Begini 5 Cara Menyimpan Daging yang Benar Agar Tahan Lama dan Tidak Bau Busuk

1 min


1
2.4k shares, 1 point

Cara menyimpan daging di kulkas sebenarnya sangat simpel. Hanya saja kadang kita salah dalam penerapannya. Sehingga yang harapannya daging bisa awet dan tahan lama malah jadi bau dan busuk.

Daging qurban biasanya tidak habis dalam sehari. Daging mentah pada dasarnya tahan hanya sampai tiga hari, tapi kalau misal Anda mau menyimpan di kulkas dalam waktu lama, ada tipsnya agar tidak bau.

Jika kita kita salah dalam menyimpan daging, malah akan menyebabkan mudah basi dan ketika dimasak akan terasa alot dan keras.

Berikut tips dan cara menyimpan daging qurban sapi atau kambing agar tahan lama dan tidak bau busuk.

  1. 1 Jangan mencuci daging sebelum disimpan


    Kadang kita berpikir kalau daging harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan agar bersih dan higienis. Tapi justru sebaliknya. Kenapa?

    Karena kalau dicuci, kuman-kuman justru masuk ke dalam pori-pori daging yang akan menyebabkan bau busuk kalau disimpan. Kualitas dagingpun jadi rusak.

    Lebih baik dicuci kalau pas sudah siap mengolahnya saja.

  2. 2 Daging dipotong - potong terlebih dahulu

    cara-menyimpan-daging.gif

    Biasanya daging qurban dibagikan dalam potongan besar, dan dibungkus dengan plastik yang agak besar juga.

    Siapkan plastik ukuran kecil, kira-kira 1/2 atau 1 kg-an. Kemudian, potong-potong daging terlebih dahulu dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik uuran kecil tersebut.

    Gunakan plastik yang bening atau transparan, jangan pakai plastik kresek yang warna hitam. Tapi kalau daging qurban dibagikan dalam kondisi potongan sih gak perlu dipotong-potong lagi.

    Ketika kita mau mengambilnya untuk memasak, tinggal ambil saja potongan sesuai dengan kebutuhan dan sisa daging lainnya bisa tetap beku dan terjaga kualitasnya.

  3. 3 Pisahkan antara daging sapi dan kambing


    Pisahkan daging dengan plastik yang berbeda. Daging sapi disatukan dengan daging sapi, daging kambing dengan daging kambing.

    Yang dipisahkan hanya bungkus plastiknya, adapun letak penyimpanannya bisa ditaruh di satu ruangan atau kotak, yang penting bungkusnya beda.

  4. 4 Simpan dalam kulkas 4-5 jam sebelum memasukkan ke dalam freezer


    Setelah daging dipotong- potong dan dimasukkan ke dalam plastik, sebaiknya daging qurban tidak langsung dimasukkan ke dalam freezer.

    Simpan terlebih dahulu dagingnya di dalam kulkas yang sejuk selama kurang lebih 4-5 jam. Kalau sudah dingin, baru dimasukkan ke dalam freezer.

  5. 5 Rendam dulu daging yang beku sebelum memasaknya


    Setelah daging berada di dalam freezer berhari-hari, jika kita ingin memasaknya, jangan langsung dimasak. Rendam dulu daging dengan air biasa agar esnya mencair dan daging tidak keras.

    Jangan merendam dengan air panas, gunakan saja air keran biasa, biar daging tetap terlihat segar dan higienis.

    Saat merendam daging, jangan membuka bungkus terlebih dahulu. Biarkan daging masih dalam kondisi terbungkus plastik saat merendam.

    Setelah daging empuk dan esnya mencair, buka bungkusnya, kemudian cuci dengan air bersih dan tiriskan beberapa saat, lalu masak sesuai selera.

Tips tambahan

Daging sebaiknya disimpan di dalam freezer, tapi sebelum masuk ke freezer, simpan terlebih dahulu di kulkas pendingin sekitar 4-5 jam.

Daging yang beku di freezer akan tetap awet jika dalam keadaan terbungkus plastik. Atau kalau punya tempat / wadah kedap udara, bisa Anda pakai untuk menaruh daging.

Itu tips dan cara menyimpan daging qurban agar awet dan tahan lama. Punya cara lain? yuk share cara Anda menyimpan daging di kolom komentar biar yang lain bisa mengikuti !


Like it? Share with your friends!

1
2.4k shares, 1 point

What's Your Reaction?

hate hate
86
hate
confused confused
52
confused
fail fail
26
fail
fun fun
17
fun
geeky geeky
8
geeky
love love
70
love
lol lol
82
lol
omg omg
52
omg
win win
27
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission