6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui Oleh Kebanyakan Orang

Garam dapat diartikan menjadi beberapa pengertian yang cukup berbeda, tergantung siapa yang memaknainya. Dalam ilmu kimia, garam diartikan sebagai suatu senyawa ionik yang terdiri dari ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral sehingga tidak bermuatan. Sedangkan garam yang sering digunakan oleh ibu – ibu sebagai bumbu penyedap dinamakan garam dapur yang berbeda dengan arti dari garam secara ilmu kimia. Meski garam dapur termasuk ke dalam salah satu contoh larutan garam.

Kandungan gizi dalam garam dapur. Berikut adalah kandungan gizi yang terkandung di dalam garam dapur. Dalam setiap 100 gram garam dapur mengandung :

  • 38.758 mg natrium
  • 8 mg kalium
  • 24 mg kalsium
  • 0.3 mg zat besi
  • 1 mg magnesium

Mungkin anda pernah bertanya tentang manfaat dari garam itu sendiri selain sebagai bumbu masak yang sering anda gunakan dalam setiap resep masakan anda. Mitos tentang garam yang menjadi alat pengusir setan sepertinya menjadi lebih terkenal dari beberapa manfaat garam bagi kesehatan tubuh manusia atau yang lainnya berikut ini. Antara lain adalah :

1. Garam Sebagai Pengusir Semut

Photo by Tworkowsky on Pixabay

Kandungan natrium dalam garam yang cukup banyak, sehingga membuat hewan – hewan kecil serta serangga menjauhinya. Hal ini dikarenakan garam memiliki kecenderungan untuk membuat siapapun yang mengkonsumsinya terserang dehidrasi lebih besar daripada yang tidak. Untuk itu, hewan – hewan kecil seperti semut dan serangga akan menghindari tempat – tempat yang ditaburi garam.

Salah satu tips untuk menjaga ruangan atau rumah anda terbebas dari serangga khususnya semut adalah dengan menyebarkan garam dapur di setiap pintu, jendela dan lemari penyimpanan.

2. Pembersih Alami Untuk Beberapa Jenis Logam

Photo by Jake Nonnemaker on Pixabay

Menggosok garam dapur pada logam – logam seperti kuningan, perak, dan tembaga dapat membuat logam – logam tersbeut lebih mengkilap. Prinsip kerja yang hampir mirip dengan amplas, tetapi bukan secara mekanik, lebih mengedepankan reaksi kimia antara garam dengan logam untuk mengangkat kotoran yang terletak di permukaan logam – logam tersbut. Sehingga, kuningan, perak dan tembaga akan memiliki warna yang jauh lebih memikat serta tahan lama dibandingkan dengan logam – logam yang tidak digosok dengan campuran garam dapur.

3. Garam Sebagai Anti Aging

Photo by Steve Buissinne on Pixabay

Mungkin anda tidak akan percaya apabila dikatakan bahwa garam dapat menjadi salah satu solusi dalam menjaga kulit tetap awet muda. Campuran garam dengan beberapa jenis minyak khusus untuk kulit seperti zaitun dan esensial lavender ternyata mampu meremajakan kulit anda hingga tampak lebih muda.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan campuran garam dengan minyak esensial yang anda miliki kemudian dioleskan dipermukaan kulit, tunggu beberapa menit baru kemudian dibilas dengan air hangat. Dijamin mampu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit anda serta membuat kulit anda tampak lebih muda.

4. Obat Sakit Gigi

Photo by Pixabay

Garam terkenal dapat membunuh kuman yang terdapat di dalam mulut. Sehingga apabila anda merasakan tidak nyaman pada bagian mulut atau sedang mengalami sakit gigi yang bukan diakibatkan oleh lubang atau benturan, anda bisa menggunakan air yang dicampur garam sebagai pengganti mouth wash. Selain mengobati, kandungan kalium yang terdapat dalam garam mampu menjaga kesahatan mulut dan gigi anda supaya tetap kuat dan tidak gampang keropos atau berlubang. Kalium dapat menggantikan bagian yang hilang dari gigi akibat dari proses pembusukan di dalam mulut.

5. Mencegah Penyusutan pada Baju

Photo by Wsyperek on Pixabay

Pernahkah anda terlalu lama mencuci baju? Apalagi dengan menggunakan air panas? Proses pencucian yang terlalu lama pada mesin cuci dapat menyebabkan pakaian anda menjadi kisut dan mengecil. Untuk menanggulangi permasalahan ini anda bisa menggunakan campuran garam yang ditambahkan saat mencuci baju menggunakan mesin cuci sebagai anti penyusutan.

6. Mengembalikan Warna pada Tirai dan Karpet

Photo by Bottlein on Pixabay

Mencuci karpet memang susah – susah gampang. Karna kebanyakan karpet memiliki bentuk yang tebal serta tidak mudah untuk di cuci. Pencucian menggunakan deterjen bisa membuat warnanya memudar dengan sangat cepat. Menambahkan garam dapur saat mencuci karpet serta tirai dapat menjaga warnanya tetap cemerlang.

Bagaimana pendapatmu

29 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Comments

comments

8 Makanan yang Bisa Meningkatkan Semangat atau Mood Booster Terbaik Untuk Harian Anda

5 Obat Herbal Untuk Menghilangkan Asam Urat