu ini. Sangat berbeda dengan lontong balap sebagai makanan khas Surabaya, lontong tuyuhan memang terbuat dari lontong sebagai pengganti nasi. Yang membuat berbeda adalah kuahnya. Kuahnya lebih kental dan pedas, tidak terlalu manis. Bahkan santan yang digunakan juga tidak kental. Bumbu utama yang digunakan begitu terasa dan tidak akan membuat anda menjadi mual karna terlalu manis. Isi dari sayur ini adalah daging ayam dan biasanya kadang bahkan disajikan sebagai menu khas lebaran dan acara – acara besar. Lasem – Rembang adalah tempat asal dari olahan kuliner khas pantura yang satu ini.

3. Sirup kawista

Photo by Tribunnews

Pindah dari bagian makan – makan, kali ini anda akan disuguhkan oleh minuman khas Rembang yang hanya bisa anda dapatkan jika sedang melancong kesana. Sirup kawista, buah kawis sendiri tidak bisa tumbuh disembarang tempat. Hanya beberapa daerah saja di Indonesia yang bisa ditumbuhi oleh jenis jeruk – jerukan yang satu ini, salah satunya Rembang.

Jika anda berkesempatan untuk menikmati sirup kawis. Anda akan merasakan rasa segar berpadu dengan wangi khas yang sangat harum dan segar. Berbeda dengan teh atau minuman sirup lainnya. Pecinta kuliner wajib mencoba olahan minuman segar yang satu ini.

4. Es jati

Photo by Cakra Baymax Tourism

Tahu pohon jati? Anda pasti juga tahu daunnya bukan? Tahukah anda kalau ternyata daun dari pohon yang biasanya tidak bisa dimakan ini menjadi salah satu olahan paling diminati di Blora? Es jati sejatinya adalah es cincau asli dari Blora yang dalam proses pembuatan cincau tersebut diberikan tambahan daun jati untuk membuat bentuknya lebih kental dan tidak gampang putus. Selain itu anda akan merasakan rasa kesat dan unik saat menikmati es yang satu ini. Patut dan rekomended untuk dicoba.

5. Dumbeg

Photo by Masakandapurku

Sejenis jajan – jajanan yang pasti manis dan unik. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengangula aren, kadang ditambahkan dengan manisnya buah nangka untuk aroma dan rasanya. Dibungkus dengan daun kelapa muda atau yang biasa disebut dengan janur. Sangat cocok untuk menu berbuka puasa sebagai awalan yang manis.

6. Legen

Minuman yang satu ini mungkin tidak akan anda dapatkan ditempat lain selain panturan daerah Rembang, Tuban dan sekitarnya. Terbuat dari getah pohon aren yang dipotong bagian serbuk bunganya yang bakal menjadi bakal buah. Kemudain direbus dengan atau tanpa tambahan air. Manis dan segar. Serta rasa yang tidak akan anda dapatkan di daerah lainnya.

Bagaimana pendapatmu

100 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

15 Efek Samping Jangka Panjang Akibat Seringnya Penggunaan Obat Kimia

Penyakit Jantung Koroner, Gejala dan Cara Mengobatinya