Inspirasi 20 Aneka Masakan Favorit Keluarga Di Rumah

Memasak makanan sehari-hari untuk keluarga memang memerlukan banyak ide, supaya tidak bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Mulai dari sayuran hingga daging, semua dapat diolah menjadi menu yang beragam.

Nah, berikut ini aneka resep masakan sehari-hari, Bahannya mudah didapat, memasaknya pun mudah, Bunda.

1. Semur Jengkol Pedas Manis

1. Semur Jengkol Pedas Manis0A

Bahan :

  • 500g jengkol tua
  • 2 lembar daunsalam
  • 1 tangkai daun bawang potong2
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • Secukupnya kecap manis
  • Gula,garam secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 10 buah cabe merah kriting (pedas sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1 sdt ketumbar

Langkah :

  1. Rebus sengkol hingga empuk,sy di presto 15 menit lalu kupas jengkol dan belah,geprek satu2,sisihkan⁣⁣
  2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum,masukan salam dan lengkuas,tumis hingga bumbu matang
  3. Masukan jengkol,aduk rata,tuang kecap manis,aduk rata,tuangi air secukupnya,beri gula,garam,kaldu bubuk,aduk rata
  4. Proses hingga air menyusut dan bumbu mengental,koreksi rasanya,jika rasa sdh pas masukan daun bawang,aduk sbntr angkat dan sajikan.

2. Telur Balado

0A2. Telur Balado

Bahan:

  • 1 kilo telur ayam(rebus ,kupas)
  • 250 grm cabe merah keriting (giling halus)
  • 5 siung bawang putih giling bareng cabe
  • 10 siung bawang merah cincang halus
  • 2 buah tomat potong2 kecil
  • 1 buah lengkuas di keprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu
  • 1 sdt gula
  • 50 ml air
  • Minyak untuk menumis secukup nya

Cara masak :

  1. Telur yng sudah dikupas digoreng sebentar lalu angkat.
  2. Kemudian goreng bumbu halus sampai harum masukan bawang merah iris, tomat , lengkuas dan daun jeruk lalu disusul dengan garam, kaldu,gula dan air tes rasa.. Setelah itu angakt dan siap dihidangkan bersama nasi hangat.

3. Kothokan Tongkol

3. Kothokan Tongkol0A

Bahan :

  • 3 ekor ikan tongkol keranjang
  • 1 buah tahu
  • 65 ml santan kental
  • 300 ml air

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 1 buah cabe merah besar
  • 12 cabe rawit
  • 1 buah tomat

Bumbu cemplung :

  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 10 buah cabe ijo besar

Perasa :

  • 1 sdm garam
  • 2 sdt gula

Cara membuat :

  1. Bersihkan ikan tongkol, buang kepala, isi perut, dan durinya, potong menjadi 2 bagian, kemudian goreng setengah kering, sisihkan
  2. Potong dadu kecil tahu kemudian goreng setengah matang, sisihkan
  3. Haluskan bumbu kemudian tumis hingga harum, setelah harum masukkan bumbu cemplung
  4. Masukkan santan kental, air, dan perasa masak hingga mendidih
  5. Setelah mendidih masukkan ikan tongkol dan tahu yang telah di goreng
  6. Masak hingga matang
  7. Cek rasa, sajikan

4. Cumi goreng asem

4. Cumi goreng asem

Bahan:

  • 500gram Cumi
  • 1sendok mkn asam jawa
  • 1sendok mkn saus tiram
  • Garam,gula,lada secukupnya⁣m
  • Minyak goreng
  • Cabe rawit secukupnya

Cara:

  1. Bersihkan Cumi lalu marinasi dngn garam dan lada biarkan 30mnt,
  2. Remas” asam dngn 50ml air buang ampas lalu Tuang dlm wajan masukan Cumi masak smp air menyusut tambahkan saus tiram dan gula aduk” smp mengental lalu masukan 2 sendok makan minyak goreng..tambahkan cabe rawit bila suka pedas masak smp meletup” .tes rasa …siap disajikan.

