7 Resep Istimewa Membuat Masker Menggunakan Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah Yang Cerah dan Cantik

Tak perlu diragukan lagi, lidah buaya merupakan bahan yang sangat populer dalam dunia kosmetik untuk perawatan kulit yang sempurna. Sebagian besar dari kita menggunakannya sebagai pelembab alami, masker wajah, toner dan produk perawatan rambut dan kulit lainnya.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang membuat kulit dan rambut sehat. Bisa juga untuk mencegah rambut rontok dan ketombe. Gunakanlah gel lidah buaya alami, gel buatan sendiri lebih aman, karena gel yang dibuat sendiri di rumah tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga tidak ada efek samping bagi kulit.

Manfaat Masker Wajah Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung 75 unsur yang bermanfaat bagi kulit, termasuk vitamin, enzim, mineral, gula, asam salisilat, asam amino dll.

  • Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E, yang merupakan antioksidan, juga mengandung vitamin B12. Antioksidan melindungi kulit dengan membatasi produksi radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel kulit. Antioksidan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit, termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.
  • Alkaline phosphatase dalam lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan berlebihan ketika dioleskan ke kulit.
  • Auksin dan giberelin dari lidah buaya dapat membantu penyembuhan luka dan bengkak karena terbentur sesuatu.
  • Lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Lidah buaya membantu melembabkan kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, meremajakan dan membuat kulit bersinar.

Cara Mengekstrak Gel dari Daun Lidah Buaya

© FabHow

Potong beberapa daun dari tanaman lidah buaya. Potong daun secara horizontal dan taruh daun dalam posisi tegak selama beberapa menit agar resin yang lebih gelap (gel tipis transparan yang lengket) mengalir keluar, biasanya orang-orang menyebutnya getah.

© FabHow

Setelah resin mengering, cuci daun dan mulailah kupas kulit lidah buaya yang tebal itu dengan pisau, sehingga hanya tersisa gel yang transparan, atau bisa juga dengan mengupas sebagian kulit kemudian mengerok gel dari daun dengan sendok.

© FabHow

Selanjutnya letakkan gel dalam blender dan tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E atau beberapa minyak esensial untuk meningkatkan kekuatan gel lidah buaya. Minyak atsiri seperti minyak esensial lavender, atau minyak pohon teh atau geranium atau minyak esensial neem / mint sangat baik untuk kulit. Selanjutnya simpan gel di lemari es agar awet dan tahan lama.

Setelah gel siap digunakan, selanjutnya kita simak langkah-langkah membuat masker wajah menggunakan bahan gel daun lidah buaya.

1. Perawatan Untuk Mencerahkan Wajah

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok teh madu

Campur semua bahan untuk menjadikan scrub, oleskan di wajah dengan merata, dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama 3 menit. Setelah itu diamkan selama 20 menit. Setelah cukup, bersihkan menggunakan kain basah yang bersih untuk menyingkirkan sel-sel mati yang berbahaya dari wajah. Ulangi 1-2 kali seminggu.

Madu dan minyak kelapa akan menghidrasi & melembabkan kulit, sangat bagus untuk mencegah garis-garis halus dan keriput pada wajah. Asam Glycolic yang terkandung dalam gula mampu mengangkat sel kulit dan melepaskan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat serta komedo.

2. Perawatan Untuk Menghilangkan Jerawat

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • ¼ sendok teh pala bubuk
  • Beberapa tetes jeruk nipis

Campurkan semua bahan dan oleskan untuk wajah atau pada area yang berjerawat untuk perawatan. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit. Cuci bersih dengan air, ulangi setiap hari untuk menghilangkan jerawat dengan obat alami ini.

