Inilah Resep Nasi Kuning Paling Enak yang Harus Anda Coba!

nasi kuning

Indonesia terdiri dari berbagai suku dan juga budaya. Dari Sabang sampai Merauke orang Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri. Dimana setiap suku Bangsa Indonesia mempunyai makanan khas daerahnya masing-masing. Sehingga tidak heran jika Negara Indonesia kaya akan kuliner daerah dengan rasa yang sangat lezat.

Salah satu kuliner tradisional yang sangat populer di Indonesia adalah nasi kuning. Biasanya nasi kuning ini di buat untuk sebuah acara adat ataupun acara peresmian suatu hal. Bahkan tidak jarang nasi kuning masih di gunakan sebagai makanan yang wajib ada saat acara ulang tahun. Tentunya nasi kuning ini ditemani dengan lauk pauk yang menggiurkan untuk di santap.

Sejarah Nasi Kuning

nasi kuning

Bagi Anda yang memang tinggal di Pulau Jawa maka tentu sudah tidak asing lagi dengan masakan nasi kuning ini. Karena memang nasi kuning paling sering di gunakan di Pulau Jawa. Mengingat Pulau ini mempunyai banyak sekali catatan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Awal mulanya nasi kuning di buat untuk acara tasyakuran atau acara syukuran yang sering terjadi di Pulau Jawa. Namun seiring perkembangannya nasi kuning juga di jadikan makanan wajib untuk acara ulang tahun. Bahkan kini persebaran kuliner nasi kuning sudah sampai ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Seorang ahli kuliner Indonesia yakni Bondan Winarno mengatakan jika persebaran nasi kuning ini sudah sampai ke daerah Manado dan juga Banjar. Dimana Bondan pernah berlibur ke Manado lalu mencoba kuliner nasi kuning yang ada di Manado. Namun ternyata nasi kuning yang ada di Manado ini resepnya dari keluarga sang pemilik warung yang masih dari Jawa.

Selain itu nasi kuning juga di jadikan sebagai menu nasi utama dalam beberapa masakan Eropa, Spanyol, Peru, dan masih banyak lagi negara yang ada di dunia yang menggunakan nasi kuning. Akan tetapi tetap ada perbedaan antara nasi kuning khas Indonesia dengan nasi kuning yang ada di luar negeri terutama di bagian rasa.

Karena nasi kuning Indonesia dibuat dengan rempah-rempah yang beragam dibandingkan dengan nasi yang ada di luar negeri. Sehingga rasa yang di hasilkan pun lebih lezat di bandingkan jika nasi kuning tersebut terbuat dari rempah-rempah yang tidak terlalu lengkap atau banyak.

Resep Membuat Nasi Kuning Menggunakan Panci

Jika Anda menghadiri sebuah acara tasyakuran di salah satu desa yang ada di Pulau Jawa pasti Anda melihat nasi kuning yang di bentuk beraneka macam dengan varian lauk yang cukup banyak. Sama seperti di acara ulang tahun dimana nasi kuning di bentuk kerucut dan di bawahnya ada sajian lauk-lauk yang lezat.

Sedangkan bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  1. 1 kg beras
  2. 900 ml santan
  3. 1 buah kelapa tua per 1 kg beras
  4. 5 cm kunyit
  5. 2 batang serai
  6. 4 lembar daun salam
  7. 5 cm jahe
  8. 5 siung bawang merah
  9. Garam secukupnya
  10. 2 lembar daun pandan
  11. 2 cm lengkuas

Setelah bahan-bahan selesai Anda siapkan maka selanjutnya adalah mulai membuat nasi kuning. Cara membuat nasi kuning menggunakan panci adalah:

  1. Pertama, cuci bersih beras terlebih dahulu. Setelah bersih maka rendam beras sembari Anda membuat bumbu yang lain
  2. Buat bumbu halus menggunakan jahe, kunyit, bawang merah, lengkuas, dan tambahkan garam secukupnya
  3. Setelah bumbu halus siap maka campurkan dengan 900 ml santan tadi lalu aduk rata
  4. Rebus santan sembari di aduk-aduk sampai santan mendidih. Pakai api sedang saja agar santan tidak pecah dan rasanya tetap lezat
  5. Setelah santan mendidih maka campurkan dengan beras yang sudah di angkat dari rendaman air terlebih dahulu. Ketika memasukkan santan ke beras ini gunakan saringan agar santan yang masuk ke beras benar-benar bersih
  6. Rebus kembali santan dengan nasi lalu tambahkan serai dan daun salam sembari di aduk-aduk. Lalu tunggu sampai air santan menyusut namun jangan terlalu kering serta nasi sudah cukup matang
  7. Lalu ambil daun salam dan serai tadi sebelum mengukus nasi
  8. Siapkan panci untuk mengukus nasi namun rebus air dalam kukusan terlebih dahulu sampai mendidih
  9. Jika air dalam kukusan sudah mendidih maka masukkan nasi dan tambahkan daun pandan
  10. Kukus nasi sampai benar-benar matang atau tanak.

Nah itu tadi cara mudah membuat nasi kuning dengan panci kukusan. Jika Anda ingin membentuk nasi kuning dan menghiasnya pastikan nasi sudah dalam keadaan dingin terlebih dahulu.

Cara Membuat Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker

Selain dengan panci nasi kuning juga bisa di buat dengan memakai rice cooker. Namun jika ingin membuat nasi kuning dengan rice cooker maka pastikan Anda menggunakan beras yang pulen. Bahan-bahan yang dibutuhkan sama seperti membuat nasi kuning dengan panci. Lalu cara membuatnya adalah:

  1. Cuci beras dan rendam beras selama 10-15 menit
  2. Lalu masukan beras ke wadah rice cooker dan pastikan Anda benar ketika menakar air santan yang dibutuhkan untuk memasak beras
  3. Sebelum menghidupkan rice cooker tambahkan bumbu halus, daun salam, serai, dan juga daun pandan ke dalam nasi
  4. Tutup rice cooker dan masak nasi sampai matang

Cara membuat nasi kuning menggunakan rice cooker memang lebih mudah daripada menggunakan panci. Namun rasa yang di hasilkan lebih lezat nasi kuning yang dibuat dengan panci. Diantara keduanya, mana cara pembuatan nasi kuning yang Anda pilih? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?