Plagiarisme Checker

Please copy and paste your content in the box below to use this plagiarism checker. Then click on the big blue button that says “Check Plagiarism!”, and watch as your article is scanned for duplicated content.



Captcha

Maximum 1000 words limit per search.
Total Words: 0

Checking...

About Plagiarisme Checker

Tools gratis untuk cek plagiarisme secara online Bahasa Indonesia ini sangat berguna untuk mengecek plagiat karya tulis atau artikel website. Silahkan copy paste artikel yang Anda buat, kemudian klik Cek Plagiarisme dan tunggu hasilnya beberapa saat.

Plagiarisme Checker adalah sebuah situs untuk mengecek plagiarisme gratis secara online. Salah satu aplikasi plagiarisme detector online terpopuler milik Temonggo yang menggunakan Bahasa Indonesia. Software berbasis web ini berfungsi untuk mengecek apakah karya tulis Anda terdeteksi sebagai plagiat atau tidak.

Apa itu plagiarisme?

Plagiat atau juga disebut plagiarisme adalah penjiplakan sebuah konten web, karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain. Penjiplak menjadikan konten yang dijiplak seolah hasil karya dirinya sendiri. Memplagiat sebuah konten website biasa dilakukan oleh para blogger atau youtuber yang malas dalam pembuatan konten.

Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Hal ini sangat membahayakan jika Anda adalah pemain AdSense web ataupun Youtuber, karena Google akan memberikan peringatan keras kepada para plagiarisme konten. Mahasiswa yang melakukan plagiarisme dalam pembuatan karya tulis bahkan bisa diberhentikan oleh kampus.

Plagiarisme menurut para ahli

Pahami apa itu plagiarisme dan batasan-batasannya agar tidak disebut dengan plagiat. Berikut definisi plagiarisme menurut para ahli:

  • Menurut Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 17 Tahun 2010, Plagiarisme adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Plagiarisme adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri.
  • Menurut Oxford American Dictionary dalam Clabaugh, plagiarisme adalah to take and use another person’s ideas or writing or inventions as one’s own.
  • Menurut Reitz dalam Online Dictionary for Library and Information Science, plagiarisme adalah Copying or closely imitating take work of another writer, composer etc. without permission and with the intention of passing the result of as original work.
  • Menurut kamus American Heritage, plagiarisme adalah the unauthorized use of another author and the representation of them as one's own original work. Artinya, yang tergolong plagiarisme bukan hanya jiplakan karya orang lain kata per kata, tetapi imitasi yang sangat mirip dengan karya itu.

Penggunaan sinonim dan pilihan kata lainnya bukanlah pembenaran plagiarisme. Anda harus menulis teks dalam kalimat Anda sendiri, dan mencantumkan sumber rujukannya.

Cara mengecek plagiarisme online gratis

Artikel yang original atau asli menjadi salah satu kunci penentu sebuah karya. Berikut cara mengecek plagiarisme online secara gratis menggunakan aplikasi plagiarisme detector:

  1. Buka situs Temonggo.com lalu ketikkan Plagiarisme Checker di kolom pencarian tools.
  2. Copy atau salin artikel yang ingin Anda periksa originalitasnya.
  3. Paste atau tempel artikel di kolom yang tersedia (Maksimal 1000 kata).
  4. Masukkan kode verifikasi gambar yang muncul untuk menghindari bot.
  5. Kemudian klik tombol Cek Plagiarisme.
  6. Tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.

Cara menghindari plagiarisme konten web

Originalitas sebuah konten menjadi salah satu penentu rangking SEO di mesin pencari. Berikut cara menghindari plagiarisme dalam membuat konten atau artikel:

  1. Menggunakan sinonim, ubah beberapa kata kerja dengan sinonimnya supaya terhindar dari plagiarisme detector.
  2. Menggunakan tools spinner artikel Bahasa Indonesia tebaik.
  3. Tulis ulang paragraf dengan gaya bahasa sendiri.
  4. Ubah kalimat aktif menggunakan kalimat pasif atau sebaliknya.
  5. Cantumkan sumber rujukan agar tidak dianggap plagiat.
  6. Pahami apa itu plagiarisme dan batasan-batasannya dalam pembuatan konten.

Sanksi Akademik Plagiarisme

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengatur sanksi bagi orang yang melakukan plagiat, khususnya yang terjadi dilingkungan akademik. Sanksi pada pasal 70 tersebut adalah sebagai berikut:

Lulusan yang karya ilmiahnya digunakannya untuk mendapatkan gelar akademik, profesi, atau vokasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 Ayat (2) terbukti merupakan jiplakan dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).

Peraturan Menteri Nomor 17 Tahun 2010 telah mengatur sanksi bagi mahasiswa yang melakukan tindakan plagiat. Jika terbukti melakukan plagiasi maka seorang mahasiswa akan memperoleh sanksi sebagai berikut:

  1. Teguran
  2. Peringatan tertulis
  3. Penundaan pemberian sebagian hak mahasiswa
  4. Pembatalan nilai
  5. Pemberhentian dengan hormat dari status sebagai mahasiswa
  6. Pemberhentian tidak dengan hormat dari status sebagai mahasiswa
  7. Pembatalan ijazah apabila telah lulus dari proses pendidikan.

Konsekuensi Plagiarisme Konten Website

Bagi para pembuat konten web harus berhati-hati dalam plagiarisme, berikut sanksi pelanggaran plagiarisme konten web dari Google jika terbukti melakukan plagiat konten:

  1. Dihilangkan dari mesin pencari
  2. Menurunkan peringkat halaman website
  3. Konten akan dihapus jika Anda seorang YouTuber
  4. Dibanned dari kemitraan Google AdSense.

Agar konten di website aman dari tukang plagiat

Berikut cara agar website Anda aman dari para plagiat yang kerjanya mencuri konten:

  1. Matikan klik kanan pada website.
  2. Matikan fitur copy paste di website.
  3. Daftarkan website Anda ke DMCA.Com.
  4. Pasang free DMCA.Com Badge.
  5. Laporkan konter yang dicuri ke DMCA

Cek plagiarisme menggunakan Plagiarisme Checker

Aplikasi Plagiarisme Checker ini dirancang dengan cermat untuk membantu Anda dengan mudah dan cepat cara mendeteksi plagiarisme konten secara online. Software cek plagiarisme terbaik ini digunakan dan dipercayai oleh ribuan orang di Indonesia untuk membantu dalam pengecekan duplikat konten. Fiturnya lengkap, mudah digunakan, dan yang jelas 100% gratis.

Aplikasi cek plagiat online gratis rasa premium ini sangat mudah untuk digunakan, bisa diandalkan, dan hasil yang didapat juga sangat akurat. Alat SEO ini berguna untuk memeriksa plagiarisme karya akademis, posting blog, ebook, artikel berita, makalah, konten landing page, konten halaman situs web, konten media sosial, buletin email, dan sebagainya.

Kami menghormati privasi pengguna, untuk itu kami tidak menyimpan konten Anda di sistem kami. Setelah aplikasi selesai menjalankan pemeriksaan plagiarisme pada konten Anda, sistem akan menghapusnya secara otomatis. Buka halaman Pemeriksa Plagiarisme untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi ini dan juga mempelajari cara mengecek plagiarisme online dengan gratis.