3. Perawatan Untuk Kulit Kering

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • ½ sendok teh minyak zaitun extra virgin
  • 1 sendok teh madu

Bahan-bahan ini akan memanjakan kulit yang kusut. Siapkan gel lidah buaya, minyak zaitun, dan madu. Ini adalah bahan obat rumahan yang bagus untuk kulit kering dan kusam. Oleskan di wajah dan leher, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan menggunakan kain bersih dan lembab. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Minyak zaitun dapat menjaga kulit agar lembab dan juga menawarkan manfaat anti-penuaan pada kulit wajah karena mengandung banyak antioksidan, Vitamin E, Vitamin K dan asam lemak untuk membuat kulit halus dan lembut. Madu akan memberikan kilau pada kulit dan mencegah jerawat atau menghilangkan jerawat yang disebabkan karena kekeringan yang berlebihan pada kulit.

4. Perawatan Kulit Berminyak

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok teh yogurt (opsional)
  • 1/2 sendok teh perasan air lemon

Campur semua bahan dan aduk campuran dengan sendok hingga berubah menjadi krim. Oleskan krim di wajah dan leher, biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Lemon memiliki sifat pendingin dan astringen. Kaya vitamin C, yang dapat menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit kusam. Ini adalah asam alami, sehingga membantu menyeimbangkan kulit dan menyingkirkan minyak yang berlebihan. Bisa mengecilkan pori-pori besar yang menghasilkan minyak berlebih. Yogurt mengandung asam laktat, yang dapat membantu pengelupasan kulit mati.

5. Perawatan Kulit Sensitif

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok teh pisang matang ditumbuk
  • 1/2 sendok teh madu

Campur semua bahan dan aduk campuran dengan sendok hingga berubah menjadi krim. Oleskan pasta pada wajah dan leher Anda, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Sapukan menggunakan kain basah yang bersih. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Ampas buah pisang matang memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit karena kandungan air, karbohidrat, dan lemaknya. Ini membantu dalam menjaga kekencangan kulit, memiliki manfaat anti-penuaan, mencegah jerawat, menghilangkan jerawat dan noda, memberikan cahaya pada kulit. Semua terkandung dalam satu adonan, bisa dikatakan itu adalah makanan yang lezat untuk kulit. Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

6. Perawatan Kulit yang Terkena Sengatan Panas Matahari

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok teh perasan air mentimun
  • 1/2 sendok perasan air lemon

Campur semua bahan dan aduk campuran dengan sendok hingga berubah menjadi krim. Oleskan di wajah dan leher, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan menggunakan kain basah yang bersih. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Jus lemon membantu menyamarkan bintik-bintik gelap pada kulit dan menghilangkannya. Mentimun berfungsi untuk mendinginkan kulit, sangat efektif untuk menormalkan kemerahan pada kulit yang teriritasi. Lidah buaya adalah obat yang sangat baik untuk mengembalikan kulit yang gelap akibat sengatan matahari. Kulit akan kembali seperti semula hanya dalam seminggu, jika dioleskan setiap hari ke daerah yang terkena sengatan matahari.

7. Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh jus lemon

Campur semua bahan, oleskan di wajah, dan pijat dengan gerakan memutar selama 5 menit. Setelah itu selama 20 menit. Bersihkan menggunakan kain basah yang bersih. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Kunyit membantu peremajaan kulit dan bermanfaat untuk depigmentasi. Lemon bekerja sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit hiperpigmentasi serta bintik-bintik lain dan noda pada kulit. Yogurt memberikan pengelupasan kulit yang luar biasa dan melepaskan serta melarutkan sel-sel kulit mati – membersihkan pori-pori dan komedo yang tersumbat.

Catatan:

Jika tidak mendapatkan tanaman lidah buaya, gunakan gel lidah buaya yang beredar di toko-toko. Selalu bersihkan wajah sebelum mengoleskan masker. Masker ini tidak langsung berkhasiat seketika, harus bersabar karena membutuhkan waktu untuk menunjukkan efek perubahan pada kulit.

Masker-masker tersebut juga bisa dibuat dalam jumlah banyak, dinginkan di kulkas agar awet dan bisa digunakan kembali. Selalu simpan gel lidah buaya buatan sendiri dan bungkus dalam wadah kedap udara.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

7 Langkah Cara Alami Untuk Mendorong dan Melatih Balita Agar Cepat Berbicara

43 Ide Luar Biasa Membuat Baju dari Barang Bekas