5. Sambel Terasi

5. Sambel Terasi

Bahan :

  • 5 cabe merah kriting
  • 5 cabe hijau kriting
  • 10 cabe rawit ijo
  • 5 cabe rawit merah
  • 1 tomat merah
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • 1 sdt gula pasir (bisa ganti gula jawa)
  • Garam

Caranya :

  1. Goreng semua cabe & tomat, lalu ulek kasar + garam, terasi & gula pasir, tetesi air jeruk limo, kalo biasa pake penyedap silahkan saja, tapi gula garam aja udah enak banget.

6. Asem – Asem Daging dan Tahu

6. Asem Asem Daging dan Tahu

Bahan :

  • 1/2 kg daging sapi bagian kisi, rawonan, iga sapi atau buntut
  • 3 buah tahu, rendam dahulu dengan air panas mendidih sampai rasa asem cukanya hilang, lalu goreng setengah matang . .
  • air tuk merebus daging dan sisakan air kaldu rebusan daging kira kira 2 liter . .
  • 2 batang serai geprek
  • 2 lembar daun salam kering
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1/2 telunjuk laos
  • Cabe kecil utuhan secukupnya 
  • 1 buah ukuran sedang tomat hijau / merah, bisa ditambahkan 2 buah belimbing wuluh ukuran sedang atau tingkat keasaman sesuai selera
  • 1 batang sedang daun bawang, iris sesuai selera
  • bawang goreng tuk taburan
  • 4 sdm kecap manis / takaran sesuai selera
  • 1/4 sdt kunyit bubuk desaku
  • 1/4 sdt merica bubuk . 
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk desaku
  • Kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sdt gula merah / optional .

Bumbu iris yang ditumis :

  • 7 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah .
  • Cabe hijau besar / cabe merah besar
  • Cabe kecil secukupnya

Cara buat :

  1. Didihkan air lalu masukkan daging, masak sekitar 10 menit lalu buang air rebusan dan masak kembali daging menggunakan air rebusan yang baru.
  2. Setelah mendidih kembali masukkan aneka rempah daun, masak di api sedang tidak terlalu besar agar sari kaldu daging bener bener keluar, setelah daging empuk potong sesuai selera dan masak kembali daging.
  3. Masukkan bumbu iris tumis yang udah dibuang minyaknya agar kuah tidak terlalu berminyak, beri merica bubuk, kunyit bubuk, garam, kaldu bubuk, gula merah, irisan cabe besar hijau dan tomat, cabe kecil utuhan, irisan daun bawang, masak kembali lalu koreksi rasa dan angkat.

7. Oseng Kikil

7. Oseng Kikil

Bahan :

  • 500 gr Kikil
  • Air secukupnya
  • 2 serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 daun salam
  • 5 daun jeruk, buang tulangnya, sobek kasar
  • 2 sdm saos tiram
  • Kecap manis sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 sdt Kaldu jamur

Bumbu Iris :

  • 9 bawang merah
  • 7 bawang putih
  • 3 cabe hijau
  • 3 cabe merah keriting
  • 3 tomat hijau

Cara Membuat :

  1. Rebus kikil sampai empuk , potong dadu
  2. Tumis Bawang Merah, Bawang Putih, sampai wangi, masukan Lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai, masukan cabe hijau dan
  3. cabe kriting
  4. Masukan Kikil tambahkan saos tiram, Kecap, air sedikit, garam,gula dan kaldu Jamur, masukan tomat. Aduk rata biarkan bumbu nya meresap. Koreksi Rasa.

8. Capcay Istimewa

8. Capcay Istimewa

Bahan:

  •  200 gr udang. Kupas kulit dan kepalanya, sisakan ekornya. Kepala dan kulit udang disangrai sampai warnanya kemerahan dan harum, lalu kasi 1 gelas air. Tunggu mendidih, lalu saring, ambil airnya utk kaldu. 
  • 10 buah bakso, iris2
  •  2 batang wortel, iris serong tipis
  • Kol sesuai selera banyaknya
  • Brokoli, saya pake 1 bonggol kecil
  • 150gr jamur champignon, potong2.
  •  2 sdm maizena dilarutkan dgn air.

