7 Warna Urin Ini Bisa Menunjukkan Kesehatanmu

kondisi kesehatan bisa diketahui dari warna urin. Pasti pernah kan memerhatikan warna urin saat kencing?adanya penyakit bisa dideteksi dari warna-warna urin yang keluar.

1. Kuning Pucat, Kuning Transparan, Kuning Tua

Warna-warna ini berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Idealnya, urin harus berwarna kuning agak pucat. Kuning pucat menunjukkan keseimbangan yang baik, tidak kekurangan dan juga tidak kelebihan air. Urin yang lebih pekat adalah tanda bahwa tubuh sedang membutuhkan lebih banyak air. Ingatlah satu aturan emas: jika terlihat seperti air jeruk nipis – itu pertanda bagus untukmu!

2. Bening / Transparan

Jika urin sangat transparan, itu pertanda terlalu banyak minum air putih. Minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan risiko tertentu. Minum itu yang penting cukup untuk menipiskan kadar garam dalam tubuh. Hal ini bisa membuat ketidak seimbangan senyawa kimia di dalam tubuh. pertimbangkan untuk mengurangi minum air yang berlebihan.

3. Berbusa

Hal ini normal, Tapi jika busanya mendesis seperti soda, segeralah periksa ke dokter. Urin berbusa dan berbunyi seperti soda bisa menjadi pertanda ada kandungan protein dalam urin, dan ini memerlukan evaluasi profesional karena jumlah yang meningkat dapat menandakan masalah ginjal yang serius.

4. Coklat

Bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang berwarna coklat, atau bisa juga karena dehidrasi. Jika sudah banyak minum air putih tapi warnanya tidak hilang, urin coklat bisa menunjukkan masalah pada hati dan ginjal.

Waspada: Jika urin coklat diikuti dengan sakit perut, panas, dan kejang, ada kemungkinan adanya kondisi genetik. Selain itu, darah tampak kecoklatan saat disintegrasi, dan ini bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius seperti tumor.

5. Hijau atau Biru

Ini mungkin mengagetkan, tapi memang ada beberapa makanan dan antibiotik yang menyebabkan urin jadi hijau atau biru.

Waspada: Jika bukan karena mengonsumsi obat atau makanan yang berwarna, hal ini patut diwaspadai. Warna hijau bisa menandakan infeksi batu ginjal atau saluran kencing langka yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas.

6. Pink Kemerahan

Makanan manis atau yang mempunyai warna merah pekat kadang menyebabkan warna urin jadi kemerahan, beberapa obat antibiotik juga bisa menjadi sebab.

Waspada: Jika berubah tanpa sebab,berarti ada darah dalam urin. Bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, tumor, kanker, batu kandung kemih atau batu ginjal.

7. Orange

Mengkonsumsi antibiotik, vitamin B2 atau betakarotin (wortel) berlebih bisa menyebabkan hal ini. Tapi jika tidak mengkonsumsinya, bisa jadi sedang dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan urine menjadi kuning ke orange. Minum lebih banyak air putih, dalam beberapa jam, urine seharusnya kembali ke warna kuning yang normal.

8. Bonus

Perhatian, ini bukan ES JERUK. Jika menemukan benda ini di atas meja, jangan diminum !!!

What do you think?

573 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

Loading…

Comments

comments

12 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Mengeringkan Pakaian Secara Cepat