8 Cara Membuat Peraturan di Rumah yang Menyenangkan untuk Anak-anak

Memiliki peraturan di dalam rumah perlu untuk membuat anak-anak memahami apa yang seharunya dan tidak seharusnya mereka lakukan. Peraturan tersebut juga bukan hanya wajib dipatuhi oleh anak-anak, orang tua pun juga harus mematuhinya. Tujuannya peraturan tersebut tetap berjalan dan bermanfaat bagi semua anggota keluarga.

Akan tetapi, membuat peraturan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Meskipun kamu sebagai orang tua, bukan berarti kamu bisa langsung membuat peraturan secara subjektif. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Pastinya peraturan yang kamu buat harus bersifat objektif. Tujuannya agar semua penghuni rumah dapat mematuhinya tanpa kesan dipaksa atau tertekan.

Tips Membuat Peraturan yang Menyenangkan untuk Anak-anak

Seperti yang kami jelaskan bahwa ada beberapa ketentuan yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membuat peraturan. Misalnya dengan berdiskusi, memberikan pujian, membuat peraturan yang jelas, dan lain sebagainya. Informasi tersebut akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini. Setelah itu, kamu bisa membuat peraturan sendiri di rumah untuk buah hatimu.

1. Berdiskusi Bersama Pasangan

Berdiskusi Bersama Pasangan

Tips yang pertama sebelum memutuskan untuk membuat peraturan bagi buah hati adalah dengan berdiskusi dengan pasangan. Kamu bisa mengajak pasanganmu untuk mengobrol tentang tujuan dibalik dibuatkannya peraturan. Pastikan bahwa peraturan tersebut memiliki tujuan yang jelas. Dengan begitu, anak juga akan lebih mudah memahaminya.

2. Mengadakan Pertemuan Bersama Keluarga

Meskipun dia merupakan buah hatimu, namun bukan berarti kamu menjadi orang tua egois. Kamu perlu mengadakan pertemuan di ruang tamu. Jangan lupa untuk mengajak anak-anakmu agar mereka juga ikut bergabung di pertemuan tersebut. Di sini kamu perlu melibatkan mereka di dalam membuat peraturan.

Kamu juga bisa bertanya mengenai apakah peraturan yang dibuat tersebut terlalu memaksa atau terlalu berat dilakukan apa tidak. Jangan sampai peraturan yang kamu buat malah membuat mereka kaget dan malah merasa tertekan.

3. Bekerja Sama

Bekerja Sama

Tips yang ketiga dalam membuat peraturan yang menyenangkan adalah pastikan semuanya bekerja sama. Setiap orang di rumah harus saling bekerja sama dan juga wajib menghormati pendapat orang lain. Berilah ruang kepada anakmu untuk mengemukakan pendapatnya mengenai peraturan tersebut. Dari sini akan tercipta sebuah peraturan yang konsisten sehingga buah hatimu bisa mematuhinya tanpa perlu merasa tertekan.

4. Buat Peraturan secara Jelas

Terkadang salah satu alasan mengapa anak-anak tidak mematuhi peraturan adalah karena instruksi pada peraturan tersebut tidak bisa dipahami oleh mereka. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Kamu harus membuat peraturan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Pastikan setiap kata pada peraturan tersebut bisa dipahami dengan baik oleh anak-anak. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan dan tidak boleh dilakukan berdasarkan peraturan tersebut.

5. Tulis Peraturan di Kertas

Tulis Peraturan di Kertas

Agar buah hatimu bisa mengingat peraturan tersebut dengan baik, kamu perlu menulisnya di kertas. Kamu tinggal menulis apa isi dari peraturan tersebut kemudian kamu tinggal menempelnya di tempat yang mudah dibaca oleh mereka.  Misalnya kamu ingin membuat peraturan bahwa mereka dilarang menonton TV di atas jam 10 malam. Kamu bisa menempelnya dekat dengan ruang televisi.

6. Sesuaikan Peraturan dengan Usia Mereka

Tips yang juga tidak kalah penting adalah kamu harus bisa membuat peraturan yang memang sesuai dengan usia mereka. Pasti anak yang berusia 3 tahun memiliki jam tidur yang berbeda dengan anak usia 10 tahun. Maka dari itu, di sini kamu perlu menyesuaikan usia dari buah hatimu. Jadi, mereka bisa mematuhinya dengan mudah tanpa perlu merasa bahwa peraturan tersebut bersifat memaksa.

7. Memastikan Anak Mematuhi Peraturan Tersebut di Luar Rumah

Memastikan Anak Mematuhi Peraturan Tersebut di Luar Rumah

Ketika anak-anak sudah mematuhi peraturan di dalam rumah dengan baik, kamu juga perlu memastikan apakah mereka juga mematuhi peraturan tersebut ketika berada di luar rumah. Salah satu contohnya ketika kamu mengajak mereka keluar rumah untuk mengunjungi kakek serta neneknya. Jangan sampai mereka berpikir bahwa peraturan tersebut hanya berlaku di dalam rumah.

Kamu harus memberikan pengertian kepada mereka bahwa peraturan yang dibuat harus dipatuhi meskipun mereka tidak berada di rumahnya sendiri. Jadi, anak akan terdidik untuk memiliki sikap tanggung jawab di luar serta konsisten mematuhi peraturan.

8. Beri Pujian

Beri Pujian

Tips yang kedelapan ini juga harus kamu perhatikan. Ketika anak-anak mematuhi peraturan dengan baik, jangan ragu memberikan pujian kepada mereka. Meskipun pujian tersebut hanya berupa kata-kata, namun ini akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Selain itu, anak juga akan lebih termotivasi serta bersemangat sehingga mereka akan terus mematuhi peraturan tersebut.

Lalu bagaimana ketika mereka melanggarnya? Kamu harus memberikannya hukuman. Namun pastikan hukuman yang kamu berikan adalah hukuman yang sifatnya mendidik. Sesuaikan juga hukuman tersebut dengan usianya.

Loading…

0

Pendapat Anda?