Bumbu:

  • 3 baput ulek
  • 1 ruas jempol jahe, iris atau geprek
  • 1 btg daung bawang, iris besar aja

Bahan kecap2an:

  • 2 sdm kecap asin (saya pake merk Angsa)
  •  1 sdm kecap ikan (saya pake Royal Gold)
  • 1 sdm saus tiram (saya pake merk Maggi)
  • 1/2 sdm kaldu jamur (saya pake Totole)

Cara masak:

  1. Tumis baput sampai harum dan sedikit coklat, masukkan jahe dan daun bawang. Tumis sampai semuanya layu dan harum.
  2.  Masukkan udang dan bakso, aduk2 sampai udang kemerahan.
  3. Masukkan wortel, aduk2. Tuang sedikit aja kaldu udang. Tunggu sampai wortel stgh lunak.
  4.  Masukkan brokoli, jamur dan kol. Aduk rata
  5. Tuang semua kaldu udang, aduk rata.
  6.  Masukkan semua bahan kecap2an. Aduk rata. Cicipi.⁣
  7. Kalo sudah pas rasanya, tuang cairan maizena, tunggu sampai kuah mengental. Matikan api.

9. Sambel Goreng Ati Ampela

9. Sambel Goreng Ati Ampela

Bahan:

  •  10 pasang ati ampela
  • 15 buah cabe keriting, haluskan
  •  5 buah cabe rawit, haluskan
  •  8 butir bawang merah, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt asam jawa – 1 ruas lengkuas, geprek
  • 2 batang sereh, geprek
  •  2 lembar daun salam
  •  1 sdt gula merah

Cara Memasak:

  1. Bersihkan ati dari lemak, rebus sebentar hingga air mendidih cuci kembali. Rebus kembali dengan saos tiram dan kecap hingga ati keras dan air asat, tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis semua bumbu. Tambahkan sedikit air dan masukkan ati, masak hingga semua bumbu meresap, koreksi rasa, sajikan.

10. Ikan Bawal Bakar Madu

10. Ikan Bawal Bakar Madu

Bahan :

  • 1 ekor ikan bawal hitam, bersihkanlumuri dgn 1 sdt air jeruk nipis dan 1/2sdt garam, diamkan 1/2 jam, kemudian bilas bersih
  • 2 sdm margarin utk menumis bumbu

Bumbu 1 (haluskan, kcuali daun jeruk):

  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 lbr daun jeruk

Bumbu 2:

  • 2 sdm Madu
  • 2sdm Kecap manis
  • 1 sdm Kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm air matang
  • 1 sdm air jeruk kunci/ jeruk limo

Cara :

  1. Panaskan mentega , lalu tumis bumbu(1) sampai wangi. Masukkan bumbu(2) aduk rata,, masak sampai agak kental.
  2. Setelah bumbu agak dingin, marinasi ikan dgn bumbu, oleskan bolak balik ikan dgn bumbu Diamkan 1 jam.⁣
  3. Panaskan teflon anti lengket..oleskan mentega tipis2. Panggang ikan bolak balik kedua sisinya sambil diolesi sisa bumbu . Panggang hingga matang. Angkat dan sajikan.

