Coba tebak, 4 Organisme Ini Termasuk Hewan atau Tumbuhan? Yuk Cari Tahu Jawabanya!

Mengelompokkan dan menebak sebuah organisme ke dalam kelompok hewan atau tumbuhan tidaklah semudah yang anda bayangkan. Beberapa fakta mengejutkan tentang penemuan – penemuan terbaru mengenai jenis mahluk hidup yang memiliki ciri – ciri yang mirip dengan hewan serta tumbuhan atau bahkan tidak mirip keduanya sama sekali, membuat peneliti kesusahan untuk mengelompokkan organisme tersebut kedalam salah satu faksi. Mengapa demikian?

Berikut ini adalah contoh beberapa hewan yang mirip tumbuhan, atau tumbuhan mirip hewan yang wajib anda ketahui , antara lain adalah sebagai berikut:

1. Anemon Laut

Photo by Tania Van den Berghen on Pixabay

Dibalik keindahannya yang memiliki beragam warna, anemon, terlepas dari bentuknya yang hampir selalu terlihat seperti rumput atau bunga, ternyata termasuk ke dalam salah satu jenis hewan laut. Proses perkembangbiakan anemon sendiri terjadi melalui proses pembuahan secara aseksual dimana keturunan yang dihasilkan hanya diproduksi oleh satu orang tua tunggal. Pada anemon laut proses perkembangbiakan yang terjadi adalah melalui tunas.

Anemon dewasa atau polyp akan membentuk kuncup yang nantinya akan menjadi medusa atau sejenis ubur – ubur yang memiliki kelamin jantan atau betina. Medusa dapat bergerak bebas di lautan dan tidak menempel di karang seperti anemon. Pembuahan terjadi melalui 2 medusa berbeda jenis kelamin yang bertemu untuk membentuk anemon yang baru.

2. Venus Flytraps

Photo by University of Tasmania

Tumbuhan adalah jenis mahluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri dan tidak bergantung pada organisme lain. Meskipun pada sebagian kecil jenis tumbuhan ada yang membantah atau tidak mengikuti aturan ini. Salah satu contohnya adalah tumbuhan venus sang pemakan serangga. Dikatakan sebagai tumbuhan mealui ciri – ciri fisiknya yang memiliki akar dan batang, tetapi mampu bergerak dengan kecepatan sepersekian detik untuk menjebak serangga yang terperangkap di dalamnya. Gerakan yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa jenis tumbuhan saja, karena hampir kebanyakan tumbuhan tidak mampu menerima impuls atau rangsangan, kemudian membalasanya dengan aksi yang cepay secepat venus.Selain itu, sumber makanan sampingan dari venus flytraps didapatkan dari nutrisi hasil pembusukan serangga yang berhasil terjebak diantara daunnya untuk kemudian diurai hingga dapat dicerna oleh tumbuhan tersebut. Cukup mengerikan dan patut disebut sebagai tumbuhan karnivora.

3. Siput Laut Hijau

Photo by Istimewa

Salah satu zat penting yang dibutuhkan tumbuhan untuk mampu berfotosintesis adalah klorofil. Klorofil merupakan pigmen yang dimiliki oleh beberapa organisme yang memiliki peran penting dalam proses fotosintesis. Klorofil dapat memanfaatkan cahaya yang kemudian digunakan berbagai proses pemecahan molekul air menjadi oksigen dan hidrogen. Sedangkan Proses fotosintesis itu sendiri adalah proses pembentukan gula dalam bentuk glukosa yang memerlukan cahaya, air serta karbon dioksida untuk diolah menjadi glukosa dan oksigen sebagai hasil prosesnya.

Kebanyakan klorofil hanya dimiliki oleh tumbuhan, akan tetapi berbeda dengan jenis siput laut yang satu ini. Nama ilmiahnya adalah elysia chorotica. Jenis hewan atau siput yang bisa dikatakan mengkonsumsi algae yang memiliki klorofil untuk disimpan dan digunakan sebagai proses mendapatkan makanan dengan fotosintesis. Alih – alih docerna, siput laut ini membiarkan klorofil pada algae yang masuk ke tubuhnya tetap hidup dan mampu berfotosintesis untuk mendapatkan makanan. Klorofil yang berada di dalam tubuhnya dapat tetap hidup hingga berbulan – bulan.

4. Karang atau Koral laut

Photo by Joakant on Pixabay

Mungkin sebagian dari anda pernah bertanya – tanya apakah karang itu termasuk tumbuhan atau hewan? Secara fisik karang terlihat lebih mirip tumbuhan daripada hewan, mereka melekat didasar laut atau bebatuan dengan sesuatu yang terlihat seperti akar. Selain itu, karang atau koral juga tidak bergerak bebas layaknya hewan. Jadi, apakah karang atau koral itu termasuk tumbuhan?

Jawaban yang cukup mengejutkan adalah, karang sebenarnya termasuk ke dalam jenis hewan laut. kok bisa sih?

Karang tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri, Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh tumbuhan lainnya. Karang hidup dan makan dengan mengandalkan sejenis rambut atau tentakel kecil di seluruh tubuhnya untuk mengambil makanan dari air laut. Mineral – mineral yang telah didapatkan dari proses ini kemudian dimasukkan ke dalam mulut yang biasanya berada di tengah karang, atau pori – pori di seluruh tubuhnya untuk diproses dan menjadi sumber makanan utama.

Bagaimana pendapatmu?

24 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasih komen di sini gan

Loading…

Comments

comments

30 Ide Dekorasi Meja dan Tempat Kerja di Dalam Rumah

Delusi, Salah Satu Gangguan Mental Serius yang Wajib Diwaspadai