Awas Hati-hati, Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya

Kita semua pasti pernah menahan bersin, entah itu karena malu saat sedang dihadapan banyak orang atau hal lainnya. Tapi, tahu gak sih ternyata menahan bersin itu sangat berbahaya sekali.

Seperti yang dilaporkan oleh Jen Christensen di CNN, ada seorang pria berusia 34 tahun di Inggris dibawa ke ruang gawat darurat disebabkan karena menahan bersin. Pria itu mencoba menahan bersin dengan menyumpat hidungnya dan menutup mulutnya. Akibatnya bersin tidak bisa keluar dan lehernya mulai membengkak, dia kesulitan untuk berbicara dan menelan sesuatu.

Photo by Youtube

Pria tersebut dirawat selama 7 hari di rumah sakit dengan menggunakan tabung nasogastrik, Setelah 7 hari pria tersebut sembuh total. Insiden tersebut dipublikasikan di British Medical Journal Case Reports.

Mengapa Bisa Sampai Separah Ini?

Bila ada suatu benda dari luar yang masuk ke hidung, entah itu debu atau lainnya, naluri tubuh adalah segera mengeluarkannya melalui bersin. Otot antara tulang rusuk dan diafragma akan berkontraksi untuk mengusir apa pun yang ada di hidung. Ini adalah refleks otomatis, dan biasanya tidak terkendali, yang dirancang agar saluran udara tetap terbuka.

Kecepatan Bersin
Photo by Andrew Davidhazy

Kecepatan hembusan bersin sangat kuat. Bergantung pada kapasitas paru-paru dan ukuran hidung seseorang, kekuatannya mencapai 100 sampai 500 mil per jam. Jika seseorang menahan hidung, atau menutup mulut saat bersin, berarti semua udara tersebut tidak dapat dilepaskan, oleh karena itu, udara akan menuju ke tempat lain, yang bisa menyebabkan kerusakan tak terduga.

“Jika seseorang mencoba menekan atau menahan kecepatan udara yang keluar dari paru-paru, maka ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga tengah, di situlah tulang pendengaran berada,” kata Jeffery Gallups, MD, direktur dan pendiri The ENT Institute di Atlanta. Kekuatan udara yang didorong dengan kecepatan tinggi ke dalam tabung Eustachius, dapat mempengaruhi gendang telinga dan tulang kecil yang bergetar saat kita mendengar suara, seperti yang dijelaskan oleh Klinik Cleveland.

Photo by Corina on Pixabay

Yang terbaik adalah membiarkan bersin berhambus natural. Cobalah melakukannya dengan sopan saat bersin. Ketika di tempat umum dan dilihat banyak orang, Gunakan tisu untuk menahan ludah agar tidak menyebar ke mana-mana, atau halangi dengan lekukan siku, jika tidak punya tisu. Jangan bersin ke tangan, karena kalau kurang menjaga kebersihan, akan menyebabkan virus flu mudah menyebar lewat sentuhan tangan.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

27 Ide Cara Menggambar Hewan Dimulai Dengan Huruf dan Angka

Membuat Miniatur Rumah-Rumahan dari Sedotan