11. Telur ceplok Asam Manis

169916031 285834406361263 1449145875864084288 n

 Bahan :

  • 6 butir telur ceplok
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah cabe merah iris tipis memanjang
  • 1 batang daun bawang
  • 4 sdm saus tomat
  • ½ sdm saus tiram
  • ½ sdm kecap manis
  • Garam gula lada secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah dan putih. Tambahkan air.
  2. Masukkan cabe merah, saus, kecap dan bumbu2 lainnya.
  3. Cicipin
  4. Masukkan telor ceplok, masak sampai bumbu kuah meresap dan mengental

12. Ayam Goreng Ketumbar

12. Ayam Goreng Ketumbar

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong2 beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan dulu sebentar, lalu bilas bersih. Tiriskan
  • 1/2 bh jeruk nipis, peras.
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm garamn
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung beras

Bumbu halus:

  • 4 bh bawang merah
  • 7 bh bawang putih
  • 4 sdm ketumbar butir
  • 1 sdt bubuk merica
  • 1 ruas jahe

Cara :

  1. Marinasi ayam dengan bumbu halus ditambah kecap asin, kecap manis, gula, garam + perasan jeruk nipis. Diamkan min 30menit hingga bumbu meresap (boleh simpan semalaman di kulkas agar lebih meresap.
  2. Sebelum goreng, tambahkan tepung beras dan aduk rata. Goreng hingga matang (api sedang).

13. Ayam Rebuss

0A13. Ayam Rebuss

Bahan-bahan:

  • 1ekor ayam kampung pilih yg masih muda
  • Secukupnya jahe digeprek
  • Secukupnya garam dan merica
  • Air bersih utk merebus ayam

Untuk minyak bawang putihnya:

  • 6 siung bawang putih cincang
  • Jahe di geprek
  • Minyak utk menumis secukupnya
  • Kecap asin dan kecap manis sedikit
  • Minyak wijen dan saus tiram masing2 1 sdt

Cara:

  1. Cuci bersih ayam, rebus utuh
  2. Masak air tunggu smp mendidih baru masukkan ayam utuh, jahe geprek, tambahkan garam dan merica
  3. Rebus ayam smp matang dan lembut, angkat dan celupkan ke dlm air es bentar, lalu masukkan lagi ke dlm air rebusan (sekedar manasin aja)
  4. Tumis bawang putih dan jahe smp harum, kekuningan tambahkan kecap asin dan kecap manis, saus tiram, kasih minyak wijen aduk rata, siram tumisan minyak bawang putihnya diatas ayam rebus yg sudah dipotong2 dan ditata dipiring saji
  5. Utk air kaldu ayamnya tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng, enak di sruput anget2

14. Semur Tahu Telur

14. Semur Tahu Telur

Bahan :

  • 4 buah tahu, belah 2 lalu goreng
  • 4 butir telur, rebus lalu kupas
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm gula merah, sisir
  • 5 sdm kecap manis (sesuai selera)
  • 1/2 gelas air
  • Secukupnya garam dan lada bubuk
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt merica butiran
  • 1/4 buah pala

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan serai, daun salam dan lengkuas, aduk rata, tambahkan air, masukkan gula merah, kecap manis, garam dan lada bubuk, aduk2 dan biarkan mendidih.
  2. Setelah mendidih masukkan tahu dan telur, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap, matikan api, taburi bawang goreng, sajikan.

15. Gulai Ayam

15. Gulai Ayam

Bahan :

  • 1 ekor ayam potong 8
  • 3 bh cengkeh
  • 5 cm kayumanis
  • 2 btg sereh
  • 4 lbr daun salam
  • 6 lbr daun jeruk
  • 2 bks santan kara kecil
  • Secukupnya air
  • Garam, gula, lada, royco sapi

Bumbu halus:

  • 5 bh bwg putih
  • 8 bh bwg merah
  • 6 bh kemiri
  • 1 sdm biji ketumbar
  • 1 sdt jinten
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 4 bh cabe merah besar
  • 1/2 bh biji pala

Cara masak:

  1. Tumis bumbu halus smpai wangi dan matang, masukkan cengkeh, kayumanis, sereh, salam, daun jeruk, aduk sebentar smpai wangi
  2. Masukkan ayam, aduk smpai berubah warna, masukkan air, santan kara, garam, gula, lada, masak smpai empuk meresap dan keluar minyak, sajikan dengan nasi atau ketupat.

