Menu

7 Hal yang Harus Dicapai Anak di Usia 5 Tahun, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik merupakan kebahagiaan setiap orang tua. Namun kita harus sadar bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Seperti yang Anda tahu bahwa terdapat tonggak atau target yang idealnya harus dicapai setiap tahun. Banyak dari anak-anak berhasil mencapai target tersebut tanpa mengalami kendala.

Tentunya ini tidak membuat Anda khawatir. Namun ada juga anak-anak yang memerlukan waktu sedikit lebih lama agar bisa mencapai target tersebut. Di sinilah peran Anda untuk membantunya agar berhasil mencapai tonggak tersebut ketika usianya sudah 5 tahun.

Apa saja Target yang Harus Dicapai Anak Usia 5 Tahun?

Untuk membantu Anda mengetahui apa saja target yang harus dicapai anak di usia 5 tahun, maka kami akan menjelaskannya di bawah ini.

1. Keterampilan Motorik Kasar

Ketika seorang anak sudah mencapai 5 tahun, dia harus mempunyai keterampilan motorik kasar. Keterampilan ini berkaitan dengan melompat, berlari, serta melewati rintangan. Seorang anak juga harus mempunyai keseimbangan serta koordinasi yang baik. Anda bisa membantu si kecil untuk berdiri dan duduk.

Selain itu, melakukan permainan sederhana serta berlari di rumah maupun taman juga merupakan cara yang efektif untuk membangun stamina serta melatih otot. Anda juga bisa membantu buah hati Anda untuk belajar cepat dengan memintanya mengerjakan tugas yang sangat sederhana. Beberapa tugas tersebut seperti merapikan mainan, merapikan kamar, dan sebagainya.

2. Keterampilan Motorik Halus

Relaxed preteen girl embracing with mother. Winsome young mom kissing daughter on pink background.

Selain motorik halus, anak juga harus menguasai keterampilan motorik halus. Keterampilan ini berkaitan dengan bagaimana cara berpakaian sendiri, menutup atau membuka resleting, dan lain-lain. Anda bisa mengajari hal-hal tersebut untuk membantu si kecil meningkatkan keterampilan motorik halus.

Pada usia 5 tahun memang otot-otot tangan akan disetel dengan baik sehingga membuat anak bisa melakukan tugas sederhana. Salah satunya adalah mengikat tali sepatu. Jadi, Anda bisa mulai mengajari anak untuk mengerjakan tugas yang sangat sederhana di usia 3 tahun sehingga dia bisa mengerjakannya dengan mudah.

Keterampilan halus ini sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena kemampuan ini berhubungan dengan tugas sehari-hari yang harus dia kerjakan. Salah satunya adalah belajar menulis.

3. Tingkat Emosional

Ketika buah hati Anda sudah memasuki usia 5 tahun, muncul tampilan emosional yang cenderung ekstrem. Misalnya ada amukan yang disertai ciuman dan pelukan. Selain itu, anak juga senang memiliki teman baru dan berinteraksi dengan mereka. Anak juga kerap memberitahu tentang apa yang dia rasakan.

Berempati pada orang lain juga termasuk kualitas emosional yang berkembang di usia ini. Anak juga menginginkan respon positif dari orang tuanya serta melihat berbagai reaksi emosi orang lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk terus bersikap penuh pengertian dan kasih sayang. Batnu anak untuk tumbuh dan berkembang secara emosional karena ini merupakan dasar untuk mencapai kesejahteraan emosional di masa yang akan datang.

4. Keterampilan Sosial

Di tahun kelima ini juga persahabatan mulai terbangun. Anak juga mulai mengenali perbedaan antara teman dekat dengan teman kenalan. Untuk itu, Anda perlu membantunya untuk bergaul serta berinteraksi dengan teman seusianya.

Anda juga akan menemukan bahwa buah hati Anda memiliki ketertarikan terhadap satu atau beberapa anak. Membangun keterampilan sosial sangat penting karena membuatnya mudah beradaptasi ketika terjadi perubahan di lingkungannya. Anda juga perlu membantunya agar bisa memahami seperti apa nuansa persahabatan serta pertemuan sosial.

5. Keterampilan dalam Hal Berbicara Serta Mengekspresikan Diri

Pada usia 5 tahun, anak harus bisa mengartikulasikan kata secara baik. Dia juga harus bisa dalam menggunakan kata-kata dalam mengekspresikan diri. Keterampilan berbicara ini perlu dilatih sehingga membuat orang dewasa memahami apa yang dikatakan oleh anak tersebut. Pada gilirannya, si kecil juga harus bisa memahami perkataan dan instruksi dari orang dewasa.

Mengajari anak tentang posisi seperti “di atas”, “di bawah”, “di sebelah” juga termasuk keterampilan yang harus dikuasai sebelum usianya menginjak 5 tahun. Semua ini diperlukan sebelum si keci mulai bersekolah.

6. Koordinsi Fisik

Tonggak lainnya yang juga harus dicapai anak di usia 5 tahun adalah tentang koordinasi fisik. Di usia 5 tahun, kemungkinan anak sudah bisa mengendarai sepeda serta bermain bola dan bahkan bisa melompat-lompat. Keterampilan serta koordinasi fisik tersebut sangat penting karena membantu dalam hal kemandirian.

Misalnya anak bisa mengendarai sepeda tanpa bantuan roda akan menjadi momen yang sangat membanggakan bagi anak tersebut. Anda bisa memberinya tugas sederhana untuk mengetahui seperti apa perasaan anak ketika dia berhasil menyelesaikan tugasnya.

7. Kebersihan Badan

Anak di usia 5 tahun juga harus tahu bagaimana cara menjaga kebersihan dirinya. Misalnya anak sudah tahu kapan waktunya mandi dan menggosok gigi. Tentunya ini dilakukan dengan bantuan Anda. Misalnya ketika masih balita, dia diberikan pasta gigi sesuai dengan usianya. Namun hal ini juga harus berada dalam pengawasan Anda karena pastinya anak tersebut belum bisa melakukannya dengan sempurna.

Leave a Reply

Exit mobile version