CakepCakep SukaSuka JelekJelek

17 Contoh Desain Ruang Jemuran Baju Minimalis di Dalam Rumah

Bagi sebuah rumah yang dihuni oleh satu keluarga sangat penting untuk memiliki ruang jemuran khusus. Dimana dengan ruangan khusus dalam rumah selain dapat mengeringkan  baju, celana dan semua perlengkapan sehari-hari.

Namun perlu diperhatikan, meskipun jemuran dalam rumah tetap harus memperhatikan penataan baik secara pencahayaan dan penempatan tempat jemuran. Berikut dibawah ini beberapa contoh desain ruang jemuran yang sangat elegan namun tetap dapat digunakan untung mengeringkan pakaian dan menjaga privasi dari dilihat oleh orang lain.

1. Ruang jemur dengan lantai kayu

ruang jemuran dalam rumah 1

Penempatan ruang jemurah di lantai dua bagian gudang dengan beberapa jendela sebagai sumber panas.

Namun secara lantai menggunakan kayu sepertinya akan sulit jika digunakan untuk menjemur pakaian yang terlalu banyak mengandung air jika tidak terdapat saluran pembuangan.

2. Jemuran dengan model gantung dan duduk

ruang jemuran dalam rumah 2

Ruang Jemuran ini secara pewarnaan sangat sederhana namun cukup luas sehingga bisa digunakan bersama-sama.

Terdapat beberapa papan putih disamping jendela sangat cocok sebagai tempat menyeterika baju. Bagian bawah deket tembok sudah benar dengan peletakan jemuran duduk buat tambahan ketika jemuran gantung sudah habis slot dan kapatisanya.

3. Jemuran dalam kamar

ruang jemuran dalam rumah 3

Ruang jemur tipe ini cocok diletakan pada ruangan pribadi atau tempat yang agak jauh dari orang luar agar lebih menjaga privasi.

4. Ruang jemuran atap kaca terbuka

ruang jemuran dalam rumah 4

Ruang jemur tipe ini terletah di lantai dua dan atap menggunakan kaca yang langsung tembus dengan cahaya matahari. Tentu saja ini akan sangat cepat mengeringkan baju dan cocok untuk usaha laundry maupun mengeringkan baju keluarga besar.

Lantai hitam putih cukup meredam panas dan terik matahari yang diterima secara langsung. Jadi tidak terlalu panas saat kita ingin mengangkat beberapa pakaian dijam-jam waktu makan siang.

5. Ruang jemuran menyatu dengan mesin cuci dan ruang seterika

ruang jemuran dalam rumah 5

Ruang jemuran yang langsung disertai dengan mesin cuci dan mesin untuk melipat sangat cocok bagi rumah yang memiliki pembantu apalagi cahaya di tempat ini cukup merembes.

6. Ruang cuci sekaligus tempat jemuran baju

ruang jemuran dalam rumah 6

Ruang jemur ini dilengkapi dengan mesin cuci dan lantai dari keramik. Cocok digunakan untuk mencuci dan menjemur pakaian ringan seperti lap dan kain-kain tipis yang tidak menggangu pemandangan.

7. Jemuran baju dalam rumah di ruang sempit

ruang jemuran dalam rumah 7

Ruangan dengan lahan yang sempit bisa dijadikan untuk jemuran baju. Anda bisa menempatkan pemanas ruangan agar baju cepat kering. Bisa juga menambahkan meja untuk melipat dan menyetrika baju.

8. Cuci dan jemur dalam satu ruangan

ruang jemuran dalam rumah 8

Tempat jemuran seperti ini cocok untuk menaruh pakaian kotor sebelum di cuci. Bisa juga untuk menjemur pakian namun akan sesak jika terlalu banyak. Cahaya dari jendela cukup untuk mengeringkan baju yang dicuci dari mesin cuci.

9. Lorong rumah untuk jemuran baju

ruang jemuran dalam rumah 9

Ruangan ini sangat cocok untuk menjemur pakaian dan sekaligus sebagai tempat berganti pakaian. Secara pencahayaan cukup bagus karena cukup banyak jendela yang menghasilkan cahaya.

10. Jemuran baju dalam rumah dekat jendela

ruang jemuran dalam rumah 10

Ruang jemuran seperti ini cukup luas. Pencahayaan cukup bagus sehingga jemuran cepat kering namun tetap rapi secara penataan. Ruangan tipe ini biasanya ada di samping kanan atau kiri rumah.

11. Mencuci, menjemur dan menyetrika dalam satu ruangan

ruang jemuran dalam rumah 11

Ruang ini mencoba menggabungkan penggunaan mesin cuci, seterika dan jemur sekaligus. Namun pencahayaan kurang banyak jadi cocok untuk menjemur baju yang siap di seterika atau baju yang setengah kering.

12. Jemuran dalam rumah dengan pencahayaan jendela kaca

ruang jemuran dalam rumah 12

Ruangan ini berada di lantai dua dan secara pencahayaan sangat bagus sekali. Apalagi lantainya yang mudah mengalirkan air sehingga bisa menjemur pakaian yang sangat basah sekalipun.

Jemuran  baju di lantai 2

ruang jemuran dalam rumah 13

Ruang jemur model ini didesain untuk menjemur pakaian keluarga. Secara pencahayaan dan panas dapat dari depan dan samping. Namun harus diperhatikan pada lantai agar menggunakan tipe yang mudah menyerap air.

14. Jemuran baju di loteng

ruang jemuran dalam rumah 14

Ruang jemur seperti ini sangat cocok untuk yang suka nyuci dan jemur dalam jumlah cukup besar seperti usaha laundry atau keluarga besar. Karena ruangan ini cukup luas dan tidak digabung dengan mesin cuci dan tempat seterika baju.

Adapun bagian lantai bawah bisa ditambah beberapa jemuran duduk jika jemuran pada bagian atas sudah penuh. Lantainya menggunakan kramik yang kalau air netes biasanya akan sedikit becek sehingga tidak cocok masuk ruangan ini sambil bawa sendal jepit, Jadi mesti nyeker.

Bagian samping juga bisa ditambah beberapa lemari pakaian untuk menaruh pakaian kering. Secara pencahayaan dari bentuk jendela seperti gambar harusnya cukup cepat untuk mengeringkan baju tipe standart.

Gambar-gambar ruang jemuran di dalam rumah ini bisa kalian jadikan inspirasi dalam membuat jemuran baju yang cocok, efisien dan minimalis.

Loading…

0

Pendapat Anda?