Bagaimana Doa Setelah Sholat Dhuha?

1 min


0
64 shares

Salat duha merupakan salah satu salat sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Salat duha memiliki banyak manfaat ketika diamalkan, di antaranya adalah kelapangan rezeki serta kemudahan di setiap urusan. Waktu salat duha dimulai saat matahari mulai naik 7 hasta dari waktu terbitnya hingga waktu zuhur.

Pada postingan sebelumnya, kami telah menuliskan Doa yang diajarkan Rasulullah untuk membuka pintu rezeki agar usaha semakin berkah, mendapat harta yang halal dan melimpah.

Adapun doa yang dapat diamalkan setelah menunaikan salat duha. Berikut ini adalah beberapa doa sholat dhuha yang bisa Anda lafalkan.

Bacaan dan Arti Doa Sholat Dhuha

Pada dasarnya, tak ada zikir atau doa khusus yang dibaca setelah salat duha. Namun, ada satu hadis dari Aisyah r.a. yang pernah menceritakan tentang zikir dan doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam setelah setelah salat duha.

Doa ini tidak wajib untuk dibaca, tetapi Allah akan memberikan pahala bagi yang membacanya karena sahih dan mengikuti tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Hadis itu berbunyi sebagai berikut:

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan salat duha. Setelah salam, kemudian beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

'Allaahummaghfirlii wa tub 'alaiyya, innaka antat tawwaabur rahiim'

Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacanya seratus kali. (H.R. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Syaikh al-Albani mengatakan dalam kitab Sahih al-Adab al-Mufrad bahwa hadis ini sahih.)

Adapun doa yang paling dikenal umat muslim dan sangat baik diamalkan sehabis menunaikan salat apa pun, yaitu doa sapu jagat.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “Allahumma aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:187-188; Muslim, no. 2690]

Artinya, “Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.”

Doa tersebut sama dengan doa dalam ayat Al-Qur'an,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

'Rabbanaa atinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaaban naar'

Artinya, “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (Quran Surah Al-Baqarah ayat 201)

Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan, “tidaklah seorang nabi maupun orang saleh berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fath Al-Bari, 2:322)

Imam Muslim menambahkan dalam riwayatnya, “jika Anas r.a. hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan doa tersebut. Jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 2690)

Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan, “doa sapu jagat ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh keburukan. Yang dimaksud kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Apa yang disebutkan oleh para ulama pakar tafsir semuanya tidaklah saling bertentangan. Karena seluruh kebaikan dunia tercakup dalam doa tersebut.”

Zikir Setelah Salat Sunah dan Fardu

Rasulullah telah mengajarkan zikir kepada umat Islam untuk ditunaikan setiap selesai mengerjakan salat, baik fardu maupun sunah. Itu artinya zikir-zikir berikut ini dapat ditunaikan pula sehabis salat duha.

Dalil doa ini berasal dari hadis Tsauban radhiallahu ‘anhu. Beliau menceritakan zikir yang dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah beliau selesai salat, yaitu membaca istigfar sebanyak 3 kali. Lalu, membaca,

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

'Allahumma antas salaam wa minkas salaam, tabarakta ya dzal jalaali wal ikram'

Artinya, “Ya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan dan dari-Mu keselamatan. Maha Suci Engkau, Wahai Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan.” (HR. Muslim 591, an-Nasaa-i 1337, dan yang lainnya)

Begitulah zikir beserta doa sholat dhuha yang bisa Anda amalkan. Selain membaca doa-doa di atas, Anda juga bisa memanjatkan doa dengan bahasa yang dipahami karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar. Semoga doa-doa Anda dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Like it? Share with your friends!

0
64 shares

What's Your Reaction?

hate hate
43
hate
confused confused
8
confused
fail fail
69
fail
fun fun
60
fun
geeky geeky
52
geeky
love love
26
love
lol lol
34
lol
omg omg
8
omg
win win
69
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission