Bau Sepatu Menyengat? Coba 10 Cara Praktis Ini Untuk Menghilangkan Bau Sepatu yang Tak Sedap

Penggunaan sepatu sangat menunjang penampilan seseorang dijaman sekarang ini. Baik digunakan dalam keperluan formal ataupun sekedar jalan – jalan. Lantas bagaimana jika sepatu yang kita gunakan memiliki bau busuk dan tidak sedap ? Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terlebih untuk orang-orang yang memiliki kesibukan yang harus meluangkan waktunya tersendiri untuk membersihkan sepatu dari kotoan dan bau yang tidak enak.

Bau tak sedap ini dapat disebabkan karena bebrapa faktor, misalnya kelembapan kaki, cuaca dan kebiasaan seseorang dalam pemakaian sepatu. Adapun karena aktifitas yang dilakukan seperti berolah raga yang menyebabkan keringat berlebihan sehingga memudahkan bakteri untuk berkembangbiak di bagian dalam sepatu. Berikut adalah cara ampuh yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau kaki pada sepatu.

1. Menjemur sepatu dibawah terik matahari

© User 1973121 / Pixabay

Hal ini dapat dilakukan terutama untuk orang-orang yang terlalu sibuk, sehingga sulit meluangkan waktu khusus untuk membersihkan sepatu. Dengan menjemur sepatu dibawah terik matahari dapat mengurangi kelembapan di dalam sepatu yang mana sebagai tempat berkembangnya bakteri, dengan sinar matahari yang ada dapat membuat bakteri mati. Tetapi akan lebih baik jika sepatu dicuci terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan kopi

© Women Daily Magazine

Bubuk beraroma khas yang mudah didapatkan ditoko, ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai minuman, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk mengilangkan bau pada sepatu. Caranyapun sangat mudah, cukup dengan membungkus kopi secukupnya dengan tisu, lalu masukkan kedalam sepatu dan biarkan semalaman.

3. Menggunakan Teh Celup

© Cosmopolitan

Disamping nikmat dinikmati saat hangat, teh celup ternyata mempunyai fungsi lain. Ambil beberapa teh celup, lalu letakkan ke dalam sepatu. Ini akan menetralkan bau sepatu yang tak sedap.

4. Menggunakan kulit jeruk

© Pop Sugar

Kulit yang selama ini terbuang sia-sia saat kita memakan jeruk, teryata dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Selain bau khasnya yang tidak disukai nyamuk karena kandungan minyak esensial yang terkadung didalamnya. Caranya hampir sama dengan menggunakan kopi. Cukup masukkan kulit jeruk kedalam sepatu dan biarkan semalaman.

5. Menggunakan cuka

© Our Peaceful Planet

Cara mudah menggunakan cuka, yaitu hanya dengan melarutkan cuka dengan air secukupnya. Kemudian semprotkan ke sepatu bagian dalam. Lanjutkan dengan mengeringkannya dibawah sinar matahari. Kalau mau menambah bau yang lebih harum, coba campurkan cuka dengan alkohol dan tambahkan minyak essensial.

6. Menggunakan alkohol

Kalau tidak ada cuka atau minyak essensial, cukup gunakan alkohol saja. Alkohol dikenal sebagai cairan yang steril, atau dalam artian dapat membunuh kuman karena itu alkohol sering digunakan untuk mengobati luka. Sama halnya dengan pembasmian bakteri pada sepatu ini. Karena secara tidak langsung, bau pada sepatu disebabkan oleh bakteri. Cara peggunaannya mudah. Yaitu cukup dengan menyemprotkan alcohol pada bagian dalam sepatu secara merata, atau dapat pula dengan menuangkan alkohol dengan lap, kemudian dioleskan dibagian dalam sepatu. Harap dipastikan bagian sepatu terkena secara merata.

7. Menggunakan koran

© Livestrong

Koran bekas yang selama ini hanya tertumpuk tak berguna. Dapat dimanfaatkan dalam menghilangkan bau pada sepatu. Cukup dengan menggumpalkan Koran hingga sekiranya dapat menutupi lubang di bagian sepatu. Hal ini dikarenakan Koran dapat menjadi suatu media untuk menyerap bau yang ada pada sepatu. Diam kan selama satu malam.

8. Menggunakan baking soda

© AccelerateTV

Karena memiliki kemaampuan dalam menyerap bau sama halnya seperti Koran, maka baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Yaitu dengan cara menaburkannya ke bagian dalam sepatu. Lalu tunggulah semalaman baru kemudian anda dapat membersihkannya dengan cukup sekedar menyikatnya.

9. Menggunakan mouthwash

© Amazone

Disamping digunakan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa kotoran, mouthwash juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau busuk pada sepatu. Baunya yang beraroma mint dapat menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Tuangkan mouthwash ke dalam wadah spray, lalu semprotkan ke dalam sepatu, dan diamkan beberapa saat, bau sepatu akan hilang.

11. Masukkan ke dalam kulkas atau lemari es

© soranews24

Cara terakhir ini mungkin sedikit gila, tapi ini benar-benar praktis dan efisien. Yang harus diperhatikan adalah, sepatu harus dalam kondisi kering. Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik, bungkus rapat agar bau sepatu tidak menyebar. Setelah sepatu dimasukin ke plastik, bekukan sepatu di dalam freezer. Lakukan hal ini di malam hari, sehingga esok hari sepatu bisa langsung digunakan.

Bagaimana pendapatmu

30 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

Comments

comments

5 Antibiotik Alami Disekitar Kita – Nomor 3 Ternyata Ampuh Membunuh Bakteri

15 Ide Dekorasi Hiasan Dinding Untuk Ruang Kelas Paud dan TK