SukaSuka CakepCakep JelekJelek

Inspirasi Desain Konsep Industrial untuk Bangun Kontrakan atau Rumah Kost, Cuma Butuh Tanah 48 Meter Persegi

Bangunan atau rumah dengan tema industrial masih selalu menarik buat dibicarakan, tapi ada anggapan umum yang perlu diluruskan nih soal konsep arsitektur rumah bergaya satu ini. Karena umumnya banyak digunakan untuk bangunan yang bisa menampung banyak orang layaknya restoran atau kafe, jadi sewaktu konsep satu ini mau diterapkan untuk bangunan tempat tinggal anggapan yang muncul adalah tanah atau lahan yang dimiliki harus luas.

Hmm… anggapan tersebut rasanya kurang tepat, walaupun kamu punya lahan yang minim tapi kalau konsep diatur dengan matang bisa juga kok membuat hunian bergaya industrial yang gak kalah menarik dengan rumah-rumah berlahan luas yang menerapkan tema dan konsep serupa.

Lebih jauh lagi, konsep satu ini juga bisa jadi terobosan baru bagi kamu yang barangkali punya kesempatan berbisnis atau usaha membangun kontrakan dan rumah kost untuk disewakan dan bisa menghasilkan pendapatan tiap bulannya.

Coba cari deh, nampaknya sekarang ini belum ada yang punya terobosan membuat kontrakan atau rumah kost dengan tema industrial. Kalau dibuat, maka bukan gak mungkin bakal menarik lebih banyak peminat dibanding kontrakan atau rumah kost biasa.

Karena faktanya sekarang ini, masih banyak loh orang yang belum memiliki dana cukup buat memiliki rumah sendiri, biasanya jadi pilihan tepat juga buat pasangan muda yang baru menikah dan masih belum memiliki rumah sehingga tinggal di kontrakan atau rumah sewa jadi pilihan, bisa jadi bonus bagi mereka kalau dapat kontrakan yang punya desain dan konsep bangunan modern nan kekinian layaknya industrial.

Masih ragu dan penasaran bakal jadi seperti apa kalau ada bangunan kontrakan atau rumah kost yang dibuat dengan tema industrial? Langsung cek aja inspirasinya.

1. Tampilan depan dan luar

fasad depan 5

Sesuai kebutuhannya yang memang jadi rekomendasi untuk bangunan kontrakan dan rumah kost yang kecil, dari luar bangunan ini udah terlihat mini ya. Tapi desainnya gak jauh berbeda dan gak kalah kece dengan inspirasi bangunan industrial yang Temonggo punya sebelumnya, bagian dinding diterapkan konsep unfinished wall, dengan dinding semen yang diaci atau plester, jadi deh dinding berwarna abu khas tema industrial. Gak lupa ada bagian dinding atas mendekati plafon yang disertai juga sentuhan kayu supaya memberi sedikit variasi.

detail teras 2

Lebih jelas ke bagian teras depan, ada tiang penyangga dan kanopi mini supaya bagian teras dari rumah ini bisa tetap aman saat cuaca hujan atau terlalu panas. Bangunan boleh mini, tapi kesan mewah tetap bisa didapat dengan menggunakan akses masuk bermodel dua pintu kayu, penggunaan kaca berwarna gelap juga bisa menambah kesan elegan, lho.

sisi samping belakang

Gak perlu khawatir rumah mini punya akses terbatas, di bagian belakang rumah faktanya bisa juga disertakan pintu alternatif buat kebutuhan tertentu, selasar ramping di samping dan bagian belakang rumah juga masih bisa dimanfaatkan buat memasang area menjemur baju dan keperluan lainnya.

2. Tampilan dalam dan lorong rumah

lorong kecil antar ruang

Begitu masuk ke dalam, tak jauh dari pintu masuk akan langsung dihadapkan ke lorong yang mengarah sampai ke bagian belakang rumah di sisi kiri, terlihat kalau keberadaan ruang utama yang bisa digunakan untuk menerima tamu atau bersantai mungkin terlihat kecil. Tapi sesuai tujuannya, bangunan kontrakan atau rumah kost ini rasanya masih cocok bagi kalangan muda-mudi yang barangkali jarang menerima tamu formal.

Ruangan mungkin serba terbatas, tapi detail yang digunakan pada rumah ini gak kaleng-kaleng, bisa dilihat kalau bagian lantainya menggunakan marmer bercorak yang memberikan kesan mewah pada rumah walau luasnya kecil.

3. Kamar tidur

kamar 1

Walau rumah ini hanya memiliki satu kamar tidur, tapi besarnya lumayan luas dan lebih dari cukup. Salah satu sisi kamar tidur ini bersebelahan langsung dengan ruang utama pada akses masuk. Bisa jadi pilihan juga nih, kamu bisa kok mengakali pembagian luas kamar tidur dan ruang utama supaya luasnya tetap proposional, ruang utama cukup luas untuk menampung tamu dan kamar tidur yang tetap cukup walau denahnya diperkecil sedikit untuk dibagi ke ruangan utama.

4. Dapur

dapur 4

Tenang, bangunan kontrakan atau rumah sekecil ini tetap punya dapur yang layak dan cukup kok buat kegiatan masak ringan kalau hanya untuk dua orang yang tinggal di rumah, apalagi kalau untuk penghuni yang memang tinggal sendiri, hanya berupa wastafel dan meja kompor sederhana seperti ini tapi udah cukup memadai.

Gak cukup sampai disitu, di sisi lain dapur bahkan masih ada ruangan lebih yang bisa dimanfaatkan sebagai ruangan serbaguna, bisa sebagai tempat penyimpanan barang atau berbagai kebutuhan, kamu juga bisa membuat sisi tersebut jadi semi outdoor yang menyatu dengan sisa lahan di bagian luar yang terlihat dari gambar sebelumnya tadi, jadi bisa dimanfaatkan sebagai ruang cuci dan keperluan lainnya.

5. Kamar mandi

kamar mandi 3

Rumah mini bukan berarti kamar mandi juga mini, kalau ukuran apalagi desainnya seperti gambar ini sih jelas udah lebih dari cukup, dengan bentuk memanjang dan punya bagian khusus buat masing-masing keperluan, kayanya belum ada ya bangunan kontrakan atau rumah kost yang punya kamar mandi semewah dan sebagus ini.

Itu dia beberapa gambar dari inspirasi bangunan kontrakan atau rumah kost bertema industrial yang lagi hits sekarang ini, bagi kalian yang mungkin punya dana lebih dan lagi cari ide bisnis, membuat rumah kontrakan atau kost dengan konsep desain satu ini dijamin bakal menarik perhatian dibanding kost mainstream yang sering ditemui. Kalau memang dana sudah ada, tinggal cari tanahnya deh.

Loading…

0

Pendapat Anda?