16. Terong Balado

16. Terong Balado

Bahan :

  • 4 buah terong, potong sesuai selera
  • 3 lbr daun jeruk
  • gula, garam kaldububuk
  • sedikit air

bumbu halus :

  • 8 bawang merah
  • 1 bawang putih
  • 12 cabe merah keriting
  • cabe rawit sesuai selera
  • 1 kemiri

Cara membuat :

  1. goreng terong lalu sishkan
  2. tumis bumbu halus hingga benar benar harum masukkan daun jeruk, gula garam kaldu bubuk sedikit air. Masukkan terong yg sudah digoreng aduk rata, sajikan

17. Kerang ijo pedas

17. Kerang ijo pedas

Bahan :

  • 500 gr daging kerang ijo , cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan.
  • 1 btg serai geprek
  • 2 lbr salam
  • 2 lbr daun jeruk
  • 5 bh cabe ijo iris
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam gulpas sckpnya
  • Air sckpnua
  • Minyak utk. Menumis

Bumbu halus :

  • 6 siung baput
  • 8 siung bamer
  • 8 bh cabe merah
  • 8 bh cabe rawit merah
  • 1 sdt merica
  • 3 btr kemiri
  • 1 ruas jahe

Cara memasak :

  1. Tumis bumbu halus, salam, daun jeruk,serai sampai matang berminyak,Masukan kerang, garam gulpas sckpnya dan kecap manis aduk2 tambahkan sdikit air masak sampe.
  2. Kerang matang bumbu meresap terakhir masukan cabe ijo,koreksi rasa.. Selesai

18. Telur dadar pedas

18. Telur dadar pedas

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 10 cabe rawit, iris2
  • 2 cabe merah, iris2
  • 2 siung bawang merah, iris2
  • 1/2 batang daun bawang, iris2
  • garam
  • Lada putih bubuk

Cara masak :

  1. Siapkan wadah, pecahkan telur dan masukkan semua irisan, tambah garam dan lada putih bubuk, lalu kocok telur sampai mengembang
  2. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan telur dan masak kedua sisinya sampai kecoklatan dgn api kompornya yg sedang aja
  3. Setelah matang kecoklatan, matikan kompor dan makan dgn nasi panas

19. Telur bacem

19. Telur bacem

Bahan :

  • 12bh telur rebus, kupas
  • Gula merah (me: 5-6 keping)
  • Kecap
  • Air
  • Asem jawa
  • Daun salam, serai
  • Garam, kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 8bh bamer, 6bh baput, 3bh kemiri sangrai, lengkuas, jahe, lada bubuk, ketumbar bubuk

Cara membuat :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker, airnya sekiranya semua telur terendam, masak antara 8-12 jam.
  2. Masaknya 8jam msh kurang coklat dalamnya menurut saya, jd kalo msh banyak waktu bs ditambah lg waktu memasaknya ya.
  3. Dijamin deh ini telur rasanya seperti telur yg di gudeg, enaaakk bgt.

20. Ayam berlada

20. Ayam berlada

Bahan kisar:

  •  7 tangkai lada merah besar
  • 3 tangkai lada hijau besar
  • (boleh tambah cili padi kalau nak pedas)
  • 8 biji bawang merah rose
  • 4 ulas bawang putih
  • 1 inci halia
  •  sedikit air

Cara-cara:

  1. Lumur ayam bersama serbuk kunyit & garam
  2. Goreng ayam hingga separuh masak
  3. Panaskan minyak masak
  4. Tumis bahan yang dah dikisar
  5. Tumis hingga garing & pecah minyak
  6. Masukkan sedikit air dalam tumisan
  7. Masukkan 1 keping asam keping
  8. Masukkan ayam yang dah digoreng
  9. Masukkan 1 sudu garam
  10. Masukkan 1 sudu maggi cukup rasa
  11. Masukkan 1/2 sudu kecil
  12. Renjiskan sedikit kicap lemak manis (optional)
  13. Akhir sekali boleh letak hirisan bawang

Loading…

0

Pendapat Anda?