Ayat Kursi Latin Bahasa Indonesia, Arab, dan Artinya, Lengkap Beserta 3 Waktu Utama Membacanya

1 min


0
101 shares

Ayat kursi terletak dalam surat Al Baqarah ayat ke 255 yang berbunyi;

Ayat Kursi Arab:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin:

“Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Ayat Kursi Arti & Terjemahannya:

Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui semua yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat dan bacaan yang sering dibaca oleh umat Islam. Terutama dalam wirid setelah shalat lima waktu. Ayat ke-255 surah al-Baqarah ini dinamakan ayat kursi karena menjabarkan tentang kursi Allah SWT yang sangat luas, meliputi langit dan bumi.

Berikut 3 waktu utama dalam membaca ayat kursi;

  1. 1 Ketika pagi dan petang


    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang orang yang membaca ayat kursi di pagi dan petang hari, dari Ubay bin Ka’ab;

    إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

    “Siapa saja yang membacanya (ayat kursi) ketika petang, maka ia akan dilindungi oleh Allah dari berbagai gangguan hingga pagi. Siapa saja yang membacanya (ayat kursi) ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.”

    Allah akan melindungi siapa saja yang membaca ayat kursi. Dilindungi dari gangguan apapun, termasuk dari gangguan mahluk halus.

  2. 2 Setelah shalat lima waktu


    Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

    “Barang siapa yang membaca ayat Kursi pada setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.”

    Maksutnya adalah tidak ada yang menghalangi seseorang masuk surga setelah kematian.

  3. 3 Sebelum tidur

    © Nehal / Pinterest

    Diriwayatkan dalam sebuah hadist panjang bahwa Shahabat Abu Hurairah pernah mendapat pengajaran ilmu dari setan.

    Beliau pernah diajarkan dan diberitahu manfaat membaca ayat kursi. Setan mengatakan salah satu keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur adalah Allah akan menjaga pembacanya dari godaan setan dan mahluk halus hingga pagi hari.

    Kisah tersebut diriwayatkan secara panjang dan lengkap dalam sebuah hadist di Shahih Bukhari.

Kaligrafi Bacaan Ayat Kursi

Disamping untuk bacaan dan wirid, ayat kursi juga bagus jika dibuat kaligrafi. berikut Temonggo share 10 kaligrafi ayat kursi yang bisa Anda buat untuk wallpaper di smartphone agar lebih cepat hafal.

  1. 1 Bacaan Ayat Kursi


  2. 2 Ayat kursi arab

    © Servet Yetişmiş / Pinterest

  3. 3 Kaligrafi ayat kursi

    © Munawir / Pinterest

  4. 4 Ayat kursi warna emas

    © Nurul Ain Abdullah / Pinterest

  5. 5 Kaligrafi warna warni


  6. 6 Ayat kursi arab 3D


  7. 7 Wallpaper ayat kursi

    © Saad Al-agidi / Pinterest

  8. 8 Ayat kursi bacaan arab

    © Alif Juman / Pinterest

  9. 9 Ayat kursi bentuk masjid

    © Nidaul Hamra / Pinterest

  10. 10 Canvas ayat kursi


Kisah setan yang mengajarkan kepada Abu Hurairah untuk membaca Ayat Kursi sebelum tidur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mewakilkan dan menunjukku untuk menjaga zakat fitrah. Kemudian datanglah seseorang, orang itu tiba-tiba menumpahkan makanan dan kemudian mengambilnya.

Aku pun mengatakan, “Demi Allah, aku benar-benar akan melaporkanmu pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Lalu ia berkata, “Saya benar-benar dalam keadaan butuh. Saya memiliki keluarga dan saya pun sangat membutuhkan ini.”

Abu Hurairah berkata, “Aku membiarkannya. Lantas di pagi hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padaku: “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan oleh orang itu semalam?”

Aku pun menjawab, “Wahai Rasulullah, dia mengeluh bahwa dia dalam keadaan butuh dan juga punya keluarga. Oleh karena itu, aku melepaskannya karena begitu kasihan padanya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dia telah membohongimu dan dia akan kembali lagi.”

Aku pun waspada karena dia akan datang kembali sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan. Aku pun mengawasi keadaan sekitar, ternyata ia datang dan menumpahkan makanan lagi, lalu ia mengambilnya.

Aku pun mengatakan, “Aku benar-benar akan mengadukanmu pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Lalu ia berkata, “Biarkanlah saya, saya ini benar-benar dalam keadaan butuh. Saya memiliki keluarga dan saya janji, setelah ini tidak akan kembali lagi.”

Abu Hurairah berkata, “Aku pun merasa kasihan padanya, aku membiarkannya pergi. Kemudian di pagi hari, Nabi Muhammad berkata padaku: “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan oleh orang itu?”

Aku pun menjawab, “Wahai Rasulullah, dia mengeluhkan bahwa dia dalam keadaan butuh dan juga punya keluarga. Oleh karena itu, saya sangat kasihan padanya sehingga saya membiarkannya pergi.” Nabi Muhammad bersabda, “Dia membohongimu dan dia akan kembali lagi.”

Pada hari ketiga, aku terus mengawasi keadaan sekitar, ia pun datang dan menumpahkan makanan lalu mengambilnya kembali. Aku pun mengatakan, “Aku benar-benar akan melaporkanmu pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Ini sudah ketiga kalinya, kamu mengatakan tidak akan datang lagi, namun ternyata masih kembali. Ia pun berkata, “Biarkan saya. Saya akan mengajari suatu kalimat yang akan bermanfaat untukmu.”

Abu Hurairah bertanya, “Apa itu?” Ia pun menjawab, “Jika engkau hendak tidur di atas ranjangmu, bacalah ayat kursi ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum …‘ hingga selesai.

Faedahnya, Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.” Abu Hurairah berkata, “Aku pun melepaskan dirinya dan ketika pagi hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya padaku, “Apa yang dilakukan oleh orang itu semalam?”

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengajarkan suatu kalimat yang jika saya membacanya, Allah akan memberikan manfaat kepadaku . Sehingga aku pun melepaskan dirinya.”

Nabi Muhammad bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika saya hendak tidur dan sudah berada di atas ranjang, hendaklah membaca ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’ hingga selesai. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan berani mendekatimu hingga pagi hari."

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Kalau yang itu dia berkata benar, namun aslinya, dia adalah pendusta. Tahukah engkau siapa yang menemuimu sampai tiga malam tersebut, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311).

Rahasia kedahsyatan ayat kursi

Menurut Qatadah, seorang ulama' terkenal, di antara rahasia kenapa khasiat ayat kursi begitu dahsyat adalah karena dalam ayat ini terdapat lima nama (asma’) Allah Sang Khaliq yang agung yaitu Allah, al-Hayy, al-Qayyum, al-‘Aliyy, al-Adhim.

Demikian ulasan tentang bacaan ayat kursi yang mempunyai keutamaan dan manfaat luar biasa bagi umat muslim. Untuk itu usahakan senantiasa membaca ayat kursi setelah shalat, di pagi dan malam hari serta sebelum tidur, agar selalu dalam perlindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.


Like it? Share with your friends!

0
101 shares

What's Your Reaction?

hate hate
86
hate
confused confused
52
confused
fail fail
26
fail
fun fun
17
fun
geeky geeky
8
geeky
love love
69
love
lol lol
78
lol
omg omg
52
omg
win win
26
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission