7 Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Tubuh

Tidur yang berkualitas merupakan idaman semua orang. Tidur berkualitas dapat diartikan sebagai tidur yang ketika bangun tubuh merasa segar serta beban yang dirasakan sebelum tidur seolah menghilang. Dimana tubuh menjadi lebih bertenaga serta siap mengerjakan apapun setelahnya. Tidur berkualitas faktanya tidak perlu lama. Ia bisa datang bahkan hanya dengan tidur waktu kurang dari satu jam anda tidur, bahkan 15 menitpun cukup.

Masalahnya, sangat sulit untuk mendapatkan tidur berkualitas. Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor. Salah satunya adalah posisi tidur yang salah.

Tahukah anda bahwa posisi tidur yang salah dapat sangat membahayakan bagi kesehatan anda? Berikut adalah 7 posisi tidur yang salah serta berbahaya bagi tubuh, antara lain adalah :

1. Tengkurap

Wokandapix / Pixabay

Beberapa orang biasanya tidur dengan posisi tengkurap, meski kelihatan tidak nyaman akan tetapi sebagian dari anda mungkin pernah dengan tidak sengaja tidur dengan posisi tengkurap. Ternyata posisi ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Dikarenakan ketika tertidur dengan posisi tengkurap, seseorang cenderung memiringkan wajahnya ke arah kiri atau kanan. Dan ini akan menyebabkan tekanan yang cukup besar pada tulang leher anda hingga menimbulkan rasa sakit saat bangun. Sirkulasi pernafasan akan memburuk karna tekanan pada tulang leher dan meningkatkan kemungkinan perubahan posisi tulang belakang yang salah. Menurut penelitian posisi tidur ini bahkan bisa menyebabkan kematian secara mendadak.

2. Meringkuk

Dieter Robbins / Pixabay

Tahukah anda bahwa posisi bayi di dalam perut ibunya adalah meringkuk? Selama 9 bulan posisi ini menjadi posisi paling menyenangkan untuk janin berkembang. Akan tetapi, ketika menginjak dewasa posisi tidur meringkuk sangat tidak bagus untuk tulang dan saraf pada area punggung dan leher. Ketika bangun anda akan merasakan rasa sakit yang cukup menyiksa apabila bertahan semalaman dengan posisi meringkuk.

3. Posisi Bintang Laut

Natural Cures World

Posisi bintang laut dideskripsikan sebagai posisi dimana tangan dan kaki direntangkan selebar – lebarnya ketika tidur. Terkadang bahkan ada yang ditekuk sedemikian rupa hingga posisi tidurnya menjadi terlihat sangat unik. Posisi tidur bintang laut dapat membuat anda muntah dan mual karna menaikkan asam lambung hingga menimbulkan rasa mual tersebut. Meningkatkan kemungkinan seseorang mendengkur dan menekan tulang pundak hingga membuatnya sakit.

4. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Olichel Adamovich / Pixabay

Menggunakan bantal yang tidak mampu menyesuaikan bentuk tulang leher mungkin akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Bantal yang berfungsi hanya untuk mengangkat kelapa lebih tinggi ternyata tidak membuat anda mendapatkan tidur berkualitas. Justru menyebabkan hyperflexion atau tertariknya tulang leher hingga ke posisinya yang paling maksimal.

Efek yang ditimbulkan adalah anda akan kesusahan mengambil udara ketika tidur, sesak nafas, mengurangi asupan oksigen, dan menurunkan kapasitas paru – paru.

5. Mengangkat Kaki

Free-Photos / Pixabay

Mungkin secara tidak sadar anda sering mengangkat kaki anda ketika tidur. Membiarkannya berdiri atau bersandar pada sesuatu hingga semalaman suntuk. Hal ini akan menghambat peredaran darah menuju ke kaki hingga menimbulkan efek kebas dan mati rasa saat anda bangun nanti.

6. Menyamping

C_Scott / Pixabay

Posisi menyamping dengan wajah di atas bantal mungkin memang yang paling nyaman bagi tidur anda. Akan tetapi hal ini akan mempengaruhi elastisitas kulit wajah anda. Grafitasi akan membawa kulit anda untuk turun dan menjadi mudah keriput apabila tidur dengan posisi menyamping pada waktu yang cukup lama. Selain wajah, tidur menyamping juga akan mengakibatkan pengenduran pada payudara anda. Selain itu, tidur menyamping dengan menggunakan telapak tangan sebagai sandaran akan menghambat peredaran darah dari jantung menuju ke telapak tangan. Hal ini akan menimbulkan efek kebas serta mati rasa pada tangan apabila dilakukan terlalu lama tanpa perubahan posisi tidur.

7. Telentang

Free-Photos / Pixabay

Sebenarnya telentang merupakan posisi tidur yang baik dan nyaman untuk tidur anda. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang memiliki kebiasaan mendengkur pada saat tidur posisi ini bisa dikatakan tidak baik. Karna akan menambah intensitas mendengkur bagi seseorang dengan kebiasaan mendengkur. Hal ini dikarenakan grafitasi bumi akan menarik lidah untuk lebih masuk ke dalam tenggorokan. Hal inilah yang akan menghambat saluran pernafasan dan membuat intensitas mengorok lebih keras terjadi.

Bagaimana pendapatmu

28 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Comments

comments

5 Obat Herbal Untuk Menghilangkan Asam Urat

15 Efek Samping Jangka Panjang Akibat Seringnya Penggunaan Obat Kimia