3 Doa Shahih Pembuka Pintu Rezeki Agar Usaha Semakin Berkah, Mendapat Harta yang Halal dan Melimpah

Ada doa-doa atau amalan-amalan yang bisa membuka pintu rezeki. Berikut adalah tiga do'a pembuka rezeki yang diajarkan Rasulullah kepada para Shahabatnya.1 min


-1
1 comment, 599 shares, -1 points

Doa pembuka rezeki ini diajarkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada para Shahabat beliau. Perlu diingat, dalam melaksanakan ibadah kita harus mengikuti apa yang disampaikan oleh Nabi.

Ada banyak Do’a untuk melancarkan rezeki dan usaha, namun kami hanya menyampaikan yang bersumber dari Rasulullah. Dengan doa-doa yang diajarkan nabi ini, insya Allah kita akan mendapatkan rezeki yang tak terduga.

Bukan berarti doa yang lainnya salah, hanya saja kami mencukupkan apa yang diajarkan Nabi, dan itu sudah dibuktikan sendiri oleh para shahabat yang diajari oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Sebut saja Shahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, salah satu shahabat nabi yang mempunyai harta berkah dan melimpah. Usianya panjang, dan keturunannya banyak. Padahal dulunya hanya seorang pembantu yang dihibahkan oleh ibunya untuk melayani Rasulullah.

Yang namanya rezeki itu tidak terbatas pada harta, namun rezeki itu sangat-sangatlah luas. Dan ternyata ada doa-doa atau amalan-amalan yang bisa membuka pintu rezeki. Berikut doa doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada para Shahabat agar mendapat rezeki yang berlimpah.

  1. 1 Doa setelah sholat subuh


    اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

    Allahumma innii as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

    "Ya Allah aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan aku memohon kepada-Mu rezeki yang halal, dan Aku memohon kepada-Mu amalan yang diterima." ( Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah )

    Do'a pembuka pintu rezeki tersebut diriwayatkan oleh Ummu Salamah; bahwa ketika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam melakukan sholat subuh, setelah beliau salam lalu mengucapkan: 'Allahumma innii as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan'. 

    Baca do'a tersebut setiap selesai shalat subuh, tapi subuhannya harus tepat waktu dan berjama'ah di masjid. Kalau subuhannya jam 6 sih namanya shalat dhuha.

    Insya Allah kita akan mendapat ilmu yang bermanfaat untuk menyeleseikan masalah setiap hari, mendapat rezeki halal, dan amalan kita di hari itu diterima oleh Allah subhanahu wa ta ala.

  2. 2 Doa setelah sholat dhuha


    اللَّهُمَّ اكْفِنِي بحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

    Allahumma akfinii bikhalaalika 'an haroomika, wa aghninii bifadhlika am-man siwaaka.

    "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki-Mu yang halal saja, sehingga tidak memerlukan yang haram. Dan berilah aku kekayaan dengan karunia-Mu, sehingga saya tidak bergantung kepada selain-Mu." (Hadits Hasan Shahih Riwayat Imam Tirmidzi)

    Do'a pembuka rezeki yang halal tersebut diajarkan Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu. Dikemudian hari Ali bin Abi Thalib mengajarkan kepada seorang budak yang ingin merdeka tapi tidak punya uang.

    Diriwayatkan bahwa ada seseorang budak yang datang kepada Ali bin Abi Thalib saat beliau menjabat sebagai khalifah. Orang tersebut meminta tolong agar mendapatkan uang untuk menebus dirinya, sehingga mampu bebas dari status budak.

    Ali bin Abi Thalib kemudian berkata; maukah aku ajarkan kepadamu sebuah doa yang telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan kepadaku, yang seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkannya untukmu?

    Ali melanjutkan, ucapkanlah; ALLAAHUMMA AKFINII BIHALAALIKA ‘AN HARAAMIKA, WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AM-MAN SIWAAKA (Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalanMu sehingga tidak memerlukan yang haram, dan jadikanlah aku kaya dengan karuniaMu, sehingga tidak butuh kepada selainMu). (HR. Tirmidzi).

    Tidak ada riwayat yang mengatakan itu harus dibaca di waktu dan tempat yang khusus, namun Anda bisa membacanya dalam dzikir dan doa setelah sholat dhuha.

  3. 3 Doa sebelum sholat subuh


    اللّهُمَّ اَكْثِرْ مَالِي وَ وَلَدِي، وَوَسِعْ لِيْ فِى دَارِيْ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي، وَأحْسِنْ عَمَلِي، وَاغْفِرْ لِي

    Allahumma aktsir maalii wa waladi, wa wasi'lii fii daarii, wa baariklii fiimaa a'thoitanii, wa akhsin 'amalii, waghfirlii.

    "Ya Allah, perbanyaklah hartaku dan anak-anakku, luaskanlah rumahku, berkahilah setiap apa yang Engkau berikan kepadaku, baguskanlah amalanku, dan ampunilah dosa-dosaku." 

    Doa pembuka rezeki tersebut adalah doa Nabi Muhammad yang diperuntukkan untuk pelayan beliau, Anas bin Malik, salah satu Shahabat yang dikaruniai umur panjang.

    Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu dulunya adalah anak dari orang miskin. Ibunya menghibahkan beliau untuk melayani Rasulullah saat Anas masih usia anak-anak. Ibunya bermaksut agar kelak saat dewasa, ia bisa meneladani Rasulullah, karena setiap hari hidup melayani bersama Nabi.

    Suatu saat Ibu Anas bin Malik ini meminta agar Rasulullah mendoakan anaknya supaya menjadi orang yang kaya dan banyak harta. Kemudian Rasulullah berdoa; 

    اللهم أكثر ماله، وولده، وبارك له فيما أعطيته

    “Ya Allah berilah dia harta yang melimpah dan anak yang banyak, dan berkahilah setiap apa yang Engkau berikan kepadanya.” (Hadits Shahih Riwayat Bukhari)

    Ada beberapa versi riwayat yang menerangkan tentang doa ini. dan doa diatas adalah gabungan dari beberapa versi tersebut. Karena konteksnya adalah Nabi mendoakan Anas bin Malik, maka menggunakan kata "dia" (له), kalau untuk diri kita sendiri diganti menggunakan "saya" (لِي).

    Baca doa yang diajarkan Nabi kepada Anas bin Malik ini sebelum subuh, setelah selesai sholat tahajud dan witir. Doa ini sangat lengkap, disamping meminta agar mendapat rezeki yang banyak, juga diakhiri dengan istighfar atau memohon ampunan kepada Allah.

    Amalkan doa ini saat sebelum subuh, baca berulang-ulang sebagai ganti istighfar, dan lihat hasilnya setelah satu bulan penuh Anda mempraktekkannnya.

Itu adalah doa pembuka rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para Shahabatnya. Kalau ada doa yang diajarkan Nabi, kenapa cari doa yang lain? semoga setelah mempraktekkan doa-doa pembuka rezeki ini, kita mendapat rezeki yang melimpah dan berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Aamiin


Like it? Share with your friends!

-1
1 comment, 599 shares, -1 points

What's Your Reaction?

hate hate
34
hate
confused confused
86
confused
fail fail
60
fail
fun fun
52
fun
geeky geeky
43
geeky
love love
18
love
lol lol
26
lol
omg omg
86
omg
win win
60
win

Komentar

komentar

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission